6 Kegiatan Seru untuk Tahun Baru Bersama Keluarga!

Malam tahun baru merupakan malam yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Pada malam ini, kamu yang masih bersekolah maupun yang sudah kuliah, bebas begadang karena nggak ada kegiatan belajar dikeesokan harinya. Nah, karena kamu bebas tidur di jam berapa saja, banyak dari kamu yang akhirnya menunggu malam pergantian tahun dengan jalan-jalan bersama teman, main game di kamar, menonton film dan sebagainya.

Padahal, nih, gaes, pada malam tahun baru, semua keluargamu pastinya akan berkumpul bersama. Baik anggota keluargamu yang masih bersekolah atau berkuliah dan juga bekerja, pasti akan berada di rumah dan memiliki waktu luang. Keesokan harinya pun pasti anggota keluargamu nggak memiliki kesibukan seperti biasanya. Nah, kesempatan ini harusnya digunakan sebaik mungkin, nih, gaes.

Untuk mempererat rasa kekeluargaan dan juga kehangatan di dalam keluargamu, coba deh, ajak seluruh anggota keluargamu untuk merayakan malam tahun baru bersama. Untuk merayakan malam tahun baru, kamu dan keluargamu bisa, kok, merayakannya di dalam rumah dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Hmm… Kegiatan apa saja, ya, yang menyenangkan untuk semua anggota keluarga dan bisa dilakukan saat menunggu pergantian malam tahun baru? Cek dulu, yuk, artikel berikut ini!

1. Membuat kotak menghitung mundur

kotak hitung mundur

Wah, apaan, nih? Yap, kotak menghitung mundur adalah satu kotak yang berisi kertas-kertas yang bertuliskan tentang apapun. Biar lebih seru, buatlah tema agar kamu bisa menulis tulisan yang spesifik di kertas tersebut.

Misalnya, kamu ingin membuat tema motivasi. Nah, karena tema yang kamu pilih ialah tema motivasi, maka kamu bisa meminta anggota keluargamu untuk membuat beberapa kata motivasi pada secarik kertas. Setelah membuat kata-kata motivasi, letakkan kertas tersebut di dalam kotak.

Nah, kotak ini boleh dibuka setiap satu jam sekali, maka dari itu, kotak ini bernama kotak menghitung mundur. Setiap jamnya, kamu bisa mengambil satu kertas dengan random dan membaca isi kertas tersebut. Supaya lebih seru, jangan tulis nama penulis pada kertas tersebut, ya! Jadi kalian bisa menebak-nebak, siapa yang menulis kata-kata motivasi tersebut. Seru, kan?

2. Mendiskusikan resolusi masing-masing

Nah, mulai ke aktivitas yang agak serius, nih, gaes. Kalau tadi kamu membuat kotak yang penuh dengan motivasi, kalau yang satu ini, kamu bisa mendiskusikan resolusi yang masing-masing anggota keluarga miliki.

Pasti, hal yang seperti ini jarang dilakukan oleh kebanyakan keluarga, tetapi, kegiatan yang satu ini akan memberikanmu kemudahan untuk memilih resolusi dan bagaimana cara untuk mendapatkan resolusi tersebut. Mau bagaimana pun, orangtua atau anggota keluarga lainnya yang berusia lebih tua, pasti memiliki pengalaman yang lebih luas, sehingga mereka bisa memberikan feedback atas resolusi yang kamu pilih.

Dengan berdiskusi dengan keluargamu, pasti anggota keluargamu akan saling memberikan saran yang baik untuk kamu dan anggota keluarga lainnya untuk memilih resolusi. Selain itu, mereka akan memberikan banyak saran agar kamu bisa meraih resolusimu di tahun 2020. Jadi, jangan pernah merasa nggak enak untuk mendiskusikan resolusimu dengan keluargamu, ya!

3. Membuat papan pekerjaan

Ketika kamu memiliki banyak anggota kelurga dalam satu rumah, pasti sering banget terjadi yang namanya berantem gara-gara pekerjaan rumah tangga seperti cuci baju, setrika, membersihkan rumah, menyiram bunga di taman dan sebagainya.

Biasanya, kita sering melempar pekerjaan kepada adik atau kakak. Nah, agar hal ini nggak terjadi kembali di tahun depan, coba deh, untuk membuat papan pekerjaan yang semenarik mungkin. Pada papan pekerjaan tersebut, kamu dan keluargamu bisa membagi pekerjaan sesuai dengan apa yang disukai dan mampu dikerjakan.

Misalnya, kamu memilih untuk membersihkan rumah, kakakmu memilih untuk menyiram tanaman dan mencuci pakaian, adikmu memilih untuk menyetrika pakaian dan petgi ke pasar dan sebagainya. Selain pembagian tugas yang jelas, kamu dan keluargamu jadi jarang bertengkar gara-gara kewajiban pekerjaan rumah tangga ini, deh. Selain itu, orangtuamu pasti akan terbantu dalam urusan pekerjaan rumah tangga ini. Menyenangkan bukan?

4. Membuat time capsule

Nah, kamu juga bisa banget membuat time capsule, nih, gaes. Waduh, time capsule, tuh apa, ya? Yap, time capsule ada suatu kotak atau wadah yang tertutup yang berisi berbagai hal yang mau dikenang dan bisa dilihat kembali atau dinikmati di periode waktu yang akan datang.

Nah, kamu bisa banget, nih , gaes, membuat time capsule bersama keluargamu. Kamu bisa mencari kaleng bekas yang bisa menjadi wadah dari time capsule. Kamu bisa menyimpan apapun yang kamu dan keluargamu mau seperti foto, tulisan dan benda-benda lainnya.

Nah, setelah kamu memasukkan semua hal yang ingin kamu dan keluargamu kenang di tahun-tahun berikutnya, kamu dan keluargamu bisa mengubur kaleng tersebut di halaman rumahmu. Kamu pun bisa mengatur waktu kapan kamu dan keluargamu bisa mengambil kembali time capsule yang sudah dibuat bersama tersebut.

Lalu, bagaimana kalau kamu nggak memiliki lahan yang luas untuk mengubur time capsule? Well, kamu dan keluargamu bisa menyimpan kaleng tersebut di tempat yang jarang didatangi oleh orang-orang seperti di dalam gudang, ditumpukan buku-buku di lemari dan sebagainya. Saat waktunya telah tiba, kamu bisa membuka kaleng tersebut bersama dengan keluargamu. Seru, ya!

5. Membuat makanan dan minuman favorit keluarga

Makan dan minum merupakan aktivitas yang pastinya disukai oleh seluruh anggota keluarga. Apalagi kalau makanan dan minuman yang dibuat merupakan makanan dan minuman favorit semua anggota keluargamu. Nah, maka dari itu, gaes, daripada membeli makanan dan minuman favorit, mending, masak makanan favorit dan minuman favorit bersama-sama, yuk!

Kamu bisa membagi tugas kepada anggota keluargamu tentang siapa yang akan membuat makanan dan siapa yang membuat minuman. Setelah tim terbentuk, tetapkan makanan dan minuman apa yang akan dibuat. Agar lebih menarik, jangan kasih tau tim lain tentang ide makanan dan minuman yang akan dibuat, ya. Jadikan hal tersebut sebagai kejutan yang menyenangkan!

6. Lomba karaoke

lomba karaoke bareng keluarga

Hampir semua anggota keluarga menyukai karaoke. Kalau begitu, cobalah untuk membuat lomba karaoke bersama dengan keluargamu! Nggak perlu ribet-ribet, kamu hanya perlu mengunduh beberapa lagu yang diminta dan jadikan lagu tersebut sebagai lagu yang akan dilombakan.

Seluruh anggota keluarga harus kebagian menyanyikan lagu tersebut. Kamu bisa menjadikan lomba karaoke ini sebagai lomba per satu orang atau lomba karaoke secara berkelompok. Dengan lomba karaoke ini, pasti, keluargamu akan lebih menikmati malam sebelum pergantian tahun.

***

Yap, itulah beberapa aktivitas yang bisa banget untuk kamu lakukan bersama keluargamu di malam tahun baru. Daripada kamu menghabiskan malam dengan nonton film sendiri, main game sendiri dan sebagainya, ada baiknya kamu melakukan aktivitas di atas bersama dengan keluargamu.

Nggak hanya menyenangkan, aktivitas di atas pun akan mempererat dan juga memperhangat keluargamu. Kamu pun juga akan mendapatkan berbagai feedback yang baik dari keluargamu sehingga kamu bisa menjalankan tahun 2020 dengan sebaik mungkin.

Nah, tunggu apa lagi, nih, gaes, nggak perlu mikir dua kali untuk melakukan keenam hal di atas, gaes! Ajak seluruh anggota keluargamu untuk melakukan aktivitas di atas agar keluargamu akan lebih dekat dan lebih hangat. Selamat bersenang-senang dan selamat tahun baru!

Baca juga:

(Sumber gambar: thedatingdivas.com, keytarhq.com, 365atlantatraveler.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 1 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1