Lakukan Tips-Tips Ini Agar Kamu Dapat Mempertahankan Resolusi Tahun Barumu

Wah, nggak berasa, ya, sebentar lagi sudah mau tahun baruan. Biasanya, kalau sudah mau tahun baruan, pasti kamu sudah mulai memikirkan resolusi untuk di tahun berikutnya. Membuat resolusi untuk tahun yang baru itu penting, lho, gaes. Resolusi di tahun baru merupakan janji dari seseorang agar dapat membuat dirinya menjadi lebih baik lagi dibandingkan tahun sebelumnya. Banyak orang yang membuat resolusi untuk memperbaiki gaya hidup, meningkatkan karir, pendidikan dan sebagainya.

Nah, karena sudah dipenghujung tahun 2018, gimana, nih, gaes, resolusimu di tahun 2018? Apakah kamu dapat mempertahankan resolusimu? Ataukah kamu hanya mampu mempertahankannya dalam beberapa bulan?

Duh, memang ya, ketika membuat resolusi di awal tahun, rasanya mudah-mudah saja. Eh, ketika mulai menjalani dan mempertahankan resolusinya, malah terasa sangat sulit. Banyak, lho, dari orang-orang yang gagal dalam mempertahankan resolusinya. Biasanya, banyak orang yang dapat mempertahankan resolusinya sekitar beberapa minggu atau beberapa bulan saja. Hal tersebut dikarenakan mereka memiliki banyak resolusi sehingga sulit untuk mempertahankannya dan bisa juga dikarenakan ketidakkonsistenannya.

Membuat resolusi dan mempertahankan resolusi memang gampang-gampang susah, gaes. Nah, kalau kamu sekarang sudah mulai memikirkan resolusi untuk di tahun 2019, yuk, cek tips-tips berikut agar kamu dapat membuat resolusi dengan baik dan tentunya dapat mempertahankannya!

  1. Buat Resolusi yang Sederhana dan Tidak Terlalu Banyak

jangan banyak-banyak

Sebelum lebih lanjut, kamu harus tahu dulu, nih, kalau resolusi nggak sama dengan goals, lho. Ketika kamu membicarakan resolusi, berarti kamu akan membicarakan tentang perubahan dalam hidupmu dan juga kebiasan-kebiasan baru yang harus kamu lakukan secara konsisten.  Maka dari itu, ketika kamu membuat resolusi yang rumit dan banyak sekali, apakah kamu tidak sulit untuk mempertahankan semua resolusimu? Maka dari itu, buatlah resolusi yang sederhana dan tidak perlu banyak-banyak, namun dapat dilakukan sekonsisten mungkin sehingga resolusi barumu menjadi suatu kebiasaan.

Resolusi yang terlalu rumit dan terlalu banyak justru akan membuatmu lelah dengan resolusi-resolusi tersebut. Misalnya, dalam satu tahun kamu men-set resolusi yaitu harus baca banyak buku setiap malam, belajar semua mata pelajaran setiap malam, setiap ulangan harus dapat nilai sempurna dan sebagainya. Duh, sudah rumit, banyak lagi. Nah dari banyaknya dan rumitnya resolusi di atas, carilah resolusi yang sederhana dan tidak terlalu banyak, misalnya seperti, setiap malam kamu akan selalu membaca buku pelajaran dan kamu pun akan belajar di rumah selama sejam hingga dua jam setiap hari.

Nah, dengan membaca buku pelajaran, sama saja kamu seperti mengulang pelajaran di sekolah. Dengan belajar sejam hingga dua jam sehari dan cukup satu pelajaran saja, sama saja seperti kamu melatih kemampuanmu dalam pelajaran tersebut. Dengan resolusi ini, yakin deh, kamu pasti akan mendapatkan hasil berupa nilai yang bagus.

  1. Buat Resolusi Secara Spesifik

semua resolusi harus spesifik

Kalau kamu sudah menentukan resolusimu, buatlah secara spesifik. Tujuan membuat resolusimu sespesifik mungkin adalah agar kamu dapat dengan mudah mengevaluasi apakah resolusimu sudah berjalan dengan baik atau sebaliknya.

Misalnya, nih, kamu memiliki resolusi yaitu memperbanyak membaca. Nah, itu belum spesifik, gaes. Agar lebih spesifik, cobalah perjelas resolusimu dengan menyebutkan jenis buku apa yang ingin kamu baca, Seberapa banyak bacaan yang mau kamu tingkatkan, sesering apa kamu akan membaca dan sebagainya. Contoh spesifiknya seperti ini, kamu akan membiasakan diri untuk membaca satu buku pelajaran setiap malam selama satu jam sebelum kamu tidur.

  1. Jangan Lupa Untuk Membuat Rencana

membuat rencana di setiap resolusi

Yap, setelah semua resolusimu di-set sespesifik mungkin, jangan lupa, ya, untuk membuat rencana agar resolusimu terus berjalan pada track-nya. Misalnya, kamu memiliki resolusi yaitu ingin hidup sehat dengan cara perbanyak makan sayur, berolahraga dan beristirahat yang cukup.

Nah, agar resolusi itu dapat kamu jalankan seterusnya cobalah untuk membuat rencana. Misalnya seperti, kamu dapat membuat menu makanan sayur-sayuran yang enak dan sehat, membeli sayur-sayuran setiap hari dan sebagainya. Agar kamu dapat berolahraga dan beristirahat dengan cukup, kamu bisa mengatur kegiatanmu, sehingga kamu memiliki waktu untuk berolahraga dan beristirahat yang cukup.

  1. Selalu Buat Alasan di Setiap Resolusi

selalu memiliki alasan

Yak! Ketika kamu memiliki resolusi kamu harus menentukan alasan-alasannya pula. Tujuan dari hal ini adalah agar kamu dapat memiliki motivasi di setiap resolusimu agar resolusi tersebut dapat dipertahankan.

Misalnya nih, kamu memiliki resolusi yaitu jogging keliling taman minimal satu jam dan minimal tiga kali dalam seminggu. Nah, dari resolusi itu, kamu harus punya alasannya misalnya agar kamu memiliki badan yang sehat, terhindar dari berbagai macam penyakit dan untuk memperkuat diri supaya nggak mudah merasa capek. Dari alasan-alasan tersebut, kamu pasti akan termotivasi untuk mempertahankan resolusimu.

  1. Lakukan Secara Sedikit Demi Sedikit

sedikit demi sedikit lakukan resolusimu

Ketika kamu telah memiliki resolusi, jangan gegabah, ya, gaes, untuk melakukannya sebanyak mungkin atau sesering mungkin. Cobalah, lakukan resolusimu sedikit demi sedikit. Misalnya, nih, kamu punya resolusi yaitu dapat menulis artikel pada blog-mu sebanyak tujuh artikel dalam seminggu. Well, kalau kamu menulis artikel secara langsung sebanyak itu, yang ada kamu akan merasakan lelah dan terbebani atas resolusi tersebut.

Baiknya, lakukan secara sedikit demi sedikit. Misalnya, untuk memulai, kamu akan menulis artikel di blog sebanyak satu artikel dalam seminggu. Setelah kamu terbiasa dengan hal tersebut, naikkanlah targetnya menjadi dua artikel dalam seminggu. Dan kalau kamu merasa sudah terbiasa dengan kebiasaan menulis dua artikel dalam seminggu, naikkanlah targetnya lagi. Lama-kelamaan kamu akan merasa biasa, kok, menulis artikel di blog sebanyak tujuh artikel dalam seminggu tanpa merasa terbebani.

  1. Jangan Lupa Tulis Resolusimu

tulis resolusi sebesar mungkin dan tempel

Agar kamu terus mengingat tentang resolusi-resolusi yang telah dibuat, coba tulislah resolusimu dan tujuannya. Eits… Jangan tulis di buku ya. Cobalah tulis resolusimu dan tujuannya pada sebuah kertas dan tempelkan kertas itu di suatu tempat ya, ng mudah dilihat oleh dirimu. Kalau bisa, tulisannya yang besar, ya, gaes, agar kamu terus mengingat resolusimu. Kalau pun, kamu sudah mulai malas menjalankan resolusimu, kertas pengingatmu pasti akan menjadi penyemangat dirimu.

***

Mumpung masih ada dua minggu lagi menuju tahun baru, yuk, gaes, buatlah resolusi untuk dirimu sebaik mungkin agar kamu konsisten dengan resolusimu dan kamu pun dapat menjadi seseorang yang lebih baik lagi. Semangat!

Baca juga: 

(Sumber gambar: wordress.com, blogs.lijodecor.com, 123rf.com, thepsychologist.bps.org.uk, seniorlivingbrokerage.com, creativeeducation.co.uk)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1