5 Hal yang Perlu Kamu Renungkan Sebelum Menyambut Tahun Baru

Tahun baru akan datang sebentar lagi, nih, gaes! Nggak perlu lagi hitungan bulanan atau mingguan, tahun baru akan datang dalam hitungan hari saja, lho. Apakah kamu sudah siap menyambut tahun baru? Well, banyak dari kita yang menyambut tahun baru dengan jalan-jalan di sekitar rumah, jalah-jalan ke mall atau pusat keramaian, menyalakan petasan dan kembang api, makan-makan bersama teman dan keluarga dan sebagainya. Pokoknya banyak dari kita yang terbangun hingga malam hari untuk merasakan pergantian tahun baru.

Selain menyambut tahun yang baru, kita pun sibuk dengan menyusun resolusi-resolusi yang baru dan memanjatkan berbagai harapan yang ingin terkabulkan di tahun yang akan datang. Namun, sebelum kamu menyambut tahun yang baru dan juga menyusun berbagai resolusi atau harapan untuk tahun selanjutnya, ada baiknya, nih, kalau kamu flashback dulu alias memikirkan hal-hal yang sudah kamu lakukan di tahun sebelumnya.

Dengan memikirkan apa yang sudah kamu lakukan di tahun sebelumnya, dapat menjadikanmu pribadi yang lebih baik lagi. Kenapa bisa begitu? Well, ketika kamu memikirkan apa yang sudah kamu lakukan di tahun ini, pasti tindakan selanjutnya ialah memperbaiki tindakanmu di tahun yang akan datang. Nah, lalu, hal apa saja, sih, yang mesti kita pikirkan dari tindakan-tindakan atau hal-hal yang sudah kita lakukan sebelumnya? Cek dulu, yuk, artikel berikut ini!

1. Kesalahan yang telah kamu buat

lihat kesalahan

Di akhir tahun merupakan waktu yang pas banget untuk memikirkan kesalahan yang telah kamu buat sebelumnya. Lho? Bukannya suatu kesalahan yang sudah dilakukan di waktu-waktu dulu lebih baik nggak diingat-ingat kembali? Well, kalau menurut saya, nih, gaes, memang sih, kesalahan yang pernah dilakukan di waktu sebelumnya nggak perlu diingat-ingat setiap hari. Namun, ada saatnya kita harus memikirkan kesalahan tersebut di satu hari saja.

Nah, memikirkan kesalahan yang pernah dilakukan ini berguna agar kita bisa menghindari dan nggak melakukan kesalahan yang sama di tahun yang akan datang. Misalnya, gini, kamu diceritakan suatu cerita pribadi oleh temanmu. Temanmu bilang, jangan pernah ceritakan ini kembali ke orang lain, ya. Namun, tanpa disengaja kamu malah ceritakan hal tersebut kepada orang lain sehingga orang lain ini mengetahui masalah dari temanmu.

Nah, dengan mengingat kesalahan ini, harusnya kamu nggak melakukan kesalahan yang sama di tahun yang akan datang. Kamu harus memperbaiki diri agar bisa menjaga rahasia yang diberitahukan oleh orang lain kepada dirimu. Dalam kasus ini, ketika kamu bisa memperbaiki diri dan menjaga rahasia dari orang lain, maka, kamu bisa mendapatkan kepercayaan dari orang lain, lho.

2. Hal apa yang sudah berjalan dengan baik

Selain kesalahan yang pernah kamu buat sebelumnya, kamu juga harus mengetahui dan meningat, hal apa saja sih yang sudah kamu lakukan di tahun ini namun semuanya dapat berjalan dengan baik? Dengan mengetahui hal-hal yang berjalan dengan baik, kamu bisa mempertahankan hal tersebut untuk tahun-tahun yang akan datang.

Misalnya gini, di tahun ini kamu menjadi juara kelas. Dengan kamu menjadi juara kelas, kamu pun harus lihat kembali hal-hal yang telah kamu lakukan sebelumnya. Ternyata, ketika kamu menjadi juara kelas, kamu melakukan berbagai hal secara terus menerus seperti belajar dua jam dalam sehari, mengerjakan tugas sebaik mungkin, nggak melakukan Sistem Kebut Semalam ketika besok ada ujian dan sebagainya. Nah, hal-hal ini merupakan suatu hal yang dapat berjalan dengan baik pada dirimu.

Setelah mengetahui apa yang sudah berjalan dengan baik, maka, di tahun yang akan datang kamu bisa melakukan hal yang sudah kamu anggap berjalan dengan baik agar kamu dapat memperoleh apa yang kamu inginkan. Kamu pun harus melakukan semua yang berjalan dengan baik pada dirimu secara konsisten, ya.

3. Orang-orang di sekitarmu

Selain hal-hal yang telah kamu lakukan, kamu pun harus memikirkan kembali orang-orang yang ada di sekelilingmu di tahun ini. Kamu harus memikirkan apakah orang-orang tersebut merupakan orang-orang yang baik atau sebaliknya. Kamu juga harus memikirkan apakah orang tersebut akan memberikan dampak positif kepada dirimu atau malah sebaliknya.

Misalnya, gini, gaes, selama setahun ini, kamu berteman dekat dengan orang-orang yang rajin sekolah, rajin mengerjakan tugas sekolah, memiliki semangat belajar yang tinggi, saling membantu dan memiliki solidaritas pertemanan yang baik dan sebagainya. Nah, karena teman-temanmu ini, akhirnya kamu pun jadi memiliki sifat yang rajin, sering mendapatkan nilai bagus, merasa bahwa setiap ada kesulitan kamu dibantu oleh teman-temanmu dan sebagainya. Nah, teman yang seperti ini harus kamu jaga di lingkaran pertemananmu.

Tetapi, bayangkan ketika kamu memiliki teman yang nggak mau membantumu ketika kamu sedang merasa sulit, selalu mengejekmu, merasa nggak suka ketika kamu mendapatkan kesuksesan, selalu menyontek tugas sekolahmu dan sebagainya, maka, temanmu itu membawa dampak negatif pada dirimu. Ada baiknya, ketika kamu bertemu teman yang seperti itu, maka, kamu nggak perlu berteman terlalu dekat dengannya.

4. Resolusimu di tahun sebelumnya

Sebelum kamu memilih resolusi di tahun yang akan datang, kamu harus memperhatikan kembali resolusi di tahun ini. Apakah resolusimu dapat tercapai dengan mudah? Apakah resolusimu tercapai namun dengan keadaan yang sulit? Apakah resolusimu malah nggak tercapai sama sekali?

Kalau kamu dapat mencapai resolusimu dengan mudah, maka, kamu memiliki dua pilihan antara mempersulit resolusi di tahun yang akan datang atau menggunakan resolusi tahun ini menjadi resolusi di tahun yang akan datang. Misalnya, kamu di tahun ini memiliki resolusi menjadi juara kelas dan kamu mencapai resolusimu dengan mudah. Di tahun yang akan datang kamu bisa mempersulit resolusimu dengan mencari resolusi yang lain atau malah ingin menggunakan resolusi yang sama yaitu menjadi juara kelas kembali?

Kalau kamu nggak dapat meraih resolusimu, coba deh kamu pikirkan kembali, apakah kamu sudah memilih resolusi yang tepat? Apakah kamu sudah melakukan segala hal yang terbaik untuk mencapai resolusimu? Cobalah untuk pikirkan kembali tentang apa yang telah kamu lakukan untuk mencapai resolusimu.

5. Hal apa yang harus diperbaiki

perbaiki kesalahan

Nah, ketika kamu sudah memikirkan keempat hal di atas, cobalah pikirkan juga hal apa sih yang harus kamu perbaiki agar kamu menjadi pribadi yang baik lagi? Yap... Bisa dibilang, kalau ingin menjadi.peibadi yang baik, kamu pun harus memiliki action atau tindakan yang kuat untuk mencapai hal tersebut.

Misalnya, kamu memiliki resolusi ingin menjadi juara kelas namun kamu nggak mencapainya. Cobalah untuk pikirkan kembali, hal apa yang nggak berjalan dengan baik sehingga kamu nggak mencapai tujuan tersebut. Nah, hal yang nggak berjalan dengan baik ini perlu kamu perbaiki agar kamu bisa mencapai resolusimu di tahun yang akan datang. Hal ini nggak hanya berhubungan dengan resolusi namun berhubungan dengan segala hal.

***

Yap, itulah kelima hal yang bisa kamu pikirkan sebelum kamu menyambut pergantian tahun baru. Dengan memikirkan kelima hal di atas, dapat membantumu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi di tahun yang akan datang. Perlu juga kamu perhatikan bahwa setelah kamu memikirkan kelima hal di atas, maka, janganlah hanya memerhatikannya saja melainkan kamu pun harus melakukan hal sebaik mungkin untuk memperbaiki dirimu di tahun yang akan datang. Semangat!

Baca juga:

(Sumber gambar: Glassdoor.com, azquotes.comburrosabio.net)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Rio priyatna Rio | 4 hari yang lalu

Wajib diperbaiki dan konfirmasi ke dosen pengampu bersangkutan

Serba-Serbi IP, IPK, dan Sistem Nilai di Perguruan Tinggi
vegas4D | 1 bulan yang lalu

Raih Kemenangan Besar di Vegas4D. daftar vegas4d vegas 4d https://vegas4d.xyz/ https://vegas4d.store/

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
syakila putri | 2 bulan yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 3 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1