Challenge: Daftar Bacaan di Tahun Pertama Kuliah

Mahasiswa harus suka membaca. Coba penuhi tantangan berupa daftar bacaan yang perlu kamu baca sepanjang tahun. Jangan sampai tahun pertama kamu terlewatkan tanpa bacaan berikut ini:

1. Buku yang membahas jurusanmu secara umum. Yup, setidaknya kamu baca tuntas sebijik buku yang judulnya nyambung sama program studi yang kamu ambil.

2. Koleksi SMA kamu yang belum sempat dibaca. Saatnya menyelesaikan "hutang". Mumpung perkuliahan kamu d tahun pertama belum padat.

3. Buku hasil tukeran dengan BFF di kampus. Pas tukeran, nggak perlu bilang apa judul dan jenis bukunya. Biar surprise. Setelah itu kalian bisa mendiskusikan bukunya.

4. Buku pengembangan diri dan soft skills, misalnya cara kerja sama atau komunikasi yang oke.

5. Buku yang bisa memancing kreativitas kamu. Bisa buku soal creative thinking sampai buku DIY.

6. Bacaan bertema sejarah. Bisa sejarah Indonesia atau sejarah dunia. Sebab pengetahuan sejarah bakal memperkaya wawasan kamu.

7. Biografi orang yang inspiratif.

8. Novel klasik Indonesia. Banyak lho, karya tulis epic angkatan Balai Pustaka, Pujangga Baru, karya Pramoedya Ananta Toer, dan lainnya. Selain  bahasanya indah, juga memberikan kamu prespektif dan pengalaman baru saat membacanya.

9. Baca juga buku cetakan tahun 2017 biar kekinian. Bisa novel, semi biografi, kumpulan cerita, dan lainnya. Nggak termasuk buku kumpulan soal masuk perguruan tinggi 2017 ya, kakaaaak!

10. Buku best seller yang belum pernah kamu baca.

11. Buku yang difilmkan, atau film yang dibukukan. Lebih oke lagi kalau sepaket, baca buku serta nonton juga filmnya. Asal jangan baca sambil nonton, berbarengan. Syulit, euy!

12. Buku karya anak muda di bawah 23 tahun.

13. Buku yang kocak. Kocak itu bisa yang konyol abis, bisa juga berisi guyonan cerdas yang banyak nyindir keadaan saat ini.

14. Buku cerita ilustrasi.

15. Activity books. Bisa semacam jurnal yang harus diisi, buku mewarnai, dan lainnya.

16. Buku klasik internasional, karya penulis legendaris dunia.

17. Buku yang dipinjam dari gebetan kamu (atau orang yang dikagumi). Biar ada alasan:

“Mmm… boleh pinjam buku?”

“Boleh.”

“Makasih. Kapan-kapan boleh juga ya, main ke rumah.”

Eaaaak! ‘isa aja.

18. Buku yang megangkat isu saat ini. Bukan gosip lho, tapi buku tentang lingkungan, multikulturalisme, globalisasi, dan lainnya. Pokoknya yang relevan dengan kondisi dunia sekarang.

19. Buku tentang bisnis atau entrepreneurship.

20. Buku yang memberi "makanan" spiritual. Membuat jiwa kamu lebih tenang, menginspirasi kamu supaya jadi orang yang lebih baik, dan memdekatkanmu dengan Sang Pencipa.

***

Saat ini, Indonesia, terutama anak mudanya, berada pada kondisi “drarurat baca”. MInat baca kita rendah banget, sob. Dan ini pun menyebabkan tingkat literasi anak muda Indonesia sangat rendah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2012, kemampuan literasi pelajar Indonesia ada pada ranking 60 dari 65 negara. Hiks!

Kita lebih suka berkutat dengan hape, ngubek medsos, dan ngeliat feeds yang cantik-cantik. Itu nggak salah sih. Tapi jangan sampai, kita jadi nggak punya waktu buat kegiatan yang lebih penting dan berfaedah seperti membaca.  Disipilinkan diri dan luangkan waktumu setidaknya 15 menit sehari buat baca buku. Tinggalin deh, “bacaan” akun gosyip, meskipun syip. Pandangan, you are what you read itu berlaku, lho.

Apalagi buat mahasiswa, membaca itu penting sekali. Banyak membaca akan membedakan mahasiswa sukses dengan yang lainnya. Jadi, sudah saatnya kamu mengunjungi perpus di kampus, nggak hanya nongkrong di kantin melulu. Atau saat nongkrong di kantin dan ngafe, bisa 'kan sembari baca buku? Trus, lain kali kamu berkutat dengan smartphone atau gadget, jangan cuma mantengin olshop dan akun mantan #eh. Banyak banget e-book seru yang bisa kamu nikmati. So, sudah membaca apa hari ini?

(sumber gambar: daese.cc, schoolastic.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 8 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1