Jurusan, Kampus, dan Profesi Paling Populer Tahun 2017 Versi Youthmanual

Tahu ‘kan, kalau Youthmanual punya database berbagai jurusan/program studi, directory kampus, serta ratusan data dan artikel yang mengulasi profesi? Dari hasil penelusuran kami, inilah jurusan, kampus, serta profesi paling populer alias banyak dilihat di situs Youthmanual sepanjang tahun 2017.

Program Studi Paling Banyak Dilihat

1. Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi (Teknik Radiologi) 

2. Manajemen Perbankan 

3. Psikologi 

4. Ilmu Komunikasi 

5. Tata Busana (Fashion Design) 

6. Pendidikan Dokter 

7. Tata Rias dan Kecantikan 

8. Manajemen Keuangan 

9. Manajemen Pelayanan Rumah Sakit (Perumahsakitan) 

10. Aeronautika dan Astronautika (Teknik Penerbangan) 

Secara umum, program studi yang paling banyak dilihat cukup seimbang, antara bidang sains, kesehatan, sosial humaniora, ekonomi, dan seni. Sebagian prodi seperti Manajemen (Keuangan dan Perbankan), Kedokteran, Psikologi, serta Komunikasi bisa ditemukan di banyak kampus. Namun, ada juga jurusan yang hanya dibuka di beberapa kampus seperti Aeronautika dan Astronotika, Tata Rias dan Kecantikan, Tata Busana, serta Radiologi.

Nah, yang berada di posisi pertama jurusan paling banyak dilihat adalah prodi Radiologi atau Teknik Radiologi. Radiologi merupakan program diploma rumpun kesehatan yang mempelajari pemanfaatan alat radiasi dan sinar-x untuk keperluan medis. Ini beda lho, dengan spesialisasi Radiologi untuk dokter, yang menghasilkan Dokter Radiologi, alias dokter dengan keahlian radiologi.

Untuk jurusan Tata Busana (Fashion Design) serta Tata Rias dan Kecantikan, selain di sekolah fashion seperti dengan kurikulum internasional seperti ini, ada juga di PTN negeri dan swasta seperti Universitas Negeri Jakarta dan .Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Perguruan Tinggi Paling Banyak Dilihat

1. Universitas Pamulang 

2. Politeknik Negeri Malang 

3. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang 

4. Universitas Muhammadiyah Tangerang 

5. Universitas Muhammadiyah Makassar 

6. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya 

 7. IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten 

8. Universitas Muslim Indonesia Makassar 

9. Universitas Dr. Soetomo 

10. Universitas Indonesia 

Kesepuluh kampus di atas merupakan kampus yang paling banyak dicari informasinya sepanjang thun 2017. Bisa jadi karena belum tahu (dan pengen tahu kampus tersebut) atau lagi survey perguruan tinggi. Yup, penting lho, untuk mencari tahu soal kampus yang diminati. Nggak hanya kampus yang jadi pilihan utama, namun juga perguruan tinggi lain yang bisa jadi pembanding.

Btw, di Youthmanual ada fasilitas untuk membandingkan kampus, lho. Jadi kamu tinggal memasukkan nama dua kampus, kemudian secara otomatis Youthmanual bakalan bikin perbandingan keduanya.

Profesi Paling Banyak Dilihat

1. Penyiar Berita  

2. Intel Polisi dan Militer 

3. Akuntan  

4. Make Up Artist 

5. Arsitek 

6. Dokter Umum (General Practitioners) 

7. Analis Kredit

8. Instagrammer 

9. Konsultan Kecantikan (Beauty Consultant) 

10. Dokter Anak 

Inilah profesi “terpopuler” alias paling banyak dilihat, baik dari database profesi maupun dari artikel serial Profesiku. Database profesi adalah kumpulan informasi dan fakta mengenai ratusan profesi. Di situ dipaparkan gambaran profesi, daftar pekerjaan, kisaran gaji, latar belakang pendidikan yang dibutuhkan, dan lain sebagainya. Sementara seri Profesiku merupakan eksposur terhadap suatu profesi dengan mewawancarai orang yang menggelutinya.

Kebanyakan profesi yang di-klik pengguna Youthmanual sepanjang 2017 nggak jauh beda dengan profesi yang memang banyak dibutuhkan di Indonesia dan dunia seperti dokter, dokter anak, arsitek, dan akuntan. Trus, sebagian besar pekerjaan memerlukan pendidikan yang sesuai. Namun, untuk profesi makeup artist nggak menekankan pada pendidikan atau gelar, melainkan skill. Sedangkan, pekerjaan instagrammer dan konsultan kecantikan sama sekali nggak mensyaratkan pendidikan atau keahlian khusus.

 

* Info diambil dari data 1 Januari 2017 hingga 17 Desember. Nomor urut menunjukkan peringkat paling banyak dilihat.    

(sumber gambar: Youthmanual)

LATEST COMMENT
zamilatun z | 52 menit yang lalu

Open paid promote cek ig @zamilatun_08

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Najmu Laila | 4 jam yang lalu

Doakan anak ips ini yang akan lintas ke oseanografi undip 2021

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
Karen | 1 hari yang lalu

Apakah bisa anak IPA masuk HI jalur SNMPTN ?

Lintas Jurusan pada SNMPTN, Bolehkah?
dea | 2 hari yang lalu

Kalau misalnya maksimal ngambil 24 sks, tapi cuma ngambil 21 sks karna mata kuliah penuh, trs 3 sks nya gimana? Terima kasih

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©