Kalau Kamu Punya Karakter-Karakter Ini, Berarti Kamu Termasuk Orang yang Punya Mental Kuat

Begitu lulus sekolah dan memasuki dunia perkuliahan, kita diharuskan untuk mengubah mindset dan mental kita supaya lebih kuat. Kenapa? Karena dunia perkuliahan memang nggak sama dengan dunia sekolah. Kalau di sekolah, everything is on the plate, kita tinggal “menyantap” apa yang dihidangkan. Sementara kalau di dunia perkuliahan, kita memilih apa yang terbaik buat kita.

Ini alasan kenapa seorang mahasiswa butuh mental yang kuat untuk menjalani perkuliahan. Kalau mental kamu nggak lembek, bisa-bisa kebiasaannya terbawa sampai dunia kerja nanti. Dan ujung-ujungnya, kamu bakal jadi anak muda yang biasa aja. Jangan sampe ya, sob!

Menurut penelitian psikologi yang dilakukan seorang psikoterapi dan ahli kekuatan mental di Amerika, secara teori pengalaman hidup bikin kita lebih kuat dan menjadikan kita anak muda yang lebih baik. Makanya, coba cek ciri-ciri orang bermental kuat di bawah ini, supaya kamu tahu apakah kamu sudah cukup siap untuk menjalani hidup yang lebih keras lagi.

1. Kamu tahu bagaimana menjaga keseimbangan antara emosi dan logika

Ini bukan tentang apakah kamu lebih sering menggunakan perasaan atau logika. Ini tentang bagaimana menyeimbangkan keduanya. Karena menurut para psikolog, keduanya sama penting dan orang yang bermental kuat tahu kapan harus menyeimbangkan keduanya untuk membuat sebuah keputusan.

2. Kamu tahu bagaimana menghabiskan waktu dengan produktif

Banyak orang yang punya seribu alasan untuk nggak mengerjakan tugas dengan baik. Mereka yang mentalnya lemah biasanya menyalahkan keadaan. Tapi mereka yang bermental kuat fokus untuk mengerjakan hal-hal penting dan nggak buang-buang waktu. Intinya, terus produktif dalam kegiatan sehari-hari.

3. Kamu tahu bagaimana beradaptasi dengan perubahan

Hidup terus berubah, dan kadang perubahannya nggak semudah yang kita harapkan. Sebagian besar orang memilih untuk nggak mau berubah dan berada di zona nyaman. Tapi mereka yang bermental kuat fokus bagaimana menghadapi perubahan yang super cepat.

4. Kamu tahu bagaimana belajar dari kesalahan

Banyak orang sukses bilang lakukanlah banyak kesalahan ketika kita masih muda. Supaya kita bisa belajar lebih cepat dan bangkit dari kesalahan itu. Mereka yang bermental kuat akan benar-benar belajar dari kesalahannya, gaes. Misalnya, nggak salah lagi pilih pacar #eaaa

5. Kamu tahu bahwa merayakan kesuksesan orang lain itu penting

Mempunyai mental yang kuat berarti tahu bagaimana bekerja sama. Kesuksesan orang lain nggak pernah bikin kamu iri. Kamu malah happy banget kalau banyak orang sukses di sekeliling kamu. Ini artinya, kamu bisa belajar banyak hal dari mereka. Kamu selalu merasa terinspirasi, bukan terintimidasi.

6. Kamu hidup dan membuat keputusan berdasarkan prinsip yang kamu anut

Mereka yang bermental kuat selalu memperlihatkan prinsip yang dianutnya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, orang yang nggak suka korupsi waktu, nggak akan pernah datang terlambat. Orang yang menghargai persahabatan nggak akan pernah nikam sahabat dari belakang. Atau orang yang menyayangi orang tua nggak akan menyianyiakan uang kuliah yang diberikan. Hal-hal kecil sekalipun memperlihatkan betapa kamu menghormati prinsip kamu sendiri.

7. Kamu tahu bagaimana bertanggung jawab atas setiap tindakan kamu

Ini bukan rahasia lagi ya, gaes. Bahwa nggak semua orang berani memperlihatkan tangan sesudah melempar batu. Nah, mereka yang bermental kuat nggak kayak gitu. Mereka nggak takut bertanggung jawab atas kesalahan mereka. Dan tentu aja, mereka terus belajar dari kesalahan itu.

8. Kamu tahu bagaimana melihat kesempatan dalam kesulitan

Sebetulnya, setiap masalah punya celah untuk kkita belajar sesuatu. Orang yang mentalnya lemah, cuma melihat masalah sebagai suatu penghalang dan mikirin masalah itu berhari-hari sampai botak. Tapi mereka yang bermental kuat berusaha mencari solusi dan melihat kesempatan yang ada. Lewat masalah ini juga, mereka menganalisa kemampuan yang harus mereka pertajam, supaya kelak mereka bakal lebih santai menghadapi kesulitan tersebut.

9. Kamu tahu bagaimana bersyukur

Mereka yang bermental kuat selalu tahu bahwa mereka telah mendapatkan lebih dari yang mereka butuhkan. Mereka terus ingin berkembang tapi nggak serakah. Mereka tahu bahwa dengan bersyukur, hidup bakal memberi kesempatan-kesempatan yang lebih besar.

10. Kamu tahu bagaimana berbuat baik dan menghormati orang lain

Saya percaya bahwa setiap orang punya sisi baik. Tapi nggak semua orang tahu bagaimana berbuat baik. Mereka yang bermental kuat selalu mencari cara untuk melakukan aksi yang bermanfaat untuk orang lain. Mereka mewujudkannya dalam tindakan. Dan semakin banyak mereka melakukan kebaikan, mereka semakin menghormati orang lain.

 

(Sumber gambar: lifehack.org, brighsite.me, hrb-family-business.wpengine.netdna-cdn.com, pinterest.com) 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 14 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1