Mitos dan Fakta Seputar Perawatan Rambut yang Perlu Kamu Tahu

Menjaga dan merawat rambut agar selalu sehat dan terlihat “bhaday” setiap saat emang susah-susah gampang.

Apalagi buat kamu para pelajar yang nggak selalu punya waktu khusus untuk merawat rambut, rutinitas perawatan rambut kamu pasti dilakukan dengan seefektif dan seefisien mungkin—keramas, keringin, sisiran, that’s it. Ketika ngaca, kamu bukannya mendapati rambut indah berkilau bak iklan shampo, tapi malah bergidik sambil teriak lebay, “Kenapa rambut gue jadi kayak gini?!”

So, meskipun kamu memang nggak butuh usaha ekstra untuk mendapatkan rambut yang sehat dan kece, ada baiknya kamu pahami mitos dan fakta seputar merawat rambut paling dasar berikut ini.

Cekidot!

1. Keramas setiap hari biar rambut nggak lepek

keramas

Ini MITOS!

Di iklim Indonesia yang panasnya nyaingin rice cooker, rambut lepek memang nggak bisa dihindari. Makanya, banyak yang suka keramas setiap hari agar rambutnya nggak terlihat lepek. Hal ini justru salah besar, sob! Idealnya, keramas cukup dilakukan 3 kali seminggu.

Keramas memang efektif untuk mengatasi rambut lepek dengan sekejap. Tapi, kalau dilakukan setiap hari, kelenjar minyak di kulit kepala kamu akan memproduksi lebih banyak minyak untuk menggantikan “nutrisi alami” yang hilang. Akan tetapi, sebelum minyak tersebut tersebar di seluruh permukaan rambut, kamu keburu menghilangkannya lagi, sehingga batang rambut kamu menjadi kering dan kusam. Wadaw!

2. Pakai conditioner setelah keramas itu opsional

Ini MITOS!

Yang masih menganggap conditioner cuma sebagai pelengkap—terutama cowok-cowok “laki” yang cuma modal shampo 2 in 1—stop pemikiran itu sekarang juga. Sesungguhnya, conditioner punya banyak faedah selain membuat rambut lebih halus dan mudah diatur seperti kata model iklan.

Penggunaan conditioner secara teratur dapat membuat rambut kamu terhindar dari kerusakan akibat faktor eksternal seperti polusi dan styling lebih baik dari hanya sekadar keramas. Trus, rambut kamu juga nggak akan terasa kering dan kaku, dan tentunya terlihat sehat berkilau. Tsaah! *kibas rambut*

3. Mengeringkan rambut dengan kaos bikin lebih baik

mengeringkan rambut

Ini FAKTA!

Kamu yang punya rambut kering dan kasar, mulai sekarang jangan keringkan rambut kamu menggunakan handuk biasa. Triknya agar rambut kamu bebas frizz tanpa harus beli produk rambut tambahan adalah—baju kaos bahan katun!

Yes, you read that right. Kalau kamu punya baju kaos berbahan katun yang sudah nggak terpakai, jangan keburu dibuang. Gunakan kaos itu untuk mengeringkan rambut kamu sehabis keramas dengan cara ditekan-tekan, bukan digosok. Kaos katun dapat mengeringkan rambut kamu dengan cepat tanpa menghilangkan tekstur asli dan kelembapan yang dibutuhkan rambut kamu agar selalu tampak sehat.

4. Sisir rambut selagi masih basah agar nggak gampang kusut

Ini MITOS!

Disini ada yang suka nyisir rambut segera setelah keramas biar nggak kusut? Kalau ada, segera hentikan kebiasaan ini, ya. Soalnya, kalau kamu menyisir rambut selagi basah, gesekan yang timbul antara sisir dan batang rambut kamu akan membuat rambut rapuh dan mudah rontok. Duh!

Sebaiknya, “sisir” rambut kamu dengan jari jemari untuk mengatasi rambut kusut secara instan. Kalau rambut cukup panjang, gunakan sisir plastik bergigi jarang untuk memudahkan kamu. Ingat, biar nggak rontok, mulailah menyisir dari ujung rambut dan naik sedikit demi sedikit sampai ke pangkal rambut.

5. Potong rambut rutin itu perlu, meskipun kamu sedang dalam proses memanjangkan rambut

trimming

Ini FAKTA!

Serius, deh, gaes. Meskipun kamu sedang dalam proses memanjangkan rambut, potong rambut itu tetap wajib hukumnya. Nggak bisa ditawar!

Meskipun kamu nggak suka pakai blow dryer ataupun menata rambut kamu jadi macem-macem, bukan berarti kamu bakal bebas rambut bercabang. Idealnya, kamu harus rutin nge-trim (membuang) ujung-ujung rambut kamu yang bercabang (atau berpotensi bercabang) setiap 6-8 minggu sekali sepanjang seperempat inci atau kurang lebih 0.6 cm. Biar sehat, kece, dan bebas “cabang”, gitu...

Eniwei, jangan takut rambut kamu bakal lama panjangnya cuma gara-gara rutin nge-trim, lho, ya. pertumbuhan rambut rata-rata kamu dalam kurun 6-8 minggu itu jauh lebih cepat dari panjangnya rambut yang kamu trim, kok!

(sumber gambar: time.com, joesdaily.com, blogspot.com, pressmen.eu)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 24 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1