5 Cara Untuk Menghabiskan Liburan Di Rumah Dengan Menyenangkan

Bagi para pelajar dan mahasiswa, masa liburan emang udah menjadi hal yang diagung-agungkan banget. Banyak yang berusaha untuk mengisi liburannya dengan kegiatan yang super asyik, dan salah satu cara yang paling populer adalah berlibur ke luar kota atau bahkan ke luar negeri. Seru abis!

Tapi, gimana dengan kamu yang nggak bisa kemana-mana? Apakah liburan kamu nggak bakalan seseru mereka yang hepi jalan-jalan di luar sana?

Nope!

Liburan yang seru (dan pastinya bermakna) nggak selalu harus melancong jauh-jauh, kok, gaes. Stay-at-home vacation alias staycation kini juga bisa menjadi alternatif liburan yang nggak kalah menyenangkan, apalagi kalau kamu melakukan kegiatan-kegiatan berikut ini.

1. Melakukan hal apapun yang kamu ingin lakukan selama tidak berlibur

1

Yang namanya staycation memang paling pas dihabiskan dengan kegiatan-kegiatan yang bisa membuat kamu rileks. Tentunya, dengan tidak bepergian kemana-mana, kamu jadi punya banyak waktu luang untuk beristirahat. Biar istirahatnya nggak bikin kamu mati gaya, cobalah lakukan hal yang selama ini ingin kamu lakukan, tetapi belum sempat terealisasi karena nggak ada waktu luang di hari-hari biasa.

Misalkan, kamu udah lama pengen baca seri buku Harry Potter sampai tamat, tapi nggak kunjung terlaksana karena nggak punya waktu. Nah, sambil leha-leha staycation di rumah, boleh banget, nih, kamu sambilin baca bukunya non-stop sampai tuntas. Asal jangan sampai lupa makan dan mandi aja, ya, gaes!

2. Eat in

Ketika ngelihat feed instagram temen-temen kamu yang lagi asyik pergi liburan, pasti kamu bakal banyak menemukan postingan makanan enak dari berbagai tempat. Kepengen banget, deh, rasanya bisa jadi seperti mereka! Huhuhu.

Daripada bersedih hati, mending kamu bikin #foodporn versi kamu sendiri di rumah. Thanks to technology, berbagai resep makanan bisa dengan dengan mudah tanpa harus beli buku resep masakan dulu ke toko buku. Selain bisa ikutan pamer makanan (masakan sendiri) di medsos, kenyang iya, belajar hal baru juga iya!

3. Menghabiskan waktu bersama teman dekat

3

Kamu punya teman dekat yang bernasib sama dengan kamu? Jangan meratapi nasib-bareng-bareng, ah. Lebih baik kamu aja dia untuk menghabiskan liburan bersama dengan kamu—tentunya dengan kegiatan apapun yang kalian senangi.

Kamu lagi sama-sama low budget selama liburan? Nggak masalah juga, sob! Banyak banget, lho, kegiatan seru yang bisa kalian lakukan yang nggak harus mengeluarkan banyak uang. Mulai dari main game bareng, sekadar ngobrol-ngobrol kece, atau kegiatan yang lebih berfaedah seperti ikutan volunteer untuk ngebantu-bantu hal apapun yang ada di lingkungan sekitar kamu. Mantap jiwa, kakak!

4. Shopping!

Nggak bisa disangkal, sih, shopping bisa menjadi salah satu kegiatan me time penghilang stress bagi sebagian orang. Beruntungnya, kalau kamu emang punya budget yang mencukupi, boleh banget, nih, liburan sambil belanja-belinji ria.

Kalau emang nggak punya budget, nggak usah dipaksain, gaes. Shopping pun bukan berarti kamu harus membeli apapun yang kamu inginkan saat itu juga. Biar kepuasannya makin terasa, cobalah membuat list barang-barang apa yang sangat ingin kamu beli, lalu sesuaikan dengan uang yang bisa kamu gunakan untuk membelinya. Makin asyik lagi kalau sebelumnya kamu udah bikin tabungan khusus untuk itu, lho!

5. Eksplorasi kota

5

Meskipun nggak bisa jalan-jalan ke kota lain, bukan berarti kamu nggak bisa menikmati indahnya kota sendiri. Iya, nggak?

Yakin, deh, meskipun kamu udah menetap di kota tempat tinggal kamu selama bertahun-tahun, pasti masih banyak hal-hal seru yang kamu lewatkan dari kota kamu karena kamu terlalu disibukkan oleh kegiatan sehari-hari.

Makanya pas banget, nih, kalau kamu pergi explore kota sendiri selama staycation. Kota kamu pasti memiliki berbagai keindahan tersembunyi yang selama ini nggak kamu sadari. Sempet-sempetin, deh, mengunjungi museum, taman, tempat makan, atau bahkan menemukan vacation spot baru yang belum pernah kamu dengar sebelumnya. Liburan seru a la lokal (dan murah) banget, deh!

 (sumber gambar: mississippiwomenbloggers.com, giphy.com, tumblr.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 9 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 19 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1