7 Cara Membangkitkan Motivasi untuk Melanjutkan Aktivitas Setelah Liburan Akhir Tahun!

Setelah liburan panjang akhir tahun, pasti banyak dari kamu yang sedikit kehilangan motivasi untuk kembali ke aktivitas seperti semula. Kamu yang bersekolah, pasti merasa malas untuk kembali belajar dan bersekolah. Begitupun kamu yang berkuliah, pasti, kamu merasa liburan berlangsung dengan sangat cepat.

Ketika liburan, banyak dari kamu yang memilih untuk berdiam diri di rumah alias nggak memiliki banyak aktivitas. Sebagian besar waktumu digunakan untuk bersantai, tidur, mengecek media sosial, menonton drama atau serial televisi dan sebagainya. Nah, karena waktu yang digunakan untuk berleha-leha ini, akhirnya, kamu melewati waktu dengan begitu saja tanpa terasa.

Setelah liburan usai, banyak dari kamu yang mengatakan bahwa liburan sangatlah singkat dan cepat berlalu. Karena liburan yang terasa sangat cepat selesainya, akhirnya, kamu pun akan merasa bahwa kamu masih ingin berlibur dan kurang memiliki motivasi untuk melanjutkan aktivitasmu seperti biasanya. Nah, agar kamu dapat memperoleh kembali motivasi untuk melanjutkan aktivitasmu, baca tips di bawah ini, ya!

1. New year, new me

new year new me

Masa setelah liburan tahun baru, motivasi yang kamu miliki langsung kendor, sih, gaes? Memang, sih, kamu memiliki banyak waktu luang ketika kamu liburan tahun baru, namun, hal tersebut nggak bisa menjadi salah satu alasan kamu kehilangan motivasi, ya. Justru, di tahun yang baru, kamu harus membiasakan diri untuk mengubah hal-hal yang kurang baik dalam dirimu.

Kalau kamu dulunya memiliki rasa malas, maka, setelah tahun baru seharusnya kamu mengurangi kebiasaan malas tersebut. Di tahun yang baru, kamu pun harus mengubah dirimu menjadi orang yang baru. Bukan maksudnya mengganti identitas, ya, gaes, namun, kamu harus berusaha untuk menjadi orang yang lebih baik lagi di tahun yang baru ini.

Awal tahun merupakan waktu yang pas, kan, gaes, untuk memulai sesuatu yang baru? Pada awal tahun ini, kamu bisa mulai mengubah diri agar nggak malas-malas lagi, mau belajar banyak hal, mengurangi sifat pelupa dan sebagainya. Mau bagaimana pun, perubahan baik yang terjadi pada dirimu sendiri akan mempermudah kamu dalam meraih resolusi atau meraih kesuksesan. Semoga dengan perubahan baik ini, kamu jadi lebih bisa menjalankan tahun ini dengan lancar jaya, ya! Semangat!

2. Membuat resolusi yang berhubungan dengan aktivitasmu

Yap, supaya kamu termotivasi untuk menjalankan aktivitasmu dengan semangat, kamu pun harus membuat resolusi yang berhubungan dengan aktivitas sehari-harimu, gaes. Misalnya, kamu adalah seorang mahasiswa dan aktivitas sehari-harimu ialah pergi ke kampus, belajar di dalam kelas dan mengerjakan tugas kuliah dengan baik. Nah, biar kamu semangat menjalankan aktivitasmu, coba, deh, kamu membuat resolusi misalnya mendapatkan IP lebih dari tiga koma lima di semester ini. Yakin, deh, kamu jadi lebih semangat berkuliah.

Kalau kamu ialah siswa sekolah, kamu juga bisa membuat resolusimu sendiri, gaes. Resolusi yang bisa kamu pilih ialah mencoba untuk nggak datang telat selama satu semester, mencoba untuk selalu mendapatkan nilai bagus dan nggak ada remedial atau kamu bisa memilih resolusi yaitu menjadi juara kelas. Dengan resolusi tersebut, kamu nggak hanya termotivasi untuk datang ke sekolah, gaes, tetapi kamu pun akan bersemangat ketika belajar.

3. Membaca buku atau kutipan motivasi

Nah, sebelum kamu masuk sekolah, coba deh, untuk membaca buku-buku motivasi. Kalau kamu mau membaca yang sedikit lebih berat, kamu bisa membaca jurnal-jurnal tentang bagaimana pentingnya pendidikan ketika aktivitasmu sehar-hari ialah bersekolah atau berkuliah. Kamu pun bisa membaca jurnal-jurnal tentang susahnya orang lain untuk mendapatkan pendidikan.

Kalau kamu nggak gitu suka membaca jurnal atau buku-buku motivasi, kamu pun bisa membaca kutipan-kutipan motivasi. Kalau kamu merasa malas bersekolah atau berkuliah, cobalah untuk membaca motivasi tentang pendidikan, keuntungan mengenyam pendidikan dan sebagainya.

Kalau kamu merasa bahwa membaca saja nggak cukup, kamu bisa mencari gambar kutipan-kutipan motivasi yang bagus dan kamu bisa menjadikannya wallpaper di gadget-mu. Kalau kamu suka menggambar atau membuat kaligrafi, kamu juga bisa, lho, menulis kutipan-kutipan motivasi yang kamu dapatkan pada buku tulis yang sering banget kamu gunakan. Tetap terus motivasi dirimu, ya!

4. Tidur lebih awal

Tidur lebih awal sebelum kamu memulai aktivitasmu merupakan salah satu cara agar kamu bisa termotivasi untuk melakukan semua aktivitasmu, lho. Dengan tidur lebih awal, kamu nggak akan merasa mengantuk atau merasa kurang istirahat sehingga kamu merasa malas dan lemas di esok harinya.

Dengan tidur lebih awal, kamu pun akan memiliki motivasi yang tinggi untuk menjalani harimu di keesokan harinya. Kamu pun akan memiliki fokus dan konsentrasi yang lebih tinggi karena kamu merasa fresh dan memiliki waktu istirahat yang cukup. Jadi, jangan begadang pada malam hari sebelum memulai aktivitas normal-mu setelah liburan, ya!

5. Bangun lebih pagi

Nah, masih berhubungan dengan poin di atas, nih, gaes. Kalau kamu tidur lebih awal di malam hari, maka, kamu pun akan cenderung mudah bangun di pagi hari. Kamu pun bisa bangun lebih awal dari waktu biasanya.

Ketika kamu bangun lebih pagi, banyak hal yang bisa kamu persiapkan, lho. Misalnya, kamu bisa mempersiapkan pakaian sekolah atau pakaianmu untuk beraktivitas, mempersiapkan benda-benda yang harus kamu bawa, bahkan kamu memiliki waktu untuk berolahraga dan juga sarapan.

Ketika kamu mempersiapkan segala sesuatunya dengan nggak terburu-buru, maka, kamu akan merasa senang. Biasanya, ketika kamu terburu-buru dalam menyiapkan sesuatu, kamu malah cenderung akan kesal karena kamu merasa diburu-buru oleh waktu. Bahkan, kamu pun bisa saja, lho, meninggalkan sesuatu karena terburu-buru.

Kalau kamu membiasakan diri untuk berolahraga dan sarapan sebelum memulai aktivitasmu, kamu pun akan merasa lebih bahagia. Kenapa begitu? Karena olahraga sendiri merupakan aktivitas yang dapat membangkitkan hormon yang dapat membuatmu bahagia. Setelah merasa badan bugar, kamu pun mendapatkan nutrisi yang cukup untuk menjalani aktivitas dari sarapan.  

6. Mendengarkan podcast atau lagu yang memberikanmu semangat

Kamu juga bisa banget mendengarkan podcast atau lagu yang dapat memberikanmu semangat. Kamu bisa mendengarkan hal ini ketika olahraga, nih, gaes, biar nggak merasa bosan. Dengan mendengarkan podcast yang memotivasi, secara nggak langsung, hal yang kamu dengarkan tersebut dapat menyugestikan kamu agar kamu merasa lebih semangat.

Selain mendengarkan podcast, mendengarkan lagu dengan beat yang semangat, dapat membuatmu jadi lebih bersemangat juga, gaes. Coba bayangin, deh, lagi malas menjalankan aktivitas seperti biasa, eh, kamu malah mendengarkan lagu yang slow yang ada kamu malah ingin balik tiduran di kasur, lagi. Wah, jangan, ya!

7. Mengatur waktu

mengatur waktu

Yap, sebelum kamu mulai menjalankan aktivitasmu dengan normal setelah liburan tahun baru, kamu bisa mulai mengatur waktumu sesuai dengan aktivitasmu selama seminggu sebelum masuk ke aktivitas normal, ya, gaes.

Misalnya gini, ketika kamu biasanya bangun jam enam di pagi hari sebelum ke sekolah, cobalah untuk bangun lebih awal, misalnya di jam lima di pagi hari selama satu minggu sebelum kamu memulai aktivitas sekolahmu. Dengan kamu membiasakan diri mengatur waktu seperti contoh ini, kamu nggak akan merasa kaget dan susah untuk bangun pagi ketika liburan akhir tahun usai.

Selain membiasakan diri untuk mengatur waktu bangun, kamu juga bisa membiasakan diri untuk mengatur waktumu untuk tidur, mandi, belajar dan sebagainya sehingga kamu nggak akan kaget ketika liburan telah usai dan kamu memasuki aktivitasmu seperti biasanya.

***

Yap! Itu lah beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar kamu dapat termotivasi kembali untuk melanjutkan aktivitasmu baik itu sekolah, kuliah atau bekerja setelah menikmati liburan akhir tahun. Merasa malas dan demotivasi setelah liburan panjang merupakan suatu hal yang wajar banget, kok, gaes. Akan tetapi, kamu harus mengembalikan semua motivasi tersebut sebelum kembali ke aktivitas nomal, ya, gaes. Semangat!

Baca juga:

(Sumber gambar: popsugar.com, xeniumhr.com, influencive.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Agustin Lutfianty | 2 bulan yang lalu

Kunjungi website kami di https://walisongo.ac.id

World Suicide Prevention Day: Seberapa Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa?
Tiara Windi | 3 bulan yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Tiara Windi | 3 bulan yang lalu

Kak saya ingin pindah magang

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1