5 Kegiatan Unik dan Bermanfaat untuk Mengisi Waktu Luang di Saat Weekend

Kamu tahu, ‘kan, gaes? Waktu merupakan hal yang sangat berharga untuk disia-siakan begitu saja. Maka dari itu, saat mempunyai waktu luang, kamu pun ingin menggunakannya dengan semaksimal mungkin.

Well, bagus sekali kalau kamu bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan yang nggak hanya menyenangkan, tapi juga berfaedah. Membaca, berolahraga dan berkumpul dengan teman-teman merupakan beberapa contoh kegiatan untuk mengisi waktu luang yang bermanfaat.

Tapi, kegiatan bermanfaat nggak cuma itu, lho, gaes. Di bawah berikut ini ada 5 ide kegiatan unik dan bermanfaat yang bisa kamu coba untuk mengisi waktu luangmu di saat weekend.

1. Mempelajari topik yang diminati

Belajar mungkin kedengaran seperti kegiatan yang membosankan dan membebani, apalagi kalau dilakukan saat weekend. Bener nggak? Hehehe.

Tapi, kesan membosankan dan membebani muncul karena dalam mindset kamu itu belajar adalah sebuah kewajiban. Coba, deh, kamu ingat-ingat lagi. Kapan terakhir kalinya kamu mempelajari suatu topik bukan karena keharusan atau kewajiban, tapi karena memang keinginanmu sendiri? Pasti sudah lama banget, ‘kan?

Misalnya, gini, mungkin selama ini kamu ingin belajar soal berbagai teknik fotografi, memasak, desain atau yang lainnya. Tapi, nggak pernah sempat karena terhalang kesibukan sekolah atau kuliah. Nah, saat ada waktu luang di weekend inilah waktu yang tepat buat melakukannya, gaes!

Kamu bisa belajar lewat buku, video, bahkan mengambil kelas topik yang kamu minati. Entah itu kelas fotogrfafi, keas memasak, kelas desain, dan lain-lain. Kalau kamu memang berminat sama topik itu, selain mendapat ilmu baru, dijamin kamu bakal sangat menikmatinya.

2. Membersihkan barang-barang pribadi yang jarang dibersihkan

Saya yakin, sehari-harinya, kamu tentu selalu menjaga kebersihan kamarmu. Tapi, (lagi-lagi) karena kesibukan mungkin pembersihan yang kamu lakukan nggak terlalu maksimal atau men-detail.

Maka dari itu, kenapa nggak manfaatkan waktu luangmu di weekend ini buat membersihkan barang-barang pribadimu yang jarang sekali kamu bersihkan? Coba, deh, bersihkan tas dan sepatu yang biasanya kamu pakai.

Trs, lanjut membersihkan pakaian yang berbahan tebal—yang memang butuh pembersihan lebih detail. Jangan lupa buat mengganti sprei kasur, bantal dan gulingmu, bila perlu kamu jemur terlebih dahulu kasur, bantal dan gulingmu di bawah sinar matahari. Bahkan, alat-alat elektronik yang kamu punya juga harus dibersihkan dari debu, seperti kipas angin atau yang lainnya.

Semua itu perlu dilakukan supaya barang-barangmu jadi lebih bersih dan awet. Selain itu, suasana hatimu juga pasti akan jadi lebih baik ketika melihat barang-barangmu bersih!

3. Merapikan isi gadget dan laptop

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan waktu luang di saat weekend ialah merapikan isi gadget dan laptopmu. Hapus aplikasi, foto, dan berbagai file yang sudah nggak terpakai untuk menghemat ruang penyimpanan gadget dan laptopmu.

Chat dan e-mail yang sudah lama dan nggak berguna juga bisa kamu hapus. Hapus serta kontak-kontak yang ada di gadgetmu yang sudah nggak terpakai.

Pindai juga gadget dan laptopmu supaya terbebas dari virus. Mutakhirkan semua aplikasi yang penting dan sering kamu pakai. Oyaaa, kamu juga bisa mengganti pengaturan dan tampilan gadget dan laptopmu supaya kamu nggak bosan. Dijamin, gadget dan laptopmu akan jauh lebih lancar dan enak saat dipakai.

4. Jalan-jalan atau bersepeda

Di sela-sela waktumu yang sibuk ini, sesekali kamu butuh bersantai menikmati suasana pagi atau sore hari, gaes. Nggak perlu pergi ke tempat yang jauh biar kamu nggak merasa dikejar waktu karena harus cepat sampai.

Misalnya, dengan berjalan-jalan ke taman. Kegiatan tersebut bisa jadi pilihan kegiatan yang asyik dan bermanfaat yang bisa kamu lakukan di saat weekend. Supaya manfaatnya lebih terasa, coba, deh, jangan gunakan kendaraan bermotor atau mobil, melainkan menggunakan sepeda atau jalan kaki .

Jalan santai di pagi atau sore hari dengan bersepeda/jalan kaki sebenarnya lebih asyik, lho! Kamu pun akan terhindar dari stres karena kemacetan. Di tengah jalan, kamu bebas berhenti di warung makan enak yang jarang kamu kunjungi atau sekedar menikmati lalu lalang orang-orang di jalan. Asyik banget nggak, sih?

5. Mengobrol dengan keluarga

Kapan terakhir kali kamu mengobrol dengan keluargamu? Mungkin sehari-hari kamu memang berbicara dengan mereka karena ada perlu. Tapi, yang saya dimaksud di sini adalah murni mengobrol saja dan membicarakan berbagai hal dengan keluargamu, terutama dengan anggota keluarga yang kurang dekat denganmu. Seperti membahas masa kecilmu, kesibukan yang dilakukan saat ini, menceritakan keluh kesahmu di sekolah/kampus, dan lain sebagainya.

Tentu, banyak banget manfaatnya kalau kamu mengobrol dari hati ke hati seperti itu dengan keluargamu. Sebisa mungkin, lakukan secara langsung, ya. Eh, tapi, buat kamu yang ada di perantauan, lewat telepon pun nggak jadi masalah buat berkomunikasi sama keluarga, lho.

Ingat, jangan cuma perhatiaan sama teman dan pasangan saja, ya, gaes! Perhatikan juga keluargamu.

***

Itulah beberapa kegiatan unik yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang di saat weekend. Semua kegiatan di atas nggak cuma bermanfaat saja, tapi juga sangat seru. Yuk, gaes, coba manfaatkan waktu luang yang kamu miliki dengan kegiatan-kegiatan tersebut.

 

Baca Juga:

 

(Sumber gambar: honeykidsasia.com,  nobledesktop.com, indoindians.com, unsplash.com, laurieagard.com, drugfreekidscanada.org)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Agustin Lutfianty | 2 bulan yang lalu

Kunjungi website kami di https://walisongo.ac.id

World Suicide Prevention Day: Seberapa Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa?
Tiara Windi | 3 bulan yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Tiara Windi | 3 bulan yang lalu

Kak saya ingin pindah magang

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1