5 Hal yang Harus Dilakukan Siswa Baru

Saat menjadi siswa baru di sekolah, kamu pasti punya beberapa pertanyaan yang secara nggak langsung akan mengganggu pikiranmu. Mulai dari bagaimana lingkungan sekolahnya, bagaimana teman-temannya, apakah nanti kamu akan mendapatkan banyak teman yang sejalan atau nggak, apakah kamu bisa bergaul dengan teman yang lain atau nggak, bagaimana dengan gurunya, apakah kamu akan dapat mengikuti pelajaran dengan baik atau nggak, dan masih banyak hal lainnya.

Pernyataan-pernyataan yang muncul tersebut sangat wajar sekali terjadi dan sering dialami oleh siswa baru, kok. Tapi, kalau hal tersebut terus menerus dipikirkan, pasitnya akan menimbulkan kecemasan yang membuat kamu jadi nggak nyaman ada di sekolah. Kalau sudah terjadi, maka akan lebih sulit lagi buat kamu untuk bisa menyesuaikan diri dan meraih prestasi sesuai yang diharapkan di sekolah.

Ya, emang untuk mengatasi hal tersebut nggak gampang. Walaupun begitu tetap aja hal tersebut harus kamu atasi dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti di bawah ini.

1. Cari teman sebanyak-banyaknya

Banyak yang bilang masa-masa sekolah itu adalah masa-masa yang menyenangkan. Yaps, itu bener banget!

Oleh karena itu, kamu harus memperbanyak relasi pertemanan saat memasuki lingkungan baru dan memiliki title sebagai siswa baru. Hal ini sangat berguna buat kamu karena dengan memiliki banyak teman kamu akan mendapatkan banyak manfaat—mulai dari berbagi pengalaman baik, bertukar pendapat, dan memiliki banyak teman juga bisa membantu kamu saat kamu memerlukan bantuan.

Jadi, carilah teman sebanyak-banyaknya serta jangan mencari musuh atau membuat masalah ke teman sebaya dan kakak kelas, ya.

2. Belajar sungguh-sungguh dan perbanyak ilmu

belajar

Orang tua saya selalu bilang “tugas anak sekolah kalau bukan belajar ngapain lagi, sih!”. Kalau dipikir-pikir sekarang ada benernya, juga, ya. Bisa sekolah, kebutuhan sehari-hari sudah terpenuhi, nggak perlu mikir besok mau makan apa, uang saku udah ada (nggak perlu nyari sendiri), kalau ada tugas yang susah bisa nyari di internet atau belajar sama temen, dan masih banyak lagi.

Jadi, jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan yang ada dan jangan dikira kamu bisa santai-santai tanpa belajar. Entah saat ini kamu masih duduk di bangku SMP atau sudah di SMA, jagalah sikap selama di kelas, kerjakanlah tugas sebaik mungkin, dan yang paling penting, belajar sungguh-sungguh. Kumpulin berbagai macam prestasi—seperti ikutan olimpiade A, B, sampai Z, ikutan study exchange, dan perbanyak ilmu selama di sekolah.

3. Aktif dalam organisasi sekolah

Selain belajar, aktif dalam organisasi sekolah, seperti OSIS, tim majalah, tim basket, dan lain-lain juga penting buat kamu coba, lho, gaes!

Kalau kamu aktif di organisasi sekolah, kamu dilatih untuk berani tampil di depan, berinisiatif menyampaikan pendapat, bertanggung jawab dalam mengerjakan semua tugas yang sudah diberikan, mengatur waktu antara belajar, tugas sekolah dan organisasi sekolah, dan of course kamu bakalan dapat teman-teman baru (bahkan gebetan baru, hihihi).

4. Jangan malu untuk mengekspresikan diri

bakat dan minat

Suka berpidato? Hobi menari? Punya bakat dalam menyanyi? Jangan anggap sepeleh setiap bakat yang Tuhan beri padamu—apapun itu; menyanyi, melukis, menari, bahkan berpidato sekalipun.

Ikutilah ekstrakulikuler yang ada di sekolahmu. Gali serta asah lebih dalam semua minat dan bakat yang kamu punya. Jangan sia-siakan hanya karena rasa malu, gaes.

Lawan rasa malu dan takutmu itu. Bebaskan dirimu untuk berekspresi sebanyak mungkin. Jangan pernah batasi diri hanya karena takut mendengar cemooh, kritikan dan saran orang. Justru dengan hal itu, kamu harus bisa bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

5. Pilihlah jurusan sesuai minat dan bakat

Last but not least, hal yang satu ini adalah tips yang juga penting untuk dipikirkan mulai dari sekarang untuk kamu yang baru mau masuk SMA. Soalnya, kalau dulu pilihan kelompok saintek/IPA, soshum/IPS ataupun Bahasa ditentukan kelas 11 atau bahkan kelas 12.

Saat ini, kamu baru duduk di bangku kelas 10 pun sudah harus memilih, gaes. Sehingga, banyak dari kamu yang masih nggak yakin dengan jurusan yang akan digeluti bahkan terkesan masa bodoh. Bener nggak? Hehehe.

Trus, langkah apa yang harus dilakukan? Gampan banget, gaes. Cari tahu dulu bidang apa aja yang kamu minati.

Oyaa, mungkin bidang yang kamu minati itu bisa lebih dari satu. Nggak papa, tulis aja dulu semua di note-mu. Kalau sudah, pikirkan lagi secara matang di antara semua bidang yang kamu minati itu mana yang paling sesuai dengan bakat dan passion yang kamu miliki.

Kalau kamu masih belum bisa menentukan. Jangan sungkan buat minta saran dari orang tua, pihak sekolah, seperti wali kelas, guru BK, atau guru yang kamu percaya di sekolah. Sahabat, teman bahkan keluarga besar pun bisa kamu mintai pendapatnya.

Tampung dan pikirkan secara baik-baik semua saran tersebut. Ingat, jangan memilih saintek/soshum karena mengikuti kemauan orang tua, ya. Apalagi kalau kamu cuma asal pilih atau sekedar ikut-ikutan teman dan gebetan (duh!). Masa iya harus dipaksa masuk IPA, kalau nggak suka matematika, fisika atau kimia?

Well, intinya, pilihlah jurusan yang memang kamu minati atau senggaknya sesuai dengan jurusan kuliah yang akan kamu ambil nanti karena keputusan kamu hari ini akan menentukan nasibmu selama tiga tahun ke depan, bahkan sampai kuliah dan kerja, lho!

***

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan saat menjadi siswa baru di SMP ataupun SMA, gaes. Semua poin di atas pasti berguna untuk kamu yang akan melangkah pada jenjang berikutnya—entah itu kuliah atau kerja. Semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: medcom.id, cardiff.ac.uk, adespresso.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1