6 Karakteristik yang Harus Kamu Miliki Jika Ingin Menjadi Sukarelawan Keren!

Volunteer atau kegiatan sukarelawan merupakan suatu kegiatan dimana kamu memberikan suatu pelayanan kepada publik atau institusi tanpa mendapatkan suatu keuntungan finansial. Pelayanan yang dilakukan pun ada berbagai macam, lho, ada yang berhubungan dengan dunia pendidikan, ada yang berhubungan dengan alam dan lingkungan dan sebagainya.

Nah, bisa dibilang juga, nih, gaes, bahwa kegiatan sukarelawan atau volunteer merupakan kegiatan yang dimana kamu bisa meningkatkan kemampuan diri dan meningkatkan kualitas hidup. Well, hal tersebut ada benarnya, lho, gaes. Ketika kamu mengikuti suatu kegiatan volunteer, kamu akan mendapatkan berbagai pelajaran yang nggak kamu dapatkan di bangku pendidikan. Pelajaran yang kamu dapatkan contohnya seperti belajar bekerjasama, belajar melakukan sesuatu dengan visi dan misi bersama, belajar suatu hal yang baru sesuai dengan jenis kegiatan sukarelawanmu dan sebagainya.

Pada saat ini, kalau kamu ingin melakukan kegiatan volunteer atau sukarelawan, kamu nggak perlu susah-susah untuk mendapatkan informasi tersebut. Pada saat ini, informasi untuk kegiatan volunteer sudah banyak tersebar di media sosial atau internet, kok.

Well, untuk mendapatkan informasi tentang sukarelawan memang mudah, nih, gaes, tetapi apakah untuk menjadi sukarelawan yang hebat termasuk suatu hal yang mudah juga? Nah, kalau kamu ingin menjadi sukarelawan atau volunteer yang hebat, berikut karakteristik yang wajib kamu miliki agar menjadi sukarelawan yang hebat!

1. Punya sifat berani

jadi pemberani

Yap, kamu harus punya sifat yang pemberani jika kamu ingin berpartisipasi dalam kegiatan volunteer, nih, gaes! Lho, kenapa kita harus punya sifat pemberani kalau mau mengikuti kegiatan volunteer, ya?

Well, jawabannya sederhana, nih, gaes! Ketika kamu melakukan kegiatan volunteer, kamu akan bertemu dengan orang baru dan juga dengan pekerjaan baru. Nah, disini kamu harus berani bertemu dengan orang-orang baru dan kamu pun harus berani mengerjakan sesuatu yang baru.

Misalnya, kamu mengikuti kegiatan volunteer yaitu membersihkan pantai bersama sengan institusi yang bergerak dalam kebersihan lingkungan. Pada kegiatan ini, kamu harus bertemu dengan orang-orang baru baik itu orang-orang yang sama-sama melakukan kegiatan volunteer, orang-orang yang bekerja dalam institusi tersebut dan bahkan kamu juga akan bertemu dengan orang-orang daerah yang bekerjasama dengan institusi untuk dibersihkan pantainya.

Kalau kamu nggak berani bertemu dengan orang baru dan enggan membuka pembicaraan, mungkin kamu hanya mendapatkan lelah karena membersihkan pantai namun kamu nggak akan belajar tentang permasalahan masyarakat di daerah tersebut, nggak memperluas jaringanmu dan sebagainya.

2. Penyabar

Ketika kamu melakukan volunteer mungkin kamu akan menemukan berbagai macam orang. Orang-orang ini memiliki sifat yang berbeda-beda, ada yang orangnya cepat bekerja, banyak mengeluh, banyak komplain dan sebagainya. Nah, maka dari itu, gaes, kamu wajib banget untuk punya sifat penyabar.

Bayangkan kalau kamu nggak punya sifat penyabar, mungkin kamu akan merasa kesal dan bete sendiri. Pada akhirnya, orang-orang yang bekerjasama denganmu menjadi malas berhubungan denganmu dan orang yang sedang kamu layani malah kesal karenamu.

Misalnya gini, kamu bekerjasama dengan salah satu institusi untuk membagikan baju dan sembako kepada para korban banjir. Karena orang-orang yang perlu kamu layani ada banyak, kamu harus bekerja dan mengambil keputusan dengan cepat. Kalau kamu nggak punya sifat sabar, yang ada kamu akan terus mengeluh, marah-marah dan sebagainya. Akhirnya, orang lain merasa malas bekerjasama denganmu. Mereka yang membutuhkan baju dan sembako pun jadi merasa malas karena kamu mudah sekali marah.

3. Punya kreativitas

Selain kamu harus penyabar dan juga berani, kamu pun harus punya kreativitas, nih! Hal ini pastinya sangat berguna untuk kamu yang sedang melakukan volunteer. Sebagai seorang sukarelawan, kamu harus mengerjakan instruksi yang diberikan oleh ketuamu. Nggak hanya mengikuti instruksi tersebut, kamu juga harus memiliki ide yang kreatif agar kamu bisa menjalankan instruksi dengan cepat dan efektif.

Misalnya, kamu mengikuti kegiatan sukarelawan yaitu mengajar. Nah, kamu nggak hanya mengajar satu dua kelas, nih, dalam sehari, namun, kamu bisa mengajar lima hingga enam kelas. Supaya kegiatan mengajar ini berjalan dengan efektif dan nggak terlalu menguras tenagamu, kamu wajib banget untuk punya kreativitas untuk menciptakan metode belajar yang menyenangkan namun juga nggak membuatmu lelah.

4. Memiliki inisiatif yang tinggi

Kamu pun harus punya inisiatif yang tinggi, nih, gaes. Mdmiliki inisiatif yang tinggi nggak hanya berfungsi ketika kamu mengikuti kegiatan sukarelawan saja, lho. Kamu pun harus mdmiliki inisiatuf yang tinggi meskipun kamu sedang bekerja ataupun sedang berkuliah. Inisiatif yang tinggi ini akan membuatmu menjadi orang yang lebih bersemangat dan berani untuk melakukan suatu hal yang baru.

Perlu kamu ketahui juga nih, gaes, ketika kamu melakukan kegiatan sukarelawan, hanya ada sedikit orang yang akan bekerja melakukan kegiatan tersebut, namun, pekerjaan yang harus diselesaikan ada banyak, nih, gaes. Mungkin, ketua kegiatan volunteer-mu akan memiliki banyak pekerjaan ini dan itu. Kalau kamu memiliki inisiatif yang tinggi, kamu akan meringankan beban kerja dari ketua kegiatan volunteer-mu.

Nah, ketika kamu memiliki inisiatif yang tinggi, hal ini akan mempengaruhi etos kerjamu nanti. Kamu pun akan memiliki etos kerja yang baik. Hal ini pastinya akan membantumu dalam mengerjakan semua pekerjaanmu nanti.

5. Selalu ramah

selalu ramah

Ketika kamu menjadi seorang volunteer, sifat yang harus kamu miliki ialah ramah. Kalau kamu memiliki sifat yang ramah, saya yakin banget banyak orang yang suka bekerjasama denganmu. Well, bisa dibilang juga, lho, gaes, meskipun kamu pergi ke tempat yang baru dan kamu nggak mengerti bahasa yang mereka gunakan, selama kamu ramah, hal tersebut bisa dimengerti oleh semua orang. Yap, ramah merupakan bahasa yang pasti dimengerti oleh semua orang.

Selain itu, ketika kamu memiliki sifat yang ramah, saya yakin banget kalau kamu akan disukai oleh banyak orang. Eits... Tapi ini bukan suka-sukaan yang lain, ya. Ketika kamu memiliki sifat yang ramah, orang lain pasti nggak akan berpikir dua kali untuk mengajakmu bekerjasama.

6. Punya passion

Nggak cuma punya passion, nih, kamu juga harus "dikendarai" oleh passion. Wah, duh, apaan nih, maksudnya? Well, ketika kamu memiliki passion pasti kamu akan melakukan segala sesuatu sebaik mungkin tapi, kalau kamu sudah dikendari oleh passion, kamu akan melakukan sesuatu secara luar biasa.

Misalnya, nih, kamu mengikuti program sukarelawan yaitu melakukan sensus ekonomi di daerah rumahmu. Kalau kamu dikendarai passion dalam mencari data statistika, saya yakin kamu akan selalu berusaha meskipun sering kali menerima penolakan dan lain sebagainya. Nggak hanya berusaha menyelesaikan tugasmu, tetapi, kamu pun berusaha untuk menyelesaikan tugasmu sebaik mungkin.

***

Yap, itulah beberapa karakteristik yang harus dimiliki oleh para sukarelawan. Kalau kamu ingin menjadi sukarelawan yang hebat dan juga diingat oleh banyak orang, kamu harus memiliki keenam karakteristik yang sudah disebutkan di atas.

Ketika kamu menguasai keenam karakteristik di atas, kamu nggak hanya jadi seorang sukarelawan yang hebat, namun kamu juga bisa menjadi seseorang yang lebih baik lagi baik itu di dunia sekolah, kuliah ataupun dunia kerja. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera asah keenam karakteristik di atas dengan mengikuti kegiatan sukarelawan!

Baca juga:

(Sumber gambar: nandscvs.orgteepublic.comshopee.com)

LATEST COMMENT
Najwa vika | 14 jam yang lalu

Kak aku mau tanya, untuk snmptn 2020 jurusan tata busana apakah menggunakan portofolio juga?

Ingin Masuk Jurusan Seni dan Olahraga di SNMPTN-SBMPTN 2019? Tanpa Uji Keterampilan, Inilah yang Perlu Disiapkan!
Yasmien Annisya Aulia | 23 jam yang lalu

kak maksud daya tampung snmptn itu apa ? misalnya jurusan fkip ppkn itu daya tampungnya 16 , nah itu daya tampung yang diterima dr setiap sekolah atau gimana ?

Pengertian Keketatan Persaingan, Daya Tampung, dan Peluang dalam SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri
Hikmah Rahmah | 23 jam yang lalu

memang lebih banyak diperlukan di perusahaan asuransi tetapi tidak menutup kemungkinan untuk dapat bekerja di instansi pemerintah, dosen/peneliti, wirausaha dengan membuka kantor aktuaris sebagai konsultan aktuaria dll

Kalau Kamu Suka Akuntansi dan Matematika, Coba Lirik Jurusan Kuliah Aktuaria. Prospek Kerjanya Wow!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©