Yuk, Kenali Jenis-Jenis Program Relawan Berdasarkan Kegiatannya!

Siapa disini yang berminat banget ikutan program relawan, tapi nggak tahu harus ikutan program yang kayak gimana?

Biasanya, program relawan dilakukan atas dasar misi sosial. Tapi, aslinya ada banyaaak banget jenis-jenis program relawan di muka bumi ini, yang berdasarkan kegiatannya dapat dikelompokkan menjadi lima, yaitu:

Relawan administrasi

Secara klasik, administrasi berarti keperluan yang menyangkut catat-mencatat surat-menyurat. Tapi, kalau di kegiatan relawan, sifatnya lebih ke kegiatan yang lebih formil dan merupakan bagian dari suatu kesatuan unit yang harus dijalankan agar dapat mencapai tujuan. Kegiatan relawan administratif bisa ditemukan di hampir semua organisasi atau lembaga yang menawarkan program relawan, terutama dalam kegiatan yang di balik meja.

Contoh program: hampir semua lembaga dan organisasi membuka lowongan dalam program ini. Jatohnya, sih, lebih seperti program magang yang nggak dibayar!

1

Relawan edukasi

Dari namanya pasti udah ketebak, deh, ya, kalau kegiatan ini banyak melibatkan kegiatan ajar mengajar. Tapi ternyata nggak cuma sekadar menjadi guru atau tenaga pengajar untuk anak-anak di daerah yang membutuhkan, kegiatan relawan edukatif juga meliputi penyuluhan spesifik megenai topik tertentu untuk memberikan pemahaman terhadap isu yang terjadi dalam lingkungan tersebut serta memberikan solusi aplikatif sekaligus membudayakannya kepada mereka.

Contoh program: Greenpeace Indonesia, YAIDS, Indonesia Mengajar

Relawan konservasi

Kepedulian terhadap sekitar nggak harus selalu dalam bentuk bantuan pada sesama manusia aja, kok. Kalau kamu juga turut peduli dengan pelestarian lingkungan seperti binatang dan tumbuhan, kamu bisa banget ikutan program relawan konservasi. Pastinya program konservasi ini menitikberatkan permasalahan titik kepunahan suatu spesies dalam bentuk penangkaran atau eksplorasi lebih jauh untuk meneliti ekosistem tertentu.

Contoh program: WWF, Profauna Indonesia

Relawan humanis

Bisa dibilang kegiatan inilah yang membuat kata relawan terdengar familiar di telinga kamu. Kegiatan relawan ini meliputi aksi kemanusiaan yang lebih mendalam seperti penyelamatan pengungsi dan rumah sakit, masyarakat daerah rawan dan terpencil, anak-anak kurang beruntung, korban bencana alam, epidemi penyakit menular, sampai penjaga perdamaian. Kamu yang berminat untuk mengikuti program ini pastinya harus memiliki skill, keyakinan dan komitmen yang ekstra.

Contoh program: PMI, United Nation Volunteer

2

Relawan acara

Kegiatan relawan satu ini bersifat jauh lebih fleksibel dan seasonal karena hanya diadakan dalam waktu-waktu tertentu oleh suatu pihak, dan tentunya bersifat lebih profesional karena menyangkut program kerja dari suatu lembaga atau organisasi korporat yang lebih besar. Tapi, bukan berarti tanggung jawab yang didapatkan nggak kalah berat, ya!

Contoh program: Volunteer konferensi seperti yang diselenggarakan TedX dan Tech in Asia, atau volunteer festival lokal seperti Pesta Rakyat atau Pekan Raya Jakarta.

***

Biar makin afdol, jangan lupa pilih program dengan kegiatan yang sesuai dengan minat dan kemampuan yang kamu punya, ya.

Selamat menentukan pilihan!

(sumber gambar: shutterstock.com, workingabroad.com, 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 9 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 19 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1