7 Tips Buat Kamu Agar Semangat Menjalani Hari Senin

"Kenapa, sih, Sabtu Minggu terasa sangat cepat?", "Perasaan baru saja Jumat, kenapa tiba-tiba sudah hari Senin lagi saja, ya?", "Kenapa, sih, Senin sampai Jumat rasanya lambat sekali, tapi Sabtu dan Minggu terasa sangat cepat?", "Padahal baru juga leyeh-leyeh, eh, udah hari Senin lagi" dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan lainnya yang dilontarkan ketika seseorang merasa bahwa weekend sangatlah cepat berakhir, sedangkan weekday terasa berjalan sangat lambat.

Well, hal tersebut sangat sering terjadi, kok, gaes. Saya pun sering merasa kalau weekend merupakan hari-hari yang sangat cepat berlalu dibandingkan weekdays. Hari Senin hingga Jumat terasa sangat lambat sekali berganti. Saya yakin betul, pasti, kamu pun merasakan hal yang sama, kan, gaes?

Nah, daripada kita menanyakan kenapa weekdays selalu berakhir lebih cepat daripada weekend, lalu kamu pun malas memulai harimu di hari Senin, yuk, deh, ikuti tips berikut ini agar kamu nggak merasa malas dan lebih semangat menjalankan kegiatan di hari Senin!

1. Persiapkan hal-hal yang kamu butuhkan untuk hari Senin di hari Minggu

siap-siap sebelum hari senin

 Buat kamu yang masih bersekolah, pasti banyak dari kamu yang merapikan buku sekolahmu untuk jadwal hari Senin di pagi hari pada hari Senin juga. Banyak dari kamu pasti merasa malas untuk merapikan buku pelajaranmu atau seragammu pada hari Minggu karena kamu merasa bahwa hari tersebut masihlah hari libur. Padahal kamu bisa, lho, merapikan buku-bukumu dan seragam sekolahmu pada hari Minggu.

Kalau kamu mau merapikan seragammu dan juga buku sekolahmu di hari Minggu, setidaknya, di hari Senin pada pagi hari, kamu nggak akan merasa terburu-buru karena kamu belum menyiapkan keperluan sekolahmu. Well, bisa dikatakan, kalau kamu terbutu-buru, bukannya kamu menikmati pagi hari, yang ada kamu akan merasa panik. Kalau sudah panik karena terburu-buru, bisa saja kamu merasa kesal dan lelah. Kalau sudah seperti itu, yang ada kamu menjadi nggak semangat menjalani aktivitas di hari Senin, deh. Yuk, segera siapkan keperluanmu di hari Senin pada hari sebelumnya, ya!

2. Tidur lebih awal di hari Minggu

Nah, karena besoknya kamu akan memiliki banyak aktivitas, kamu perlu banget untuk tidur lebih awal di hari Minggu. Kenapa, sih, kok, kamu harus tidur lebih awal di hari Minggu? Well, jawabannya ialah agar kamu memiliki waktu yang banyak untuk beristirahat sehingga pada keesokan harinya kamu nggak merasa mengantuk dan malas beranjak dari tempat tidur.

Kalau kamu sudah memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat, saya yakin kamu akan bangun dengan keadaan yang segar pada esok harinya. Kalau kamu bangun dengan keadaan tubuh yang segar, pasti kamu akan lebih ceria menghadapi hari Senin. Selain kamu merasa segar, kamu pun nggak akan merasa mengantuk ketika kamu sedang menghadapi hari Seninmu. Maka dari itu, gaes, yuk, tidur lebih awal di hari Minggu, ya!

3. Bangun lebih awal di hari Senin

bangun lebih pagi

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, nih, gaes, kalau kamu tidur lebih awal di malam hari pada hari Minggu, kamu pastinya akan bangun lebih awal, kan, di hari Senin? Dengan begitu, kamu bisa melakukan banyak hal di Senin pagi. Hal, apa saja, ya, yang bisa kamu lakukan di Senin pagi?

Well, kamu bisa melakukan olahraga pagi, membantu orangtua untuk membenah rumah, merapikan kamarmu sendiri, menyiram tanaman bahkan kamu masih bisa, lho, membaca buku yang menarik sebelum kamu berangkat beraktivitas. Bangun lebih awal di hari Senin, tentunya juga akan memberikanmu rasa semangat untuk menjalani hari-harimu. Kalau kamu sudah semangat, pastinya, kamu nggak akan lagi, deh, merasa malas dan hanya ingin tiduran di kamarmu.

4. Lakukan olahraga ringan

Nah, masih berhubungan juga, nih, sama poin sebelum-sebelumnya. Kalau kamu tidur lebih awal di hari Minggu malam dan bangun lebih pagi di hari Senin pagi, kamu pastinya masih punya banyak waktu, kan, untuk melakukan aktivitas lainnya selain bersiap-siap diri untuk berangkat sekolah, kuliah atau bekerja?

Daripada kamu tidur-tiduran lagi, ada baiknya kamu mencoba untuk olahraga ringan. Olahraga ringan contohnya seperti apa, sih? Olahraga yang ringan maksudnya seperti jogging pagi sekitaran rumah, workout dengan gerakan sederhana di rumah dan sebagainya. Seperti yang sudah kita ketahui, selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, olahraga pun dapat memproduksi hormon yang dapat membuatmu bahagia, lho! Nah, karena berolahraga ini, akhirnya kamu pun jadi lebih bersemangat dalam menjalani hari Seninmu!

5. Jangan lupakan sarapan

jangan lupa sarapan

Banyak orang yang melupakan sarapan sebelum mereka menjalankan aktivitasnya di pagi hari. Padahal sarapan itu merupakan kegiatan yang cukup penting, lho. Kenapa, sih, kok, sarapan itu penting? Wah, jelas, dong, penting, karena sarapan itu sendiri akan memberikanmu banyak manfaat seperti kamu menjadi lebih fokus, meningkatkan mood, memberikanmu nutrisi, dapat menjadi sumber tenaga dan sebagainya.

Tapi, perlu kamu ingat, nih, gaes, sarapanlah dengan makanan-makanan yang sehat, ya! Makanan sehat yang dimaksud ialah makanan yang mengandung biji-bijian utuh seperti sereal, protein yang bisa didapat dari ayam ikan, telur rebus, susu tanpa lemak dan kamu pun perlu memakan makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, gandum, roti dan sebagainya. Dengan kandungan yang disebutkan di atas, tentu kamu dapat merasa kenyang dalam beberapa jam dan tentunya lebih semangat dalam menghadapi kegiatan-kegiatan di hari Senin!

6. Jangan pikirkan hal-hal yang tidak menyenangkan

Well, mau bagaimana pun, semuanya pasti dipengaruhi oleh apa yang ada di kepalamu. Kalau kamu memikirkan sesuatu yang nggak menyenangkan, pasti kamu pun akan merasa demikian. Kalau kamu memikirkan sesuatu yang menyenangkan, pasti kamu pun akan merasa senang dan bersemangat.

Maka dari itu, gaes, agar kamu nggak membenci hari Senin dan lebih semangat menjalani kegiatan di hari Senin, kamu jangan berpikir hal-hal yang nggak menyenangkan, ya. Cobalah ganti pola pikirmu bahwa hari Senin merupakan hari yang menyenangkan. Tetapkan pada dirimu sendiri bahwa kamu pasti bisa menyelesaikan semua kegiatanmu di hari Senin dengan baik dan menyenangkan!

7. Dengarkan musik yang bikin kamu semangat

Kalau kamu bosan dengan perjalananmu pergi ke sekolah, kampus atau ke kantor, kamu wajib banget, nih, untuk coba mendengarkan lagu-lagu yang membuatmu semangat. Biasanya, lagu itu merupakan suatu hal yang dapat mengubah suasana hati, lho. Maka dari itu, cobalah buat playlist lagu di handphone-mu dan dengarkan lagu itu untuk menyenangkan dan memberikan rasa semangat kepada dirimu sendiri!

***

Ternyata, banyak, ya, hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menyemangati dirimu sendiri untuk menghadapi berbagai kegiatan di hari Senin. Meskipun banyak dari kamu yang menganggap bahwa hari Senin itu menyebalkan dan terasa sangat lama hingga ke hari weekend, akan tetapi, kamu pun harus tetap semangat, ya, dalam menjalani hari-hari weekday-mu! Semangat beraktivitas di hari Senin, ya!

Baca juga:

(Sumber gambar: everydaypowers.com, lifelinescreening.com, thedailymeal.com, trulytafakari.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1