Menu

8 Tips Mengembalikan Semangat Sekolah setelah Liburan Panjang

Siapa sih yang nggak suka dengan liburan. Buat saya dan kebanyakan orang, liburan merupakan hal yang ditunggu-tunggu—apalagi kalau liburannya itu berminggu-minggu. Soalnya, cuma selama liburan aja kita bisa melakukan banyak hal dan melakukan berbagai kegiatan menyenangkan yang sulit untuk didapatkan di hari-hari efektif sekolah.

Well, karena hal itu jugalah banyak orang yang loyo di minggu-minggu pertama sekolah setelah libur panjang. Trus gimana, sih, caranya supaya bisa mengembalikan semangat sekolah pasca libur panjang?

Nah, cobalah beberapa trik di bawah berikut ini biar nuansa libur panjang yang sudah berlalu nggak membuat kamu malas untuk masuk sekolah kembali.

1. Ingat bahwa ini bukan libur panjang pertamamu. Coba kamu ingat-ingat lagi! Sampai liburan kemarin sudah berapa kali kamu mendapatkan masa liburan panjang? Sudah banyak sekali bukan?

Jadi, kalau tahun-tahun sebelumnya kamu bisa mengatasi rasa malas setelah libur panjang, kenapa tahun ini nggak? Bahkan bila perlu paksa diri untuk siap berangkat sekolah dan tanamkan pada dirimu dengan satu kalimat sakti “ini demi masa depan yang lebih baik!”.

2. Mengingat momen di sekolah yang menyenangkan. Nggak cuma momen liburan aja yang menyenangkan, gaes. Di sekolah pun kamu pasti punya momen seru nan menyenangkan, dong.

Misalnya aja, kenangan lucu saat bersama teman di kelas, momen saat kumpul-kumpul di organisasi sekolah, atau mungkin kenangan indah bareng gebetan di sekolah (cie.. cie..).

3. Berani keluar dari zona malas. Setelah berleha-leha dan bersantai selama liburan, kini kamu harus mampu berani keluar dari zona kemalasan. Rasa malas hanya akan membuat semangatmu pudar, bangkit dan lawan rasa itu agar bisa kembali bersemangat!

Ya, pada awalnya emang terasa berat, tapi percaya, deh, rasa malas akan hilang seiring dengan keberanianmu meninggalkannya.

4. Olahraga sebelum berangkat sekolah. Ini juga jadi salah satu poin penting untuk meningkatkan semangat. Soalnya badan yang segar akan memperbesar tingkat produktivitas yang bisa kamu hasilkan.

Usahakan bangun pagi dan lakukanlah stretching alias meregangkan tubuh sebelum kamu memulai rutinitas dan mengeluarkan banyak energi.

5. Gunakan sesuatu yang baru. Fyi, menggunakan sesuatu yang baru atau berbeda itu akan membuatmu merasa lebih bersemangat dan antusias saat harus balik ke rutinitas sekolah.

Nggak melulu sepatu baru, tas baru, atau perlengkapan sekolah lainnya yang baru, kok. Kalau orang tuamu nggak punya uang berlebih untuk membelikan itu semua, kamu cukup mengganti model rambut baru aja biar kelihatan lebih fresh. Tapi ingat, ya, tetap harus rapi!

6. Selalu berpikiran positif. Tahu kan apa yang membuat sekolah itu membosankan? Yups! Mulai dari aktivitas belajar mengajar, bangun pagi-pagi, hingga setumpuk tugas seolah, bisa jadi alasan kuat kenapa kamu malas pergi sekolah lagi.

Jadi, untuk mengatasinya, cobalah untuk selalu menganggap sekolah itu sebagai hal yang menyenangkan. Dijamin, deh, yang namanya malas berangkat sekolah sudah nggak ada dalam kamus hidupmu dan nggak akan mengganggu jalanmu menuju sukses.

7. Kembali fokus pada target, mimpi, dan tujuan. Langkah efektif selanjutnya untuk membuat semangatmu kembali meningkat, yaitu dengan selalu mengingat target, mimpi, dan tujuanmu.

Kalau kamu ingin jadi peringkat utama di kelas semester depan atau ingin memperbaiki nilai-nilaimu di rapor. Tentunya kamu harus usaha ekstra saat belajar dan fokus mewujudkan mimpimu.

focus on your dream

8. Menghindari hal yang bisa membuatmu nggak semangat belajar. Last but not least. Tips yang satu ini adalah cara mengembalikan semangat belajarmu saat di rumah. Kamu bisa ciptakan playlist lagu favoritmu atau menyediakan asupan makanan untuk mengantisipasi rasa kesal dan bete yang bisa muncul mendadak saat kamu sedang belajar!

Soalnya memiliki moodbooster demi menjaga semangatmu yang sudah membara untuk kembali beraktivitas itu penting banget, gaes.  Jadi, jangan sampai ada hal sederhana yang bisa mengacaukan mood sehingga kamu nggak lagi bergairah utuk belajar, ya.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: depositphotos.com, blogs.oracle.com, dogearpages.blogspot.com)

LATEST COMMENT
Genius Revanza | 1 hari yang lalu

Wahhhh bagus ni kak artikel nya next sma sama smk kak hehe

5 Kemampuan yang Sama-Sama Dimiliki Anak IPA dan IPS
Khusnul Khotimah Hamzah | 6 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©