8 Tips Mengembalikan Semangat Sekolah setelah Liburan Panjang

Siapa sih yang nggak suka dengan liburan. Buat saya dan kebanyakan orang, liburan merupakan hal yang ditunggu-tunggu—apalagi kalau liburannya itu berminggu-minggu. Soalnya, cuma selama liburan aja kita bisa melakukan banyak hal dan melakukan berbagai kegiatan menyenangkan yang sulit untuk didapatkan di hari-hari efektif sekolah.

Well, karena hal itu jugalah banyak orang yang loyo di minggu-minggu pertama sekolah setelah libur panjang. Trus gimana, sih, caranya supaya bisa mengembalikan semangat sekolah pasca libur panjang?

Nah, cobalah beberapa trik di bawah berikut ini biar nuansa libur panjang yang sudah berlalu nggak membuat kamu malas untuk masuk sekolah kembali.

1. Ingat bahwa ini bukan libur panjang pertamamu. Coba kamu ingat-ingat lagi! Sampai liburan kemarin sudah berapa kali kamu mendapatkan masa liburan panjang? Sudah banyak sekali bukan?

Jadi, kalau tahun-tahun sebelumnya kamu bisa mengatasi rasa malas setelah libur panjang, kenapa tahun ini nggak? Bahkan bila perlu paksa diri untuk siap berangkat sekolah dan tanamkan pada dirimu dengan satu kalimat sakti “ini demi masa depan yang lebih baik!”.

2. Mengingat momen di sekolah yang menyenangkan. Nggak cuma momen liburan aja yang menyenangkan, gaes. Di sekolah pun kamu pasti punya momen seru nan menyenangkan, dong.

Misalnya aja, kenangan lucu saat bersama teman di kelas, momen saat kumpul-kumpul di organisasi sekolah, atau mungkin kenangan indah bareng gebetan di sekolah (cie.. cie..).

3. Berani keluar dari zona malas. Setelah berleha-leha dan bersantai selama liburan, kini kamu harus mampu berani keluar dari zona kemalasan. Rasa malas hanya akan membuat semangatmu pudar, bangkit dan lawan rasa itu agar bisa kembali bersemangat!

Ya, pada awalnya emang terasa berat, tapi percaya, deh, rasa malas akan hilang seiring dengan keberanianmu meninggalkannya.

4. Olahraga sebelum berangkat sekolah. Ini juga jadi salah satu poin penting untuk meningkatkan semangat. Soalnya badan yang segar akan memperbesar tingkat produktivitas yang bisa kamu hasilkan.

Usahakan bangun pagi dan lakukanlah stretching alias meregangkan tubuh sebelum kamu memulai rutinitas dan mengeluarkan banyak energi.

5. Gunakan sesuatu yang baru. Fyi, menggunakan sesuatu yang baru atau berbeda itu akan membuatmu merasa lebih bersemangat dan antusias saat harus balik ke rutinitas sekolah.

Nggak melulu sepatu baru, tas baru, atau perlengkapan sekolah lainnya yang baru, kok. Kalau orang tuamu nggak punya uang berlebih untuk membelikan itu semua, kamu cukup mengganti model rambut baru aja biar kelihatan lebih fresh. Tapi ingat, ya, tetap harus rapi!

6. Selalu berpikiran positif. Tahu kan apa yang membuat sekolah itu membosankan? Yups! Mulai dari aktivitas belajar mengajar, bangun pagi-pagi, hingga setumpuk tugas seolah, bisa jadi alasan kuat kenapa kamu malas pergi sekolah lagi.

Jadi, untuk mengatasinya, cobalah untuk selalu menganggap sekolah itu sebagai hal yang menyenangkan. Dijamin, deh, yang namanya malas berangkat sekolah sudah nggak ada dalam kamus hidupmu dan nggak akan mengganggu jalanmu menuju sukses.

7. Kembali fokus pada target, mimpi, dan tujuan. Langkah efektif selanjutnya untuk membuat semangatmu kembali meningkat, yaitu dengan selalu mengingat target, mimpi, dan tujuanmu.

Kalau kamu ingin jadi peringkat utama di kelas semester depan atau ingin memperbaiki nilai-nilaimu di rapor. Tentunya kamu harus usaha ekstra saat belajar dan fokus mewujudkan mimpimu.

focus on your dream

8. Menghindari hal yang bisa membuatmu nggak semangat belajar. Last but not least. Tips yang satu ini adalah cara mengembalikan semangat belajarmu saat di rumah. Kamu bisa ciptakan playlist lagu favoritmu atau menyediakan asupan makanan untuk mengantisipasi rasa kesal dan bete yang bisa muncul mendadak saat kamu sedang belajar!

Soalnya memiliki moodbooster demi menjaga semangatmu yang sudah membara untuk kembali beraktivitas itu penting banget, gaes.  Jadi, jangan sampai ada hal sederhana yang bisa mengacaukan mood sehingga kamu nggak lagi bergairah utuk belajar, ya.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: depositphotos.com, blogs.oracle.com, dogearpages.blogspot.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 23 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1