3 Cara Efektif Supaya Tetap Semangat dan Termotivasi untuk Belajar

Sebagai pelajar atau mahasiswa, kita pasti pernah mengalami yang namanya malas belajar. Jangankan untuk mengahapal atau mengerjakan soal, megang bukunya aja males banget! Biasanya, malas belajar sering terjadi karena kita kelelahan nongkrong sama teman-teman.

Tapi, nilai harus terus dipertahankan, sob! Tetap semangat dan termotivasi untuk belajar udah wajib banget hukumnya. Nah, kali ini Youthmanual mau ngasih tips supaya kamu tetap termotivasi untuk belajar. Jangan sampai nilai anjlok gara-gara nggak mood belajar!

1. Bayangkan tujuan dan masa depan kamu

3 Cara Efektif Supaya Tetap Semangat dan Termotivasi untuk Belajar 1

Ciyeee, serius banget nih suruh bayangin masa depan. Ternyata menurut penelitian psikologi marketing di Amerika, cara ini justru malah menggerakkan semangat kita untuk mengerjakan hal yang selama ini kita tunda-tunda.

Jadi coba bayangkan nilai besar yang bakal kamu dapat, beasiswa yang kamu incar, kelulusan kamu, kampus idaman, tempat kerja idaman atau bahkan calon pasangan rumah idaman. Nah, semua itu nggak akan pernah tercapai (atau bakal lebih lama tercapai) kalau kamu nggak kerja keras dari sekarang. Bilang sama diri sendiri, rajin belajar adalah anak tangga yang bakal membawa kamu naik ke tujuan besar dan cita-cita kamu.

2. Buat target-target kecil yang mudah dicapai

3 Cara Efektif Supaya Tetap Semangat dan Termotivasi untuk Belajar 2

Kalau sudah membayangkan tujuan besar, sekarang saatnya bikin target kecil tapi mudah dicapai untuk bikin kamu terus “begerak” ke tujuan tersebut. Menyelesaikan target kecil akan lebih mudah dibanding menyelesaikan target besar sekaligus. Misalnya, kamu pasti malas membayangkan mengahadapi seminggu penuh ujian minggu depan. Tapi kalau kamu break down jadwal belajar menjadi perhari (bahkan per jam!) otak kamu terstimulasi untuk melihat hal tersebut sebagai sesuatu yang mungkin untuk dikerjakan.  

Contoh:

Jumat: Ngumpulin catatan-catatan pelajaran yang bakal masuk ke ujian

Sabtu: Bikin catatan kecil dari tiap pelajaran (bisa setengahnya aja dulu, soalnya mau malam mingguan)

Minggu: Menyelesaikan setengah catatan sisa

Senin: Mulai belajar catatan mata pelajaran A dan B

Selasa: Mulai belajar catatan mata pelajaran C dan D

Rabu: Review semua mata pelajaran

Kamis: Mengerjakan contoh soal dan cari sumber informasi lain

3. Cari teman belajar

3 Cara Efektif Supaya Tetap Semangat dan Termotivasi untuk Belajar 3

Hal lain yang bakal membantu kamu tetap termotivasi untuk belajar adalah punya teman untuk belajar bersama. Teman belajar bisa satu geng, atau bahkan cuma satu orang. Intinya, kalian harus bisa saling memotivasi kalau lagi bete.

Tapi hati-hati ya, gaes. Jangan cari teman belajar yang justru bikin kamu lebih banyak becanda dan hang out daripada belajarnya. Buat menghindari hal ini, kalian bisa bikin kesepakatan. Misalnya, fokus belajar masing-masing selama satu jam lalu istirahat setengah jam. Setelah itu, kalian bisa diskusi bersama untuk review topik tertentu selama setengah jam. Ulangi cara ini tiap membahas jadwal pelajaran atau mata kuliah yang berbeda.

Baca juga:

(sumber gambar: savvypremed.com, reframing studio.com, wikihow, blog.voki.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Crypton | 17 hari yang lalu

Setelah 2018 ingin masuk oseanografi di postingan ini dan sekarang sudah semester 9, sangat bersyukur bisa ada di oseanografi.. Next S2 Ocean Instrumentation!!

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
Olinnn | 20 hari yang lalu

Open pp/endorse cek ig : pragunawati_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1