Bagaimana Mengubah Hidup Kamu Menjadi Lebih Baik dalam Waktu Satu Bulan

Seorang blogger asal Rusia, Svetlana Pokrevskaya, menulis 12 langkah untuk mengubah hidup menjadi lebih baik dalam satu bulan. Tulisannya menjadi viral setelah diangkat salah satu situs lifestyle di Amerika. Awalnya, Svetlana membuat target menjadi orang yang lebih baik untuk dirinya sendiri. Lalu banyak pembaca yang ingin tahu dan mengikuti langkahnya.

Setiap minggu, ada tiga hal yang harus dilakukan dan terus dilakukan selama satu bulan penuh. Berikut langkah-langkahnya!

Minggu ke-1: Membersihkan pikiran dan tubuh

1. Mulai segala sesuatu di saat subuh atau paling nggak jam 6 pagi. Pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk diri sendiri sebelum kamu diterpa kesibukan seharian. Pagi hari juga bisa jadi masa “damai” untuk memutuskan apa yang bakal kamu lakukan hari ini. Kamu bisa membuat daftar prioritas dengan pikiran tenang dan semangat yang masih full!

2. Konsumsi makanan sehat. Jauhi alkohol, rokok, gorengan berlebihan, dan junk food. Tubuh selalu punya cara buat ngasih peringatan kalau udah mengkonsumsi terlalu banyak makanan nggak sehat. Misalnya, perut kamu bakal kembung kalau terlalu banyak minum soda, kulit kamu terasa kering kalau terlalu sering makan junk food dan lain sebagainya. Menurut Svetlana, cobalah “mendengarkan” tubuh kamu dengan lebih baik.

3. Mulailah berolahraga dengan teratur. Banyak manfaat yang bisa kamu dapat dengan berolahraga. Kalau kamu bener-bener malas atau nggak sempat, coba lakukan tips ini.

Minggu ke-2: Mengatur hal-hal pribadi dengan baik

4. Bersihkan lemari dan barang-barang bekas. Pisahkan semua baju dan barang nggak terpakai. Setelah dipisahkan, sumbangkan semuanya. Bahkan sesuatu yang bagus sekalipun kalau nggak terpakai cuma bakal bikin tempat kamu jadi sempit. Mending disumbangkan, gaes. Siapa tahu barang-barang itu lebih bermanfaat untuk orang lain.

5. Lakukan hal yang dari dulu pengen kamu lakukan. Misalnya, kalau kamu pengen belajar Bahasa Asing, jangan tunda lagi niat itu. Mulailah beli kamus dan kumpulkan film atau lagu berbahasa asing tersebut. Atau kalau kamu janji buat mengunjungi nenek kamu, segeralah lakukan janji itu. Intinya, lakukan segera hal-hal yang harus kamu lakukan, atau coret sekalian.

6. Let’s move on dari hubungan sosial yang nggak bikin happy atau nggak bikin kamu berkembang. Misalnya, jangan lagi terlibat dalam persahabatan yang beracun atau mantan yang bikin galau. Belajarlah untuk bilang nggak terhadap sesuatu yang bikin hidup kamu cuma jalan di tempat.

Bagaimana Mengubah Hidup Kamu Menjadi Lebih Baik 1 - Youthmanual

Minggu ke-3: Merencanakan mimpi

7. Tulislah to do list setiap hari. Bukan cuma hal-hal serius terkait sekolah/kuliah kamu, tapi kamu juga harus menulis hal-hal yang ringan dan bikin kamu santai. Misalnya, nongkrong sama teman-teman atau beli kado untuk orang-orang terdekat.

8. Buat daftar impian yang paling aneh dan nggak mungkin. Catatan ini mungkin bakal jadi catatan kamu paling absurd, tapi ini akan selalu memotivasi kamu untuk terus bergerak ke depan. Tempel catatan ini di tempat yang mudah kamu lihat seperti buku harian atau dinding kamar.

9. Tulis juga secara detil kondisi keuangan kamu. Hal ini dilakukan supaya kamu bisa melihat apakah kamu bisa menyisihkan uang buat sesuatu yang lebih besar seperti liburan atau beli barang yang kamu pengen.

Bagaimana Mengubah Hidup Kamu Menjadi Lebih Baik 2 - Youthmanual

Minggu ke-4: Memperluas pandangan tentang hidup

10. Cobalah untuk hidup dengan cara yang berbeda. Maksudnya, lakukan hal kecil yang biasanya nggak kamu lakukan tapi sebetulnya bermanfaat. Misalnya, kalau tadinya kamu nggak doyan sayur, mulai deh untuk mencobanya. Atau misalnya, pergi ke sekolah/kampus dengan rute lain yang berbeda. Siapa tahu kamu bisa ketemu gebetan hal baru di jalan yang belum pernah kamu tempuh.

11. Sering banget ‘kan dengar istilah “get out of your comfort zone”. Nah, sebetulnya tahap ini sama dengan poin pertama, tapi lebih ektrim. Misalnya, bikin proposal pensi sekolah yang lain dari biasanya, naik gunung, atau bikin proyek bisnis/charity kecil-kecilan. Pokoknya, tantang diri kamu sendiri untuk melakukan hal positif yang lebih besar.

12. Take a break. Ngasih pujian dan bonus buat diri sendiri itu perlu, lho. Bahkan Svetlana menyarankan untuk sesekali menghabiskan waktu sendirian di rumah, nggak ngapa-ngapain sebagai bagian dari hadiah buat diri sendiri. Take a break untuk merenung udah sejauh mana kamu mengubah hidup kamu menjadi lebih baik.

(Sumber gambar: iloveinspiration.nl, goodfoodbetterlife.com, powerofpositivity.com, 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 25 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1