Malas Olahraga? Cobain Dua Strategi Ini, Deh!

Malas olahraga kayaknya emang penyakit hampir setiap orang ya, gaes. Padahal, manfaat olahraga bagus banget buat kesehatan tubuh kita.

Stacey Griffits, seorang instruktur gym di Amerika mengadakan sebuah penelitian tentang motivasi seseorang biar tetap berolahraga. Menurut Stacey, ini dia strategi psikologis yang bisa kita coba supaya bebas mager!

1. Bikin playlist yang bagus

Menurut Stacey, musik adalah komponen yang efektif untuk membuka aliran darah dan kekuatan positif di dalam tubuh sebagian besar orang. Jadi ketika kamu mau mulai berolahraga, pilihan musik yang enerjik bakal sangat mempengaruhi semangat kamu. Jadi lagu-lagu mellow yang bikin kamu inget mantan disimpan dulu ya, gaes.

Tips Olahraga 1 - Youthmanual

Ini langkah memilih musik yang bisa kamu terapkan:

a. Buat playlist berisi sebanyak-banyaknya musik yang kamu suka. Kamu juga bisa browsing atau minta rekomendasi tema di Spotify dan iTunes.

b. Dari sekian banyak lagu yang sudah kamu pilih, tentukan 10 lagu yang menurut kamu super oke.

Lagu pertama adalah lagu pemanasan yang bikin kamu punya visualisasi positif dalam mencapai goal dan bikin semangat kamu terbakar. Misalnya, Fireworks-nya Katty Perry, Skyscraper-nya Demi Lovato atau Viva La Vida-nya Coldplay.

Selanjutnya, pilih delapan lagu yang catchy dan bikin kamu merasa super nyaman! Lagu yang bikin kamu pengen goyang meskipun cuma sekedar goyang bahu dan kepala. Misalnya, Sorry-nya Justin Bieber.

Terakhir, pilih lagu pendinginan yang menenangkan. Lagu ini harus bisa bikin kamu rileks untuk cooling down dan meditasi.

c. Kasih nama playlist kamu sesuai afirmasi yang bikin kamu tambah semangat. Misalnya, “MOTIVATE ME”, “BURUAN OLAHRAGA BIAR SEGER KAYAK MIRANDA KERR”, “MAU PUNYA BODY KAYAK RONALDO NGGAK?”.

Tips Olahraga 2 - Youthmanual

2. Cari teman olahraga yang seru

Menurut Stacey, supaya kamu bisa rajin olahraga, kamu harus punya kelompok atau komunitas yang punya ketertarikan yang sama terhadap olahraga dan pola hidup sehat.

Ini terjadi banget sama saya. I have my running mates. Isi geng lari saya adalah orang-orang gokil yang semangat ngajak saya lari tiap minggu. Memang, sih, kami semua nggak jago-jago banget olaharaga. Tetapi semangat buat ketemu dan kumpul-kumpul bikin kami jadi nggak malas.

Coba mulai bentuk geng olahraga bersama orang-orang yang terdekat. Misalnya, ajak adik atau kakak kamu rutin olahrga. Kamu juga bisa ajak teman se-geng di sekolah atau kampus. Siapa tahu sebetulnya mereka mau olahraga, tetapi mager juga karena nggak ada teman.

Kalau orang-orang terdekat kamu nggak ada yang berminat terhadap olahraga, coba Google kelas-kelas olahraga yang dekat rumah, seperti kelas yoga, Zumba, TRX, Crossfit atau sejenisnya. Kalau sudah ikutan, nanti kamu bakal ketemu dengan orang-orang yang punya minat olahraga yang sama dengan kamu. Trus tinggal bikin genk ala-ala #Pertemanansehat di media sosial, deh!

Tips Olahraga 3 - Youthmanual

(sumber foo: skinnyms.com, pinterest.com, kapanlagi.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Shannon Belinda | 4 jam yang lalu

Open endorsement @shannonbelindaa just dm for rate card thank you

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Agustin Lutfianty | 2 bulan yang lalu

Kunjungi website kami di https://walisongo.ac.id

World Suicide Prevention Day: Seberapa Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa?
Tiara Windi | 3 bulan yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1