Cara Aneh Tapi Efektif Untuk Menekan Kebiasaan Makan Junk Food

Buat kamu yang mungkin belum paham, nama junk food tercipta berdasarkan nilai nutrisi yang ada didalamnya. Sebuah makanan dikategorikan sebagai Junk food, kalau makanan tersebut adalah makanan olahan yang mengandung banyak sodium, kalori, dan/atau lemak dengan sedikit nutrisi yang dibutuhkan tubuh, sehingga membuatnya nggak berfaedah.

Nggak heran, sih, kalau banyak banget orang yang “ketagihan” makan junk food. Soalnya MSG dan gulanya bikin nagih, sob! Padahal kalau kebanyakan makan makanan yang nggak bermanfaat, cepat atau lambat, tubuh pasti akan merasakan dampaknya. Contoh simpelnya, let’s just say, berat badan kamu bakal naik banget.

Kalau kamu kesulitan untuk mengurangi atau bahkan berhenti total mengonsumsi junk food kayak ngajak ngobrol gebetan, coba ikuti cara-cara "aneh" (tapi manjur) dari para ahli untuk menekan junk food craving kamu. Simak, gaes!

1. Mandi dengan air hangat

air hangat

Tahu nggak kalau pemicu terbesar “ngidam” junk food kamu berasal dari stres? Ngaku, deh, pasti banyak dari kamu yang langsung jajan ke minimarket terdekat kalau lagi mumet!

Mandi dengan air hangat dipercaya dapat mengontrol tingkat stres, karena mandi air hangat bisa melepaskan hormon endorphin yang bakal bikin kamu rileks. Selain mandi air hangat, kamu juga bisa mencoba cara-cara lain untuk mengendalikan stres. Pokoknya ingat, no stress, no cravings!

2. Jangan pernah tunggu sampai terlalu lapar

terlalu lapar

Entah kamu masih pelajar atau udah jadi mahasiswa, we get it, kamu pasti sibuk luar biasa. Tapi mentang-mentang sibuk, bukan berarti kamu boleh menunda makan sampai kamu kelaparan.

Karena biasanya, kalau kamu merasa terlalu lapar, kamu bakal jadi tambah kepengen ngemil junk food, bukan makan makanan berat yang bernutrisi baik. Apalagi kalau kamu lagi sibuk dan kepepet waktu. Meskipun keripik kentang atau bahkan burger bisa mengganjal perut, tapi efeknya nggak akan lama. Baru selesai makan, eh sudah lapar lagi. Akibatnya kamu akan mengonsumsi junk food dengan porsi lebih banyak.

Jadi, mulai sekarang, makanlah dengan tepat waktu, ya, gaes!

3. Ganti cemilan dengan buah-buahan

snack buah

Ngemil itu sebenarnya nggak dosa, kok, sob. Tapi kalau ngemilnya junk food terus, yang ada kamu jadi berdosa sama tubuh kamu!

Daripada ngemilin keripik bermicin atau makanan olahan instan lainnya, ada baiknya kamu memilih buah-buahan sebagai cemilan kamu. Kandungan gula yang ada pada buah bisa bikin kamu merasa kenyang lebih lama dibandingkan junk food.

Kalau kamu nggak suka-suka amat makan buah, keep expanding your horizon. Banyak banget jenis buah yang ada di luar sana yang mungkin bakal cocok dengan selera kamu.

4. Belajar memasak

belajar masak

Awalnya saya juga heran, apa hubungannya belajar memasak dengan  menekan kebiasaan makan junk food?

Ternyata ada teori (yang sebenarnya masuk akal) begini dari beberapa ahli gizi: dengan memasak sendiri makanan kamu, kamu jadi tahu bahan-bahan apa saja yang kamu gunakan.

Lama-lama kamu akan menaruh perhatian dengan apa saja yang selama ini kamu konsumsi. Kamu jadi lebih aware dan mindful dengan apa yang kamu makan, nggak sekedar makan apapun “apa yang bisa bikin kamu kenyang”, termasuk junk food. Iya juga, ya?

(sumber gambar: tumblr.com, aolcdn.com, bigthink.com, popsugar.com, theodysseyonline.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1