Cara Efektif Berkomunikasi dengan Orang yang Menyulitkan dan Menyebalkan

Adakalanya kita harus berhadapan sama orang yang tergoling menyulitkan dan menyebalkan. Orang menyebalkan ini bisa orang yang keras kepala, sok tahu, suka mengkritik atau mengekspresikan pendapatnya secara asal-asalan. Untuk menghindari konflik dan supaya kamu nggak stress saat berhadapan dengan mereka, berikut tips yang dirangkum dari situs Bright Side:

Bicaralah pada mereka dengan jelas dan percaya diri

Orang yang menyebalkan biasanya “menyerang” orang yang sikapnya nggak jelas. Makanya, mereka jadi berani bersikap menyulitkan dan menyebalkan.

Misalnya, dia datang terlambat padahal kalian udah janjian di jam yang udah ditentukan. Dia pasti langsung beralasan, “Lo nggak jelas sih bahwa nyampe sini harus jam sepuluh. Gue pikir jam sepuluh itu berangkat dari rumah”.

Berkomunikasi sama orang kayak gini memang kadang makan hati banget, gaes. Makanya, lebih baik kamu berbicara dengan jelas dan detil. Meskipun detil itu seharusnya nggak perlu dijelaskan. Semakin detil suatu informasi, dia bakal semakin sulit mencari bantahan.

Tolak bantuan yang justru malah mempersulit kamu

Ada beberapa tipe orang yang niatnya membantu, tapi malah bikin kita makin repot. Tipe yang kayak gini biasanya pengen menolong, tapi nggak mau susah-susah amat. Zzz…

Misalnya, “Gue mau, sih, pinjemin lo duit. Tapi lo ambilin pesenan baju gue dulu ya, terus anterin ke rumah gue. Sekalian mampir beliin mie ayam kesukaan gue itu, ya”.  Kalau kamu merasa dengan bantuan yang ditawarkan malah menyulitkan kamu, mendingan tolak aja, deh, gaes.

Cape, deeehhh...

Jangan diambil hati atau menyalahkan diri sendiri

Karakter orang yang sering menyulitkan dan menyebalkan kadang nggak bisa dihindari. Jadi, nggak usah baper menghadapi karakter yang begini. 

Misalnya, jangan ambil hati kalau dia mengkritik pekerjaan kamu dengan asal-asalan. Padahal, kamu sudah mengerjakannya mati-matian. Orang yang menyulitkan dan menyebalkan selalu berusaha menjadi penting di hadapan orang lain. Semakin kamu merasa membutuhkan mereka, mereka bakal semakin banyak tingkah.

Jangan ragu untuk menyudahi percakapan

Kalau semua pandangan dan perkataan orang tersebut udah mulai nggak nyambung, jangan ragu untuk menyudahi percakapan ya, gaes. Hal ini baik dilakukan supaya mood kamu nggak terpengaruh.

Misalnya, kalian tadinya lagi membahas gadget yang mumpuni untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah atau kuliah. Termasuk aplikasi bermanfaat yang menunjang pembelajaran. Tiba-tiba, orang yang menyebalkan ini malah memamerkan gadget yang dia punya dan sikap anti terhadap aplikasi yang memudahkan proses belajar.

 

(Sumber gambar: shutterstock.com, wikihow.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
voocccie | 2 bulan yang lalu

I recently decided to try something new and came across bitcoin online casinos https://casinohex.jp/online-casinos/bitcoin-casinos/. I've been interested in cryptocurrency for a long time, but I didn't think it would work so well in casinos. Deposits take seconds, and withdrawals are instant.…

Industri Game Makin Menjanjikan, Inilah Pilihan Profesi Untuk Para Pecinta Game
kebidananUnesa | 3 bulan yang lalu

Yuk teman-teman bisa dibaca artikel dibawah ini yang merasa stress saat kuliah https://s1kebidanan.fk.unesa.ac.id/post/tips-kuliah-tanpa-stres-bisa-kok

7 Tips Ampuh Hadapi Tugas Kuliah yang Numpuk Biar Kamu Tak Merasa Stress
Big Head | 4 bulan yang lalu

Wow, this hobby is pretty cool! If you're interested in reading about other fun hobbies, check it out here: https://hobiapaaja01.wordpress.com

10 Hobi yang Mencerminkan Kepribadianmu
Ica Test | 6 bulan yang lalu

Kuliah di luar negeri bukan hanya soal menempuh pendidikan, tapi juga soal membuka cakrawala baru dalam hidup. Ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan mahasiswa internasional, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Berikut adalah tujuh keuntungan utama kuliah di luar negeri, beserta pemikiran…

7 Keuntungan Kuliah di Inggris
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2025 PT Manual Muda Indonesia ©