Clubbing Boleh, Asal…..

Suka clubbing? Atau malah baru mau nyobain clubbing? Silahkan, sis, bro! Tapi harus diakui, clubbing adalah salah satu kegiatan yang paling disebelin orang tua dan sering dituduh sebagai aktivitas nista bin bahaya. Padahal menurut saya, semua itu tergantung niat dan sudut pandang. Banyak, lho, teman-teman saya yang suka clubbing karena murni ingin joget-joget dan kumpul sama teman. Bukan untuk mabok, berantem, apalagi pakai narkoba.

Meski memang, sih, pada faktanya, club malam juga bisa jadi sumber bahaya. Ada aja orang-orang yang sengaja datang ke club untuk berbuat jahat, atau nggak sengaja berbuat jahat karena berada under the influence. We never know!

Makanya, kalau mau clubbing, perhatikan hal-hal berikut, ya.

Rencanakan transportasi dengan baik

Sebelum berangkat, pastikan dulu, kamu bakal pergi ke dan pulang dari club naik apa dan sama siapa? Bawa kendaraan pribadi, nebeng kendaraan teman, atau naik kendaraan non-pribadi seperti taksi, Uber, Gojek, Grab Bike dan sejenisnya? Rencanakan dengan baik, ya. Jangan sampai kamu nunggu di pinggir jalan tengah malam, hanya karena bingung soal transportasi.

Pikirkan baik-baik soal outfit

Clubbing 1 - Youthmanual

Pakaian kamu bakal merefleksikan kesan tentang kamu, jadi jangan memakai pakaian yang terlalu seksi, terlalu formal, atau malah terlalu gembel. Pokoknya, pakai pakaian yang keren tapi nyaman, lah #ahzek

Pakaian bisa disesuaikan dengan club-nya juga, sih. Misalnya, kalau club-nya adalah club (yang memutar lagu-lagu) hiphop, silahkan aja pakai atribut hiphop seperti topi snapback, jaket agak sporty, dan sneakers kece.

Ngomong-ngomong soal sneakers, kalau kamu berniat joget-joget, jangan pakai sepatu yang ribet seperti heels super tinggi, ya. Mendingan pakai sneakers, deh! Asal tahu aja, sneakers are making a huge comeback in clubs. Sekarang banyak banget clubbers pakai sneakers keren yang pastinya lebih asik dibawa joget. Pakai high heels boleh-boleh aja, tapi pastikan yang nyaman dan pas di kaki.

Pergilah rame-rame. Semakin rame, semakin oke!

Clubbing 2 - Youthmanual

Clubbers yang clubbing bergerombol biasanya lebih aman—alias jarang dijadikan target kejahatan—karena mereka bisa saling menjaga satu sama lain. Selain aman dari kejahatan, bisa jadi aman dari rasa malu joget juga, sob. Daripada joget sendirian, ‘kan lebih pede joget rame-rame, ya nggak? *lalu goyang Poco-Poco*

Khususnya bagi yang cewek-cewek, kalau mau ke toilet di club, sebaiknya bareng teman, deh. Bukan berarti kamu manja, tapi mendingan jangan berkeliaran sendirian selama di club, termasuk ke toilet sekalipun.

Begitu sampai di club, kabari teman, pacar atau keluarga, dan ingat di mana posisi security

Ini hal yang kayaknya remeh, tapi sebenarnya penting. Begitu sampai di club, langsung kabari teman atau keluarga kamu yang nggak ikut clubbing. Kasih mereka nama club kamu plus alamatnya, supaya mereka tahu harus nyamperin kemana kalau misalnya kamu butuh bantuan.

Trus, hapalkan lokasi security berjaga. Biasanya mereka ada di pintu masuk dan dekat bar, jadi kalau ada apa-apa, kamu tahu harus kemana untuk buru-buru panggil bantuan.

Jaga selalu minuman dan barang-barang berharga kamu

Clubbing 3 - Youthmanual

Salah satu kejahatan yang sering terjadi di club adalah seseorang mencoba memasukkan drugs ke minuman kamu. Untuk menghindari hal ini, jangan sampai mabuk di club dan cobalah untuk terus memperhatikan minuman kamu. Kalau mau ke dance floor, minta teman yang sangat kamu percaya untuk menjaga minuman kamu, atau bawa aja minumannya!

Trus, jangan bawa bawaan yang ribet, ya! Buat yang cewek-cewek, nggak perlu bawa dompet besar dan peralatan makeup komplit. Cukup bawa handphone dan dompet kecil (yang hanya berisi uang secukupnya, KTP, kartu kredit atau debit). Boleh, deh, bawa tissue kecil, charger handphone, lipstik atau bedak, tapi ya udah. Segitu aja. Selipkan semuanya di tas mini bermodel crossbody alias selempang. Lebih bagus lagi kalau kamu nggak perlu bawa tas sama sekali, jadi barang-barangnya diselipkan di saku aja.

Buat yang cowok-cowok, selipin aja semuanya di kantong celana, ya!

Pakai common sense. Jangan lupa, clubbing itu buat senang-senang!

Masih berhubungan dengan keamanan dan kenyaman saat clubbing, gunakan akal sehat alias common sense kamu selama clubbing, ya. Jujur aja, there are many drunks and weirdos in clubs. Kalau ada orang asing mepet-mepet kamu, ngajak ngobrol, atau ngajak kenalan tapi kamunya nggak nyaman, jangan diladenin sama sekali, deh. Tapi nggak usah diajak berantem juga. Pokoknya jauhin aja, sob.

Last but not least, ingatlah bahwa clubbing cuma salah satu cara untuk bersenang-senang. Masih banyak cara lain untuk have fun! Jadi kalau ternyata kamu nggak nyaman dengan clubbing, nggak usah maksa nongkong di sana demi status sosial. Segeralah pulang dan bertobat. Kalau teman-teman kamu masih pada betah, kamu bisa order taksi terpercaya, infokan nomor taksi kamu ke teman atau keluarga, trus cussss… pulang.

And trust me, you CAN dance without Vodka *wink

(sumber foto: thosewhowanderblog.com, girlschase, allaboutweybridge.co.uk)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1