Tips Para Orang Sukses: Ini Dia 7 Hal yang Harus Dilakukan Setiap Orang Sebelum Jam 8 Pagi!

Sebagai anak muda kece zaman sekarang, menjadi produktif dalam kegiatan sehari-hari udah wajib banget hukumnya. Dan menjadi produktif haruslah dimulai sejak pagi hari ketika kita bangun tidur.

Kenapa sejak pagi hari?

Karena menurut penelitian kesehatan di dunia, otak kita bekerja 80% lebih baik di pagi hari. Tentunya kamu juga udah tahu bahwa salah satu kunci sukses para pemimpin dunia adalah bangun pagi!

Bangun dari tempat tidur dan bersiap untuk melakukan yang terbaik

Banyak orang bangun tidur karena terpaksa. Mending kemulan di kasur pake selimut ya nggak, sih? Apalagi kalau cuacanya mendung. Bikin kita makin mager untuk berangkat beraktifitas. Perasaan ini dinamakan “survival mode” alias mode bertahan hidup. Intinya, kamu cuma bangun tidur karena harus menjalankan kewajiban dan bertahan hidup. Bukan karena keinginan atau rasa percaya bahwa hari ini bakal jadi hari yang menyenangkan untuk dijalani.

Perasaan seperti ini pelan-pelan harus kita ubah. Kenapa?

Karena kamu bakal merasakan perbedaan ketika bangun tidur dan melakukan apa yang kamu inginkan, dibanding hanya bangun tidur dan melakukan apa yang harus kamu lakukan.

Bagaimana mengubah perasaan “survival mode” ini? Yuk, mulai!

1. Usahakan bangun dari tidur yang cukup selama tujuh-delapan jam

Tahu nggak, sih, banyak orang yang nggak optimal menjalani harinya kalau mereka kurang tidur? Bahkan, efek kurang tidur jauh lebih berbahaya daripada kurang makan, lho!

The National Sleep Foundation (NSF) mengadakan survey yang membuktikan bahwa seenggaknya 40 juta warga Amerika mengalami 70 variasi sleep disorder alias masalah ketika tidur. Ujung-ujungnya, mereka sering ngantuk di siang hari dan punya jadwal tidur yang berantakan di malam hari.

FYI nih, gaes, tidur cukup berpengaruh pada:

  • Meningkatkan kemampuan memori
  • Usia hidup yang lebih panjang
  • Menurunkan resiko peradangan
  • Meningkatkan kreatifitas
  • Meningkatkan fokus
  • Menurunkan lemak dan mempercepat pembentukan otot ketika kamu berolahraga
  • Menurunkan stress dan depresi dan masih banyak lagi…

Daripada begadang mengerjakan tugas, lebih baik tidur cepat dan bangun lebih pagi. Ingat, otak kita berfungsi dengan baik saat jam 4 atau jam 5 subuh.

2. Berdoa dan meditasi di pagi hari supaya pikiran kamu lebih jernih    

Setelah tidur cukup selama kurang lebih tujuh-delapan jam, berdoa atau bermeditasi sangat penting untuk menjernihkan pikiran dan membuat kamu berpikir lebih positif.

Kok bisa, sih?

Soalnya berdoa atau bermeditasi memfasilitasi rasa syukur yang dalam atas segala hal yang kamu miliki. Kalau rasa syukur kamu bertambah, rasa khawatir kamu akan berkurang. Kalau rasa khawatir kamu berkurang, maka rasa percaya diri kamu akan otomatis meningkat.

Menurut situs medium, manusia adalah magnet. Kamu akan cenderung menarik orang-orang yang sama di sekitar kamu. Kalau kamu punya mindset yang positif, maka kamu akan bergaul dengan orang yang positif juga. Hal-hal kayak gini tuh udah hukum alam banget ya, kan?

Pagi Hari 1 - Youthmanual

3. Lakukan kegiatan fisik

Menurut penelitian Center for Disease Control’s National Health di Amerika, meskipun banyak orang tahu betapa banyaknya manfaat berolahraga, tapi cuma sedikit dari kita yang mau melakukannya.

Padahal ya, gaes, coba deh kamu pikirkan, orang-orang keren dan positif di sekeliling kamu pasti menyempatkan diri untuk berolahraga. Kalau kamu malas, cobain dua strategi ini. Plus pakai aplikasi seperti ini dan ini supaya kamu makin semangat.

Apapun olahraganya, yang penting badan kamu bergerak. Bahkan membantu ibu mengerjakan pekerjaan rumah juga boleh. Masih ingat, dong, Youthmanual pernah bahas pengaruh olahraga bagi mental, kepribadian dan pengembangan diri.

4. Usahakan konsumsi 30 gram protein

Donald Layman, seorang profesor di bidang nutrisi di University of Illinois, merekomendasikan untuk mengkonsumsi 30 gram protein ketika sarapan. Hal ini juga banyak dibahas di buku kesehatan dunia.

Makanan yang mengandung banyak protein bikin perut kamu merasa kenyang dan menstabilkan gula darah di tubuh. Protein bisa didapat di telur rebus, daging atau keju. Selain itu, kacang-kacangan seperti selai dan gandum juga punya tinggi protein.

Pagi Hari 2 - Youthmanual

5. Mandi air dingin!

Air dingin bikin fisik dan mental kamu “bangun” dan merasa siap untuk beraktifitas.  Nah, menurut penelitian, mandi pagi dengan air dingin bikin bikin imun tubuh lebih baik, sistem pencernaan lebih lancar dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Bahkan, mandi pagi dengan air dingin ini bisa mengurangi depresi di usia muda, lho. Air dingin dipercaya menjadi obat paling efektif di dunia kesehatan. Reaksi kimia dalam tubuh ketika mandi air dingin di pagi hari bisa jadi mood-boosting dan bikin kamu happy.

Berlatih mandi pagi pakai air dingin sama dengan melatih keluar dari zona nyaman, sob! Soalnya emang susah banget.

Pagi Hari 3 - Youthmanual

6. Mendengarkan atau membaca konten yang menambah pengetahuan

Ordinary people seek entertainment. Extraordinary people seek education and learning.

Jadi kalau kamu mau sukses di usia muda, jangan baca gosip tentang Awkarin mulu, ah! Sesekali boleh, tapi lebih baik merutinkan sesuatu yang bisa membawa manfaat buat kamu.

Bikin target membaca buku setiap minggu, atau coba ketahui hal-hal baru setiap hari, supaya kamu nggak berhenti belajar tentang hal lain selain mata pelajaran di sekolah atau mata kuliah di kampus.

Pengetahuan baru bikin kami melihat dunia dengan cara yang berbeda. Ngobrol sama orang lainpun bakal lebih percaya diri karena banyak topik yang bisa kamu bahas.

7. Review apa aja yang udah kamu pelajari

Tulis semua mimpi kamu yang sudah tercapai dan belum tercapai. Setiap pagi, luangkan waktu untuk review sejauh mana pencapaian kamu. Jangan “go with the flow”, itu sih kutipan orang zaman dulu. Saat ini, justru kamu yang harus menentukan arah hidup kamu. Kenali passion sejak dini, dan belajarlah menetukan prioritas.

Memang, sih, punya kebiasaan yang baik itu nggak gampang. Perlu disiplin dan kemauan keras. Tapi mimpi kamu bakal semakin jauh kalau kamu nggak berusaha dari sekarang.

Ingat, gaes, bodoh ada obatnya, tapi malas, cuma kita yang bisa mengalahkan! So, be great before 8 a.m.!

Pagi Hari 4 - Youthmanual

(Sumber gambar: gyanaddict.com, sonima.com, mapleleaffarms.com, pinterest.com, simplifydays.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 26 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1