Walau Sering Begadang, Jaga Kesehatan Kamu Dengan Tips-Tips Berikut Ini!

Setiap menjelang ujian, begadang menjadi hal yang (terpaksa) sering dilakukan oleh banyak pelajar dan mahasiswa. Apalagi kalau ditambah dengan tugas yang numpuk dan mepet deadline. Mau nggak mau, begadang memang jadi jalan keluar satu-satunya.

Kalau kata Bang Haji Rhoma Irama, “Kalau terlalu banyak begadang, wajah pucat karena darah berkurang”. Memang, sih, begadang bisa merusak kesehatan kalau dilakukan terlalu sering dan dengan. Tapi tenang aja gaes, kamu tetap bisa punya badan sehat walau sering begadang, dengan cara-cara berikut ini.

1. Buat “tabungan tidur” sebelum begadang

Kapanpun kamu punya waktu untuk tidur, tidur, deh! Nggak harus hanya di malam hari. Gimanapun juga, tidur adalah kebutuhan tubuh yang harus dipenuhi, bagaimanapun caranya. Kalau nggak, ya akan merusak kesehatan. Jadi coba cicil waktu tidurmu sebelum begadang. Misalnya, kalau bisa colongan tidur di bis atau mobil, tidur aja.

2. Ganti kopi dengan air putih

Kalau kamu harus sering begadang, bukan berarti kamu harus terus-terusan minum kopi. Soalnya, kafein dalam kopi bersifat stimulan yang meningkatkan denyut jantung, supaya kamu terus “berenergi”. Kalau kamu keseringan minum kopi, jantungmu akan terus bekerja lebih keras dari biasanya. Lama-lama jantung kamu “capek”, lho. Lagipula, keseringan ngopi malah bisa membuat tubuhmu kebal terhadap kafein. Akhirnya, bukannya melek, kamu malah jadi nggak merasakan efek kafeinnya.

Gantilah kopimu dengan air putih. Banyak mengkonsumsi air putih akan menjagamu untuk tidak kehilangan cairan selama begadang, dan membuat tubuh kamu tetap fresh.

3. Hindari camilan penuh gula

Makanan yang banyak mengandung gula memang bagus dikonsumsi untuk mensuplai energi. Tapi jenis makanan ini sebaiknya kamu hindari kalau mau begadang, karena zat gula akan menyebabkan otak melepaskan serotonin, yang akan membuat kamu rileks dan tenang, alias bikin ngantuk. Yah, nanti kamu bukannya begadang, malah ketiduran!

Ganti camilan bergula kamu dengan camilan yang kaya protein atau karbohidrat kompleks, seperti gandum, atau buah-buahan.

4. Lakukan aktivitas ringan saat begadang

Walaupun begadang, tubuhmu tetap harus fit, gaes. Jangan hanya duduk dengan mata terfokus ke layar laptop, dan ngerjain tugas terus-terusan. Coba rehat sebentar, lalu push-up, sit-up, atau stretching sederhana selama 10 menit. Meski sederhana, gerakan-gerakan itu bisa membuat aliran darahmu lebih lancar, dan mengembalikan kebugaran tubuhmu.

(sumber gambar : ciputrauceo.net, www.cureanxietytips.com, foodtalk4you.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 27 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1