5 Resolusi Tahun Baru untuk Para Pelajar dan Mahasiswa

Selamat Tahun Baru! Momen tahun baru adalah saat yang tepat untuk membuat target-target dan resolusi. Setelah tahun 2016 kita lewati dengan baik, sudah saatnya kita menata diri untuk meraih yang lebih baik di tahun 2017.

Kira-kira apa aja sih resolusi tahun baru versi pelajar dan mahasiswa? Berikut ini saya paparkan beberapa macam resolusi yang biasa dibuat para pelajar dan mahasiswa. Mungkin salah satunya jadi resolusimu juga gaes.

1.    Hidup lebih sehat


Sudah rahasia umum ya kalau mahasiswa itu katanya belum mantep kalau belum kena tifus. Saking mahasiswa sering nggak peduli sama kesehatannya sendiri. Entah karena sibuk kuliah sampe nggak peduli makan atau yaa emang mager aja buat makan.
Banyak pelajar dan mahasiswa yang membuat resolusi hidup lebih sehat. Bentuknya macam-macam. Bisa jadi makan lebih teratur, berhenti merokok, kurangi jajan fastfood, jogging tiap weekend juga bisa.

2.    Stop kebiasaan menunda-nunda
Mana ada sih anak sekolahan yang nggak punya kebiasaan menunda-nunda? Kebiasaan menunda emang enak sih walaupun jadi ribut di akhir karena banyak waktu yang terbuang. Tapi kalau kamu Cuma bikin target “nggak lagi deh nunda-nunda” pasti akan jadi sia-sia karena terlalu ngawang. Kamu perlu menuliskannya dalam specific action yang jadi pemicu kebiasaanmu menunda. Misalnya, kurangi waktu main sosmed, main game online juga kurangi, kurangi juga waktu hangout sama temen.

3.    Ikut organisasi lebih banyak

Kampus itu bukan hanya tempat untuk kuliah gaes tapi juga tempat luar biasa untuk mengembangkan diri. Salah satu cara untuk mengembangkan diri adalah dengan ikut organisasi. Nggak sedikit lho teman saya yang ketika udah tinggal lulus, tapi nyesel karena kurang nyobain pengalaman berorganisasi. Kalau kamu baru gabung di satu organisasi, nggak ada salahnya di tahun ini kamu nambah satu organisasi lagi. 

4.    Fokus ke akademik
Kayaknya ini jadi berlawanan sama yang nomer sebelumnya ya. Tapi emang faktanya banyak juga orang yang pengen lebih fokus ke akademiknya. Sering juga kan ini jadi alasan nolak orang yang nembak? #eh
Nggak salah kok kalau kamu memang ingin memperbaiki nilai nilaimu. Memang itu tujuan kita sekolah dan kuliah kan? Mungkin kamu ingin fokus ke kuliah dan sekolahmu karena kamu terlalu sibuk dengan kegiatan organisasi dan nilaimu jadi berantakan. Mungkin juga karena kamu udah kelas 12 dan perlu persiapan UN. Atau mungkin juga kamu mahasiswa tingkat akhir yang perlu segera menyelesaikan skripsi #ups.

5.    Hemat
Apalagi kalau kamu mahasiswa yang hidup merantau, kamu harus pinter pinter atur duit kiriman dari orang tua kan. Nggak enak juga kalau dikit-dikit minta kiriman. Kamu yang masih sekolah juga perlu belajar hemat. Setidaknya untuk persiapanmu nanti kalau ingin kuliah merantau juga gaes.

(sumber gambar : pinkkorset.com, englishteachermovie.com, bem.geo.ugm.ac.id)

 

LATEST COMMENT
Dasri Dsr | 8 jam yang lalu

Nah klo tipe pelajar bunglon bagaimana biar efektif belajarnya sedangkan mood itu susah bgt diaturnya

Tipe Pelajar Macam Apakah Kamu? Cari Tahu Di Sini, Supaya Cara Belajar Kamu Nggak Sia-Sia!
Zainu Satria | 2 hari yang lalu

Mohon di cek kan kak. Saya kuliah di Universitas Asahan Prodi Bahasa Indonesia Nama:Winda Mentari NPM:14053010

Cuti Kuliah: Ketentuan dan Serba-Serbinya
Zainu Satria | 2 hari yang lalu

Assalamu'alaikum. Kak saya mau tanyak, saya kan pernah kulia dari tahun 2014.udh selesai semua, saya juga udh susun proposal.pas saya mau sempro kendala di uang kulia. Karena pada saat saya kulia ada ambil dispen. Disitu saya sama sekali tdk ad uang. Tu terus saya mau kerja. Dan ingin ambil cuti.…

Cuti Kuliah: Ketentuan dan Serba-Serbinya
maulaaa ya | 3 hari yang lalu

Emangnya gabisa yaa kalau anak ipa masuk ke psikologi soshum ?

5 PTN dengan Prodi Psikologi Saintek, Anak IPA Wajib Cek!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1