Tips Buat Para Anak Magang dari Mantan Presiden Amerika Barack Obama

Hai, para calon anak magang, atau yang lagi jadi anak magang, kangen nggak sih sama mantan presiden Amerika Barack Obama?

Belum satu bulan lengser dari White house, para anak muda di Amerika dihebohkan dengan berita kesempatan magang di kantor Barack dan Michelle Obama. Menurut Cosmopolitan, kantor tersebut membuka kesempatan magang selama kurang lebih 16 minggu di Washington DC. Duh, jadi pengen terbang ke Amerika, deh!

Dalam email blast tersebut, kantor Barack dan Michele Obama mencari anak magang yang punya inisiatif tinggi, bisa mengatur waktu dengan baik, super teliti, punya kemampuan menulis yang solid dan berkomitmen tinggi sama pelayanan masyarakat.

Sayangnya, kita nggak tinggal di Amerika! Padahal, kesempatan magang bareng mantan presiden pastinya seru abis.

Biar nggak sedih-sedih amat, mending kita intip tips buat para anak magang dari mantan presiden yang menginspirasi ini, yuk!

Magang adalah pelatihan yang biasanya diikuti sama mahasiswa tingkat akhir untuk “pemanasan” sebelum masuk ke dunia kerja ketika mereka lulus nanti. Nah, masa-masa magang ini tricky banget, gaes. Kita bisa belajar banyak hal, atau malah nggak belajar apa-apa sama sekali.

Mantan presiden Amerika Barack Obama, memberikan nasihat singkat untuk para anak magang. Ini berlaku umum alias bisa diterapkan di bidang magang apa aja kalian tekuni.

Ini dia pesannya:

1. “Worry less about what you want to be and more about what you want to do.”

“Jangan terlalu khawatir tentang mau jadi apa, tapi cobalah khawatir tentang apa yang ingin kalian lakukan”

Maksudnya, kamu nggak usah terlalu mikirin jabatan atau nama posisi yang kamu tuju. Memikirkan apa yang ingin kamu lakukan di dunia kerja jauh lebih penting. Misalnya, kamu mungkin pengen jadi fashion designer. Tapi kalau kamu cuma berkutat sama job desk sebagai seorang fashion designer, kamu tentu nggak bakal banyak berkembang.

Untuk tahu industri fashion lebih banyak, kamu haruslah berkecimpung menjadi penjahit, marketer, bekerja sama dengan vendor, merchandiser, bahkan kalau perlu belajar dasar-dasar make up artist supaya lebih memahami soal warna.

Menurut Barack Obama, daripada mikirin mau jadi apa di masa depan, fokuslah sama kemampuan-kemampuan yang bisa kamu kembangkan sejak dari bangku kuliah. Kemudian, teruslah berlatih ketika menjadi anak magang.

2. “Internships are an awesome way to learn more about yourself”

"Magang adalah cara yang keren untuk belajar lebih jauh tentang diri sendiri"

Dalam segala hal yang kamu lakukan di dunia kerja, cobalah untuk lebih mengenal diri sendiri dan bersenang-senang. Banyak anak magang yang terlalu santai dan nggak menghargai tempat kerja layaknya tempat dia berkarya. Atau malah ada anak magang yang mati-matian kerja melebihi kemampuan dan kapasitasnya. Padahal, inti dari magang adalah belajar dan bersenang-senang.

Nathan Bruschi, seorang lulusan Harvard Business School dan Harvard Kennedy School, yang pernah menjadi anak magang di White House bilang, Obama sangat mendukung anak muda untuk terus mengembangkan bakat dan pengetahuannya, dibanding berusaha mencapai posisi penting di sebuah institusi atau perusahaan.

Misalnya, ketika seseorang mengembangkan keahliannya di bidang teknologi informasi, dia bisa melakukan hal-hal yang memberi dampak besar di bidang tersebut. Pada akhirnya, meskipun dia nggak bekerja di perusahaan yang "wah" dan fantastis, tapi jenjang karirnya akan terus berkembang.

Baca juga:

 

(Sumber gambar: amazonaws.com, hercampus.com)

LATEST COMMENT
Dasri Dsr | 8 jam yang lalu

Nah klo tipe pelajar bunglon bagaimana biar efektif belajarnya sedangkan mood itu susah bgt diaturnya

Tipe Pelajar Macam Apakah Kamu? Cari Tahu Di Sini, Supaya Cara Belajar Kamu Nggak Sia-Sia!
Zainu Satria | 2 hari yang lalu

Mohon di cek kan kak. Saya kuliah di Universitas Asahan Prodi Bahasa Indonesia Nama:Winda Mentari NPM:14053010

Cuti Kuliah: Ketentuan dan Serba-Serbinya
Zainu Satria | 2 hari yang lalu

Assalamu'alaikum. Kak saya mau tanyak, saya kan pernah kulia dari tahun 2014.udh selesai semua, saya juga udh susun proposal.pas saya mau sempro kendala di uang kulia. Karena pada saat saya kulia ada ambil dispen. Disitu saya sama sekali tdk ad uang. Tu terus saya mau kerja. Dan ingin ambil cuti.…

Cuti Kuliah: Ketentuan dan Serba-Serbinya
maulaaa ya | 3 hari yang lalu

Emangnya gabisa yaa kalau anak ipa masuk ke psikologi soshum ?

5 PTN dengan Prodi Psikologi Saintek, Anak IPA Wajib Cek!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1