Tips Buat Para Anak Magang dari Mantan Presiden Amerika Barack Obama

Hai, para calon anak magang, atau yang lagi jadi anak magang, kangen nggak sih sama mantan presiden Amerika Barack Obama?

Belum satu bulan lengser dari White house, para anak muda di Amerika dihebohkan dengan berita kesempatan magang di kantor Barack dan Michelle Obama. Menurut Cosmopolitan, kantor tersebut membuka kesempatan magang selama kurang lebih 16 minggu di Washington DC. Duh, jadi pengen terbang ke Amerika, deh!

Dalam email blast tersebut, kantor Barack dan Michele Obama mencari anak magang yang punya inisiatif tinggi, bisa mengatur waktu dengan baik, super teliti, punya kemampuan menulis yang solid dan berkomitmen tinggi sama pelayanan masyarakat.

Sayangnya, kita nggak tinggal di Amerika! Padahal, kesempatan magang bareng mantan presiden pastinya seru abis.

Biar nggak sedih-sedih amat, mending kita intip tips buat para anak magang dari mantan presiden yang menginspirasi ini, yuk!

Magang adalah pelatihan yang biasanya diikuti sama mahasiswa tingkat akhir untuk “pemanasan” sebelum masuk ke dunia kerja ketika mereka lulus nanti. Nah, masa-masa magang ini tricky banget, gaes. Kita bisa belajar banyak hal, atau malah nggak belajar apa-apa sama sekali.

Mantan presiden Amerika Barack Obama, memberikan nasihat singkat untuk para anak magang. Ini berlaku umum alias bisa diterapkan di bidang magang apa aja kalian tekuni.

Ini dia pesannya:

1. “Worry less about what you want to be and more about what you want to do.”

“Jangan terlalu khawatir tentang mau jadi apa, tapi cobalah khawatir tentang apa yang ingin kalian lakukan”

Maksudnya, kamu nggak usah terlalu mikirin jabatan atau nama posisi yang kamu tuju. Memikirkan apa yang ingin kamu lakukan di dunia kerja jauh lebih penting. Misalnya, kamu mungkin pengen jadi fashion designer. Tapi kalau kamu cuma berkutat sama job desk sebagai seorang fashion designer, kamu tentu nggak bakal banyak berkembang.

Untuk tahu industri fashion lebih banyak, kamu haruslah berkecimpung menjadi penjahit, marketer, bekerja sama dengan vendor, merchandiser, bahkan kalau perlu belajar dasar-dasar make up artist supaya lebih memahami soal warna.

Menurut Barack Obama, daripada mikirin mau jadi apa di masa depan, fokuslah sama kemampuan-kemampuan yang bisa kamu kembangkan sejak dari bangku kuliah. Kemudian, teruslah berlatih ketika menjadi anak magang.

2. “Internships are an awesome way to learn more about yourself”

"Magang adalah cara yang keren untuk belajar lebih jauh tentang diri sendiri"

Dalam segala hal yang kamu lakukan di dunia kerja, cobalah untuk lebih mengenal diri sendiri dan bersenang-senang. Banyak anak magang yang terlalu santai dan nggak menghargai tempat kerja layaknya tempat dia berkarya. Atau malah ada anak magang yang mati-matian kerja melebihi kemampuan dan kapasitasnya. Padahal, inti dari magang adalah belajar dan bersenang-senang.

Nathan Bruschi, seorang lulusan Harvard Business School dan Harvard Kennedy School, yang pernah menjadi anak magang di White House bilang, Obama sangat mendukung anak muda untuk terus mengembangkan bakat dan pengetahuannya, dibanding berusaha mencapai posisi penting di sebuah institusi atau perusahaan.

Misalnya, ketika seseorang mengembangkan keahliannya di bidang teknologi informasi, dia bisa melakukan hal-hal yang memberi dampak besar di bidang tersebut. Pada akhirnya, meskipun dia nggak bekerja di perusahaan yang "wah" dan fantastis, tapi jenjang karirnya akan terus berkembang.

Baca juga:

 

(Sumber gambar: amazonaws.com, hercampus.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1