Begadang Buat Nugas Starter Pack: Begadang Lancar, Tugas Kelar!

Kalau kata Bang Rhoma, “Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya”. Kalau kata mahasiswa, “Begadang wajib begadang, tugas kudu dikumpul besok”. Gitu.

Emang, sih, begadang adalah gaya hidup yang jauh dari kata sehat. Tapi sebagai mahasiswa yang dihadapkan dengan padatnya jadwal kuliah, segudang agenda berorganisasi, dan tumpukan tugas, jalan satu-satunya untuk bisa melewati college lyfe ini adalah dengan begadang. Buat mahasiswa, 24 jam sehari itu rasanya kurang banget, deh.

Jadi, nggak heran kalau tugas makin mepet sama deadline, mahasiswa jadi makin rajin begadang. Begadang pun nggak boleh dilakukan dengan sembarangan, karena hal itu bisa aja mengganggu kesehatan fisikmu.

Layaknya traveling, begadang juga membutuhkan persiapan yang nggak setengah-setengah. So, buat kamu mahasiswa pejuang tugas yang harus begadang selama beberapa malam ke depan, berikut starter pack yang harus kamu persiapkan untuk menjalani proses begadang yang baik dan benar. Cekidot!

1. Timeline pengerjaan tugas

1

Every battle comes with a plan. Sebelum siap begadang, kamu harus susun dulu, nih, timeline pengerjaan tugas yang lengkap dan terperinci yang berisikan poin-poin apa aja yang harus kamu selesaikan. Jadi, kamu nggak stres dihadapkan dengan tugas-tugas yang sebegitu banyaknya.

Apa aja, nih, yang harus kamu susun dalam timeline kamu?

  • Total waktu penyelesaian tugas
  • Materi tugas yang harus diselesaikan
  • Bagian-bagian materi tugas yang sudah disesuaikan dengan jangka waktu penyelesaian

Misalnya, nih, kamu punya tugas untuk menyelesaikan 20 soal Akuntansi Biaya, yang harus kamu kerjakan dalam jam begadang. Bagilah waktu 4 jam tersebut menjadi 2 bagian: porsi pertama untuk review materi, porsi kedua untuk mengerjakan soal. Agar semakin terstruktur, jangan lupa rincikan materi apa aja yang harus kamu pelajari serta batas waktu pengerjaan tiap soalnya.

2. Buku pelajaran

Namanya juga ngerjain tugas, pastinya kamu butuh, dong, dipandu sama buku pelajaran. Tapi, ada baiknya jika kamu persiapkan terlebih dahulu buku-buku pelajaran yang sekiranya dibutuhkan sebelum kamu mulai begadang dan ngerjain tugas.

Bete banget lho, kalau sampai niat begadang kamu buat nugas hancur sia-sia cuma gara-gara nggak bisa nemuin buku pelajaran yang dibutuhkan. Makanya, persiapkan buku pelajaran yang dibutuhkan di atas meja di siang harinya, atau segera unduh e-book jika kamu lebih prefer versi digital. Kalau kamu baru sibuk kasak-kusuk dan nunggu donlotan ditengah begadang, keburu ngantuk lagi, cyin.

3. Catatan, alat tulis, dan perlengkapan lain yang dibutuhkan

Ada kalanya tugasmu masih harus dikerjakan secara manual (baca: pake buku dan pulpen), atau emang kamu adalah tipe pelajar yang kalau nugas lebih fokus kalau sambil corat-coret. Jangan lupa juga, nih, persiapkan printilan-printilan yang sangat membantu seperti:

  • Buku catatan, baik catatan materi kuliah ataupun catatan kosong untuk corat-coret
  • Pensil, pulpen, penghapus, dan pen corrector
  • Highlighter dan sticky notes, untuk menandai bagian yang penting
  • Peralatan lain yang dibutuhkan untuk tugas spesifik, seperti pensil warna, busur/jangkar/ atau kalkulator

4. Minuman dan makanan ringan

2

Nugas sambil begadang, tuh, cukup menguras tenaga, lho, sob. Penting banget rasanya meluangkan waktu untuk mempersiapkan beberapa makanan ringan dan minuman untuk menemani masa begadangmu. Bahaya kalau sampai kelaparan di tengah-tengah ngerjain tugas!

Oya, kenapa nggak sekalian siapin makanan berat biat makin bertenaga? Pertama, banyak yang cautious kalo makan berat di atas jam 7 malam bakal bikin, ehem, berat badan nambah. Kedua, kalau kamu maksain makan makanan berat pas lagi begadang, yang ada sehabis makan kamu malah makin ngantuk.

dalam memilih makanan ringan, pastikan untuk menjauhi junk food atau makanan sarat gula, ya, gaes. Pilihlah makanan ringan yang kaya protein dan karbohidrat, seperti:

  • Biskuit
  • Roti
  • Buah-buahan

Nggak lupa pula dengan minuman. Konsumsi air putih yang cukup, tuh, ternyata kunci utama untuk bisa kuat begadang, lho, sob. Minum kopi agar nggak cepat ngantuk pun boleh banget, asal kamu bisa menyeimbangkannya dengan konsumsi air putih sebanyak 2 kali lipat konsumsi kopimu.

5. Tidur siang

Apalah artinya begadang tanpa tidur siang? Jawabannya cuma satu: nggak bakalan efektif!

Tidur bukanlah sesuatu yang bisa kamu “gadai”kan untuk mengerjakan aktivitas lain, gaes. Tubuh kamu butuh tidur yang cukup agar bisa berfungsi dengan normal. Makanya, gimana pun caranya, kamu harus bisa menyicil tidur dengan tidur siang agar waktu tidurmu nggak berkurang drastis dan kamu bisa tetap tampil segar meskipun udah begadang semalaman.

6. Gadget yang menunjang

Mahasiswa jaman now tentunya nggak bisa lepas dari gadget—apa pun aktivitas yang mereka lakukan sehari-hari. Salah satunya adalah laptop yang menjadi benda wajib yang harus dimiliki oleh semua anak kuliah.

Berhubung kamu bakal sering begadang untuk nugas, “kebut semalam” mempersiapkan ujian, atau karena emang pengen begadang buat nontonin drama korea 1 season, tentunya kamu butuh gadget dengan deretan spesifikiasi yang menunjang gaya hidup night owl-mu ini.

Seperti Acer Swift 3, gadget unggulan Acer yang mampu memaksimalkan produktivitasmu. Laptop yang super tipis dan ringan ini cocok banget untuk kamu yang harus jungkir-balik melakukan segala macam aktivitas siang hari di kampus maupun begadang sepanjang malam untuk nugas. Daya tahan baterainya sampai 12 jam, sob!

acer swift 3

Dengan prosesor Intel® CoreTM i5-6200U dengan RAM sebesar 4GB DDR4, kemampuannya untuk ber-multitasking nggak perlu kamu ragukan lagi. Nggak lupa pula kapasitas penyimpanan 256GB SSD ini telah dilengkapi Dual Band WLAN AC 2×2 MU-MIMO, membuat laptop ini menghasilkan koneksi internet yang lima kali lebih cepat dari biasanya. Mau begadang semaleman buat ketak-ketik tugas sambil riset online, unduh banyak dokumen, sampai bikin desain anu-itu bisa kamu lakukan di satu gadget canggih ini tanpa hambatan.

Yang paling penting, Acer Swift 3 sudah dilengkapi dengan teknologi Acer Bluelight Shield agar matamu nggak kelelahan ketika harus lama-lama begadang di depan layar laptop. Ada juga fitur Touch Fingerprint Sensor yang bikin kamu nggak perlu ribet masukin password untuk login ke perangkat kamu karena udah keburu ngablu akibat kelamaan begadang!

***

Intinya, begadang untuk nugas itu boleh saja (aih), asal kamu udah nyiapin starter pack di atas agar begadangmu lebih tepat guna.

Selamat begadang buat nugas!

3

(sumber gambar: pinterest.com, meetingpool.net, otruit.rfd.net, acerid.com, giphy.com)

LATEST COMMENT
Fatimah Ibtisam | 17 jam yang lalu

Hai Muhammad Hafidz, yang bisa mendaftar adalah lulusan jurusan IPA dan SMK dengan kejuruan yang sejalan. Untuk mengetahui dengan pasti, kamu bisa menanyakan pada BINUS UNIVERSITY.

Bedah Faculty of Engineering BINUS UNVERSITY
ALEX ALZAM, S.Kom, M.Kom | 23 jam yang lalu

- Universitas Amikom Yogyakarta - Universitas Gadjah mada - UPN VETERAN - UII

Serba-Serbi Jurusan Cyber Security: Dari Mata Kuliah Hingga Prospek Karier
Navi | 1 hari yang lalu

Halo kak, kalau anak IPA lintas jurusan ke sastra inggris atau ilmu komunikasi nilai yang dilihat yg mana aja ya? Soalnya saya ga punya nilai sosiologi, ekonomi, dan geografi. Terima kasih.

Lintas Jurusan pada SNMPTN, Bolehkah?
Muhammad Hafidz | 2 hari yang lalu

Jadi lulusan Multimedia seperti saya ga bisa daftar jurusan Computer Engineering?

Bedah Faculty of Engineering BINUS UNVERSITY
Elza Aulia | 5 hari yang lalu

Semoga ya Allah saya menjadi pilot dan bisa membanggakan orang tua saya aminnnn

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1