Belajar Listrik, Teknologi, dan Keberagaman Budaya di STT-PLN

Perusahaan Listrik Negara alias PLN sudah menjadi salah satu BUMN dengan nama yang cukup beken di kalangan masyarakat Indonesia. Tapi, tahukah kalian kalau PLN memiliki sebuah institusi pendidikan yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan (YPK) perusahaan tersebut. Adalah Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT-PLN), sebuah institusi pendidikan yang didirikan dengan tujuan sebagai upaya memenuhi tuntutan akan tenaga-tenaga ahli yang terdidik, terampil dan profesional di bidang ketenagalistrikan.

Mulai beroprasi sejak tahun 1998, STT-PLN memiliki tujuan utama membentuk wadah bagi para pakar PLN untuk mentransfer ilmunya kepada generasi penerus, karena PLN sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terbesar dan juga sebagai penyedia tenaga listrik (infrastruktur) merupakan BUMN yang strategis dan padat teknologi. Sayang banget kalau potensi sebesar ini nggak ada yang meneruskan.

Maka itu, STT-PLN sebagai sebuah institusi pendidikan menyediakan program studi-program studi yang sangat relevan dengan kebutuhan industri dan perkembangan zaman. Program studi tersebut adalah:

  1. Teknik Informatika
  2. Teknik Mesin
  3. Teknik Sipil
  4. Teknik Elektro

STT-PLN juga dilengkapi dengan berbagai laboratorium sesuai dengan kebutuhan prgram studi masing-masing seperti laboratorium Teknologi Beton untuk program studi Teknik Sipil, laboratorium Konversi Energi untuk program studi Teknik Mesin, Laboratorium Komputer Multimedia untuk program studi Teknik Informatika, Laboratorium Jaringan Tenaga Listrik untuk program studi Teknik Elektro, serta laboratorium pendukung seprrti Laboratorium Bahasa Inggris, Kimia, dan Fisika Dasar.

Oh ya, karena berada di bawah YPK-PLN, mahasiswa STT-PLN juga memiliki kemudahan akses memasuki instalasi PLN untuk keperluan Kerja Praktik Lapangan dengan pembinaan dari instruktur yang berpengalaman di lapangan.

Perpaduan Teknologi dan Budaya

Ada yang seru nih mengenai kehidupan kampus STT-PLN sendiri. Meski namanya adalah Sekolah Tinggi Teknik dan kondang dengan kurikulumnya yang sangat sesuai dengan kebutuhan industri listrik dan teknologi masa kini, namun STT-PLN ternyata sangat memperhatikan aspek budaya dan interaksi antar mahasiswanya, lho.

STT-PLN memiliki sejumlah organisasi kemahasiswaan yang menampung aspirasi, minat, serta bakat non-akademis dari para mahasiswanya. Beberapa yang paling terkenal adalah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Paduan Suara, serta Himpunan Mahasiswa Daerah (HIMDA). Organisasi-organisasi ini pun kerap mengadakan kegiatan seru nan berfaedah untuk segenap mahasiswa STT-PLN.

Seperti HIMDA misalkan. Menurut Arin Djunaidi, alumni STT-PLN angkatan 2011, acara ulangtahun Himpunan Mahasiswa Daerah adalah salah satu hal terunik dan paling berkesan yang ia rasakan selama kuliah di STT-PLN.

“[Acara ulangtahun Himpunan Mahasiswa Daerah] diadakan dalam seminggu dan tiap hari berbeda-beda daerah. Acaranya berupa pentas seni budaya dan makanan daerah” begitu tuturnya.

Pernyataan ini pun diamini oleh Rikardo Mangansi Sinaga yang merupakan mahasiswa jurusan Teknik Elektro STT-PLN.

“Uniknya di sini tuh ada himpunan mahasiswa daerah yang mewakili dari seluruh daerah dari Sabang hingga Merauke yang menghimpun mahasiswa-mahasiswa yang berasal maupun yang mau belajar serta berbagi pengetahuan di daerah tersebut”

Keberagaman budaya inipun menjadi sebuah keunggulan tersendiri bagi kampus STT-PLN. Karena nggak hanya mahasiswanya diajarkan hard skill mengenai dunia kelistrikan dan teknologi secara umum, tapi mereka juga mendapatkan soft skill mengenai toleransi berbudaya dan bekerjasama.

Artikel ini merupakan hasil kerjasama Youthmanual dengan Sekolah Tinggi Teknik PLN

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Agustin Lutfianty | 2 bulan yang lalu

Kunjungi website kami di https://walisongo.ac.id

World Suicide Prevention Day: Seberapa Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa?
Tiara Windi | 3 bulan yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Tiara Windi | 3 bulan yang lalu

Kak saya ingin pindah magang

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1