Menu

Serba-Serbi Program Studi Teknik Mesin Beserta Pilihan Kampus Terbaiknya

Bicara bidang teknik, pasti program studi (prodi) Teknik Mesin  nggak lagi terdengar asing di telingamu. Sebagai salah satu cabang ilmu keteknikan tertua, prodi Teknik Mesin nggak pernah sepi peminat tiap tahunnya. Mungkin aja salah satunya adalah kamu. Hihihi.

Di tengah perkembangan teknologi yang pesat ini, pun kita hidup dikelilingi dengan mesin. Makin canggih teknologi yang dikembangkan, makin kompleks juga permesinan yang akan diciptakan. Nggak heran kalau prospek karier untuk lulusan prodi Teknik Mesin akan terus cerah di masa depan. Artinya, akan selalu ada kesempatan untukmu kamu di bidang ini selama kamu memiliki pengetahuan dan kemampuan yang dibutuhkan.

Buat kamu yang tertarik untuk lanjut kuliah di Teknik Mesin, nggak afdol dong rasanya kalau kamu nggak aktif mencari tahu soal jurusan idaman dan juga kampus kece yang menyediakannya. Di sini, kamu bisa simak informasi lengkap dan mendalam seputar prodi Teknik Mesin agar kamu semakin mantap dalam menetapkan pilihan jurusan kuliahmu di masa depan.

Program Studi Teknik Mesin, Belajar Apa?

Teknik mesin (mechanical engineering) adalah program studi bidang keteknikan yang memiliki cakupan yang sangat luas, berangkat dari kebutuhan untuk merancang dan membuat segala sesuatu mulai dari bagian dan perangkat kecil hingga menyusun bagian dan perangkat tersebut menjadi suatu sistem besar yang terintegrasi dan beroperasi untuk menyelesaikan sebuah tugas tertentu.

Secara harfiah, mechanical engineering mempelajari tentang “rekayasa gerak”, yang berarti segala hal buatan mahasiswa memiliki mekanisme gerak alias memiliki kemampuan untuk bergerak & digerakkan, seperti pesawat terbang, kapal laut, sepeda, robot, bahkan jam dinding!

So, di prodi Teknik Mesin, kamu akan memperoleh keterampilan dan pengetahuan spesifik mengenai perancangan dan pembuatan suatu mesin. Mulai dari pemahaman bagian-bagian atau subsistem suatu mesin; perencanaan dan perakitan model; uji fungsionalitas; estetika; kemampuan mesin untuk beroperasi dan bertahan dalam berbagai situasi dan kondisi, yang akan dikenakan; sampai evaluasi dan analisa cara terbaik untuk memastikan suatu mesin agar dapat beroperasi dengan optimal dan meminimalisir kesalahan.

teknik mesin

Dalam perkuliahan nanti, kamu akan mempelajari prinsip-prinsip fisika yang kemudian diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa teknik mesin, kamu harus memperdalam kemampuan pada beberapa cabang ilmu teknik mesin, seperti mekanika, kinematika, teknik material, dan termodinamika, serta update isu dalam hal perkembangan teknologi. Yup, mesin dan perkembangan teknologi adalah dua hal yang tak terpisahkan!

Makanya, selain berminat masuk prodi Teknik Mesin, kamu juga harus memiliki kemampuan yang mendukung agar bisa mengikuti perkuliahan dengan baik. Mata pelajaran seperti matematika, fisika, dan kimia udah jadi harga mati untuk kamu kuasai. Nggak lupa pula penguasaan pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang mumpuni agar kamu bisa keep up dengan perkembangan teknologi masa kini dan masa depan.

Oya, di Teknik mesin sendiri, ada banyak banget peminatan yang bisa kamu pilih sesuai dengan industri yang akan kamu pilih dalam bekerja di kemudian hari. Tapi, perlu kamu ketahui peminatan prodi Teknik Mesin yang tersedia di masing-masing kampus tidak selalu sama. Secara umum, peminatan yang bisa kamu pilih di Teknik Mesin adalah:

  • Konversi Energi
  • Struktur dan perancangan Mesin
  • Konstruksi (termasuk Heating, Ventilating, and Air Conditioning System (HVAC))
  • Proses Produksi Produk
  • Teknik & Pemrosesan Material (Metalurgi)
  • Sistem Manufaktur dan Otomasi
  • Teknik Kendaraan dan Peralatan Berat
  • Biomekanik
  • Mekanika Terapan

Sebagai gambaran, berikut contoh mata kuliah yang akan kamu dapatkan di prodi Teknik Mesin.

  • Fisika Dasar
  • Kimia Dasar
  • Kalkulus
  • Matematika Teknik
  • Material Teknik
  • Prinsip Rekayasa & Ilmu Kealamiahan Dasar
  • Elemen Mesin
  • Gambar Mesin
  • Kinematika & Dinamika
  • Mekanika Fluida
  • Termodinamika
  • Statistik & Perancangan Percobaan
  • Metrologi Industri & Kontrol Kualitas
  • Perancangan Produk
  • Mekatronika

Kenapa Harus Pilih Jurusan Teknik Mesin?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya: kita dikelilingi oleh mesin. Mulai dari jam tangan yang kamu kenakan sampai pesawat yang terbang di udara—semuanya digerakkan oleh mesin. Apalagi zaman sekarang sudah semakin banyak pekerjaan yang bisa diambil alih oleh robot dan mesin otomasi. Semakin pesat perkembangan teknologi, semakin banyak juga kebutuhan mesin-mesin untuk meningkatkan efisiensi suatu pekerjaan,

Eits, seharusnya kamu jangan terintimidasi dengan “robot-yang-bisa-menggantikan-manusia” yang bisa mengurangi lapangan kerja untukmu, lho, ya. Justru hal ini seharusnya menjadi motivasi untuk kamu berpikir lebih jauh ke depan dan nggak takut untuk menjajal bidang keteknikan (terutama Teknik Mesin) untuk menjadi seorang mechanical engineer handal. Ditambah lagi jika kamu punya ide-ide visioner dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, bisa aja setelah lulus kamu bikin lapangan kerja sendiri. Yegak?

Pilihan Kampus dengan Program Studi Teknik Sipil Terbaik

Tertarik kuliah di program studi Teknik Mesin? Ada beberapa kampus yang menyediakan jurusan Teknik Mesin dengan kualitas yang mumpuni, seperti:

  • Institut Teknologi Bandung
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Diponegoro

Nah, di antara kampus-kampus tersebut, Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT-PLN) termasuk salah satu perguruan tinggi swasta dengan prodi Teknik Mesin yang layak dipertimbangkan, apalagi kalau kamu memiliki aspirasi untuk menjadi seorang mechanical engineering di bidang konversi energi di masa depan. Kurikulum yang digunakan pun terbilang progresif karena berbasis energi terbarukan, sehingga membuat program studi Teknik Mesin di STT-PLN menjadi salah satu program studi berbasis energi dan ketenagalistrikan di Indonesia.

stt pln

STT-PLN juga memiliki program kelas kerjasama sehingga lulusannya bisa langsung bekerja di perusahaan-perusahaan pilihan ketika mereka lulus nanti. lho. Jadi, untuk kamu yang tergolong mahasiswa berprestasi dapat “mengamankan” posisi di perusahaan-perusahan terbaik yang bekerjasama dengan STT-PLN sebelum lulus kuliah. Keren!

Untuk informasi lengkap dan paling update seputar kampus, pendaftaran, pilihan program studi, sampai beasiswa di STT-PLN, bisa kamu temukan di sini.

Baca juga:

(sumber gambar: bath.ac,uk, carleton.ua, sttpln.ac.id)

LATEST COMMENT
Rusni | 2 hari yang lalu

Pengen masuk universitas tanjung pura

Informasi Lengkap SNMPTN 2020. Cek Jadwal dan Ketentuannya!
Aisyah Galuh | 2 hari yang lalu

Saya juga suka jasa titip. Tapi biasanya jastip saya dari toko online kemudian saya jual ke teman teman dengan menaikkan harga. Lumayan sih untungnya

10 Ide Bisnis Buat Mahasiswa dan Pelajar yang Nggak Menyita Waktu (Bagian 2)
Obbi Handira | 2 hari yang lalu

Program Pascasarjana S2 Terbaik di Sumatera Utara adalah Perguruan Tinggi Swasta Universitas Medan Area yang sudah Terakreditas A oleh BAN-PT, informasi lengkap kungjungi www.uma.ac.id dan pasca.uma.ac.id

Perguruan Tinggi dengan Jurusan Agribisnis Terbaik
Obbi Handira | 4 hari yang lalu

Program Studi Ilmu Komunikasi terbaik ada di Perguruan Tinggi Swasta Universitas Medan Area dan sudah terakreditasi A oleh BAN-PT Tahun 2019, informasi lengkap kunjungi www.uma.ac.id dan fisip.uma.ac.id

Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik di Indonesia Beserta Pilihan Kampus dan Prospek Kerjanya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©