Di Liburan Semester Ganjil Gini, Mahasiswa Baru Harus Ngapain?

acer

Buat kamu yang tahun ini baru ngerasain gimana rasanya jadi mahasiswa baru, pasti nggak nyangka kalau nggak lama lagi semester pertamamu sebagai mahasiswa bakal berakir. Which means, libur semester ganjil pertamamu menanti. Yay!

Nggak seperti libur semesteran di masa-masa sekolah, kamu akan mendapatkan “jatah liburan” yang jauh lebih panjang di semester ganjil ini: satu bulan. Kapa lagi kamu senggang selama satu bulan penuh dan nggak usah mikirin anu-itu perkara persiapan masuk kuliah layaknya semester genap lalu?

Libur (super) panjang emang bisa bikin maba seperti kamu overwhelmed, tapi bukan berarti kamu kudu pusing mikirin apa yang bisa kamu kerjain selama liburan, atau bahkan malah menghabiskannya dengan leyeh-leyeh sebulan penuh. Duh, nggak ada faedahnya, deh.

So, sebagai maba yang masih dalam masa adaptasi di dunia kuliah, libur semester ganjil pertamamu sebaiknya harus ngapain, nih?

1. Jalin koneksi lagi dengan teman-teman lama

1

Ngaku, deh, kamu pasti pernah bikin janji dengan teman-teman dekat semasa sekolahmu untuk tetap keep in touch biarpun kalian udah pada mencar sana-sini setelah lulus. Sayang banget ternyata kenyataannya kalian pada sibuk dengan kehidupan baru masing-masing, sampai lupa sama janjimu. Sedih!

Baiknya jangan keburu baper gara-gara ini, dong, ya. Alih-alih ngerasa terlupakan, lebih baik kamu jalin kembali koneksi yang sempat terputus ini. Inisiatif untuk ajak kumpul bareng squad-mu yang udah lama nggak ketemu buat nongkrong bareng dan catching up. Nggak usah gengsi-gengsian siapa yang mau ngehubungin duluan, lah. Kalau kangen bilang aja kangen. Sesama temen, maksudnya.

Lagipula, liburan akhir tahun gini emang saatnya untuk menghabiskan waktu dengan keluarga dan orang terdekat. Momennya kurang pas apa lagi, coba?

2. Ikut kegiatan berfaedah selama liburan

Beda level pendidikan, beda juga cara kamu untuk nikmatin liburan. Udah bukan masanya lagi, lah, ngabisin waktu liburan cuma dengan bobok-bobok syantik di kamar seharian atau mainin game console sampai diteriakin buat mandi gara-gara matahari udah terbenam. That’s so last semester!

Daripada waktu liburanmu terbuang percuma, mending kamu cari kesibukan lain yang punya nilai tambah buat kamu. Kalau kamu kurang beruntung karena nggak bisa mudik ke rumah selama liburan, manfaatkan waktu satu bulan ini utuk terlibat di kegiatan non-akademik kampus seperti kepanitiaan atau project organisasi (yes, maba harus ikut UKM!). Atau, kamu bisa cari kegiatan lain di luar kampus seperti kegiatan kesukarelawanan. Bahkan kegiatan sesimpel bantuin orangtua selama liburan juga membawa faedah besar untuk kamu.

3. Perbaiki jadwal tidur

2

Obviously, kamu pasti nggak ekspek banget kalau jadi maba ternyata nggak se-slow yang kamu bayangkan. Agendanya banyak banget—mulai dari orientasi kampus sampai tugas-tugas yang datang bertumpukan satu sama lain, Belum lagi masa-masa ujian akhir semester yang dijamin bikin tidur kamu nggak tenang.

Itulah kenapa kamu harus manfaatkan liburan semester ini untuk “beradaptasi” kembali dengan pola tidur yang lebih baik. Kurang-kurangin deh, niatan begadang bablasin nonton drama korea seharian mumpung lagi libur panjang. Lebih faedah kalau kamu merapikan jadwal tidurmu agar energimu ke-recharge dan tetap semangat menyambut semester 2.

4. Siap-siap susun strategi di semester 2

Biapun semester 1 sudah berlalu, perjalanmu menempuh pendidikan tinggi masih panjang, sob! masih ada kurang lebih 7 semester lagi yang harus kamu tempuh untuk bisa selangkah lebih dekat dengan cita-citamu di masa depan.

But remember: everything big starts from little steps. Sudah seharusnya kamu manfaatkan liburan semester ganjil ini untuk merencanakan langkah jangka pendekmu di semester dua. Harus dipikirin dari sekarang, nih, nanti semester 2 mau ambil mata kuliah apa aja, mau ikutan UKM dan kepanitiaan apa aja, sampai mau babat nilai dengan cara gimana aja. Kudu sat-set-sat-set!

***

Pastinya semua hal diatas akan sangat terbantu kalau kamu bisa memanfaatkan teknologi di sekitarmu dengan baik dan benar. Di era digital gini, lucu banget dong, ah, kalau gen Z seperti kamu masih melakukan segala sesuatu nggak pakai teknologi.

Menurut Youthmanual, wajib banget hukumnya buat maba punya gadget andalan untuk menemani harimu selama kuliah maupun selama liburan. Seperti Aspire E5-476 Series, notebook unggulan Acer yang pas banget untuk kamu para maba yang ingin tetap produktif dan menebarkan kefaedahan selama liburan semester ganjil. Ahay.

acer aspire

Dilengkapi dengan prosesor Intel Generasi ke-8 dan RAM DDR4 yang bisa kamu upgrade hingga 32GB, performa notebook ini dijamin anti lemot ketika kamu ajak untuk mengerjakan segudang aktivitas—mulai dari desain project organisasi yang kudu jadi, rebutan ngisi KRS online di tahun baru nanti, sampai nontonin Youtube di sela-sela kesibukan.

Udah gitu, daya tahan baterai Aspire E5-476 Series pun nggak perlu kamu ragukan lagi. Sampai 8 jam, sob! Dan rugi banget kalau kamu sampai ngelewatin fitur Power-off USB Charging melalui port USB 3.0, yang mempermudah untuk nge-charge smartphone-mu tanpa harus nyalain notebook. Praktis dan canggih, yang tentunya nggak bakal ngeribetin hari liburan semester ganjil (produktif)mu kalau kamu harus tetap aktif bepergian kemana-mana.

Akhir kata, selamat liburan!

(sumber gambar: college311.org, dailymail.co.uk, dreams.co.uk, acerid.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 30 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1