Mau Punya Buku Teks Penunjang Kuliah Tanpa Bikin Kantong Bolong? Ikuti Tips-Tips Ini!

Buku teks adalah salah satu sarana penunjang kuliah yang paling esensial dalam kehidupan mahasiswa. Nggak seperti Lembar Kerja Siswa (LKS) zaman sekolah kamu yang super tipis buku-buku teks kuliah, tuh, tebelnya nyaingin kitab sungokong, sob!

Karena itulah, nggak heran kalau buku-buku kuliah memiliki harga yang cukup mahal buat kantong mahasiswa. Untuk bisa membeli satu buku aja kadang bikin ngos-ngosan, apalagi harus beli buku untuk semua mata kuliah… selama tujuh semester. #pingsan.

Yang namanya belajar, ya nggak mungkin, dong, kamu nggak membutuhkan buku-buku penuh faedah ini untuk menunjang keafdolan studi kamu. Makanya, agar kamu bisa tetap belajar dengan aman dan nyaman tanpa perlu khawatir kantong sampai bolong, kamu bisa mendapatkan buku-buku kuliah dengan lebih terjangkau dengan berbagai cara di bawah ini.

1. Pinjam ke perpustakaan

1

Semasa SMA dulu, mungkin kamu menganggap remeh keberadaan perpustakaan sebagai sekadar tempat ngadem di saat jam pelajaran kosong. Tapi, setelah menjadi mahasiswa, jangan sekali-sekali mengabaikan the power of perpus!

So, jangan lupa untuk membuat kartu keanggotaan perpustakaan segera setelah kamu memasuki masa perkuliahan, ya. Dengan begitu, kamu nggak perlu repot nyari-nyari buku teks yang akan kamu perlukan selama satu semester ke depan.

2. Fotokopi bab/bagian yang diperlukan

Minjem buku ke perpustakaan emang praktis. Tapi… gimana kalau seandainya kamu butuh buku-buku tersebut dalam jangka waktu yang cukup lama?

Eniwei, masa peminjaman buku di perpustakaan kampus biasanya hanya berlaku selama satu minggu. Sewaktu-waktu, kamu akan membutuhkan buku tersebut untuk jangka waktu yang sedikit lebih lama. Kamu boleh banget, lho, memfotokopi bagian-bagian buku yang kamu butuhkan biar kamu nggak perlu bayar denda karena telat ngembaliin buku, hihihi.

3. Beli di toko buku bekas

3

Ada, lho, orang yang ngerasa nggak “greget” kalau belajar pakai buku sendiri. Kalau kamu merasa nggak mampu untuk membeli semua buku teks yang kamu butuhkan, nggak ada salahnya, lho, kalau kamu hunting ke toko-toko buku bekas!

Banyak, lho, buku-buku pelajaran bekas pakai masih layak pakai yang bisa kamu temukan di luar sana. Kamu pun bisa mendapatkan buku bekas dengan harga sampai sepersepuluh harga barunya.

Trus jangan khawatir jika edisi buku bekas yang kamu dapatkan sedikit ketinggalan disbanding edisi terbaru, karena in theory, isi bukunya nggak berubah, kok. Yang membedakan edisi terbaru dengan edisi sebelumnya hanyalah penerapan atau contoh kasus pendukung teori yang digunakan.

4. Pinjam ke senior

Salah satu keuntungan sampingan menjalin networking dengan para senior kampus adalah kamu bisa mendapat “hibahan” buku-buku teks kuliah dari mereka. Awsum!

If you ask nicely, senior-senior di kampus nggak akan enggan untuk meminjamkan buku-buku teks yang mereka punya. Soalnya, mereka yang dulunya pernah jadi maba udah ngerti banget “penderitaan” kamu dalam hal yang satu ini. Bahkan ada juga senior yang dengan murah hatinya bakal memberikan semua buku teks yang udah nggak terpakai kepada para junior, lho!

5. Download e-book

5

Serius, deh, mahasiswa zaman sekarang hidupnya udah dimudahkan banget berkat adanya perkembangan teknologi. Karena laptop sudah menjadi salah satu benda wajib yang dimiliki mahasiswa, kenapa nggak coba cari buku teks kuliah dengan dalam e-book aja?

Sekarang udah banyak banget, lho, situs penyedia e-book gratis dan legal yang bisa kamu manfaatkan. Selain itu, kamu pun nggak perlu ribet bawa-bawa laptop dan buku teks segede gaban secara bersamaan ke kampus jika keduanya dibutuhkan. Kalau butuh buku fisik pun, kamu tinggal print bukunya ke abang fotokopian terdekat dengan biaya yang jauh lebih murah.

(sumber gambar: ccclarion.com, bookstore.smc.edu, pima.com, amreading.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 26 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1