10 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Sehari-Hari untuk Meningkatkan Kualitas Hidup dan Selalu Termotivasi

Banyak anak muda yang sebetulnya pengen meningkatkan kualitas hidup mereka. Selalu pengen termotivasi, meningkatkan produktifitas dan efisiensi, menjadi bahagia, bahkan menemukan jati diri dan passion supaya kepribadian kita lebih menarik dan hidup kita lebih bermakna.

Tapi gimana caranya?

Diolah dari situs Inc dan Motto, berikut 10 cara yang bisa kamu lakukan sehari-hari untuk meningkatkan kualitas hidup kamu.

1. Jangan kebanyakan mikir “bagaimana” kamu melakukan sesuatu

Kamu pasti tahu istilah NATO alias no action talk only. Orang-orang kayak gini biasanya jago menghabiskan waktu mereka untuk mikirin BAGAIMANA cara melakukan sesuatu. Mau kerja kelompok pake rapat dulu, pembagian tugas pake rapat dulu, pilih tema pake rapat dulu, kemudian giliran melakukan aksi nyata, lamaaa banget sampe keburu deadline. Zzzz...

2. Investasi untuk penampilan yang baik

Percaya diri datang dari kerja keras, begitu kata penulis idola saya. Kerja keras untuk belajar, kerja keras untuk berani melakukan hal-hal yang kita takutkan bahkan kerja keras untuk berpenampilan yang baik. Jangan salah, penampilan juga penting, lho. Beli baju-baju yang bikin kamu merasa lebih baik dan percaya diri. Penampilan yang baik didukung skills yang oke, bisa bikin kualitas hidup makin baik.

3. Meditasi

Meditasi bisa mengurangi stress, meningkatkan konsentrasi dan bikin kita lebih happy. Nah, kamu salah banget kalau berpikir meditasi harus pake alas mahal, duduk bersila dan ada di suasana persawahan di villa yang sepi. Dengan mencuci tangan secara perlahan, bernafas teratur dan rehat sejenak sambil minum air putih juga bisa membantu kamu meditasi. Berpikir tentang hal-hal baik dan tujuan-tujuan yang harus kamu kejar.

4. Mengerjakan tugas sambil berdiri

Kita udah sering banget mendengar kalau terlalu lama duduk di depan komputer tuh berbahaya buat kesehatan. Menurut penelitian, terlalu lama duduk bahkan lebih berbahaya daripada merokok, lho. Makanya banyak banget orang di kantor-kantor modern sekarang yang bekerja sambil berdiri. Mereka punya stand up desk yang mumpuni. Kita bisa juga mencobanya mumpung masih muda begini, sob!

5. Sesekali matikan elektronik sebagai hadiah untuk diri sendiri

What? Jauh dari smartphone? Kayaknya ini mustahil banget ya, gaes. Tapi sesekali coba, deh, mematikan alat elektronik di kamar kamu. Bukan cuma smartphone, matikan juga tv, radio, laptop, AC, lampu dan semua alat elektronik di kamar selama satu jam. Rasakan ketenangan dan buang semua kekhawatiran kamu. Dijamin, kamu bakal merasa kualitas hidup kamu meningkat.

6. Bangun pagi

Saya termasuk orang yang susah bangun pagi. Tapi sejak saya tahu betapa banyak hal yang bisa saya lakukan di pagi hari, dan betapa otak saya bekerja dengan lebih baik, saya jadi memulai kegiatan lebih pagi dari biasanya. Bahkan menurut penelitian, para orang sukses terbiasa bangun pagi sebagai kunci sukses mereka.

7. Membaca lebih banyak

Membaca melatih kamu untuk menyelesaikan masalah, memperluas kosakata bahkan merangsang cara berpikir yang berbeda. Kalau kamu merasa nggak suka baca buku, coba baca artikel berfaedah di internet, mendengarkan ted talks atau podcast pendidikan. Intinya, perkaya pengetahuan kamu dan nggak cuma aktif di media sosial untuk kepo-in artis korea melulu.

8. Hidup di kota yang berbeda paling nggak sekali seumur hidup

Saya percaya merantau memberi kita banyak sekali pelajaran untuk hidup lebih baik. Kamu bakal belajar bertanggung jawab, belajar survive dan menjaga kepercayaan. Nggak cuma itu, ketika kamu hidup di kota lain selain kampung halaman kamu, kamu bakal belajar tentang budaya dan kesempatan-kesempatan baru yang meningkatkan kualitas hidup kamu.

9. Menulis

Berlatihlah menulis dengan baik. Di era digital ini, semua hal yang berbau tulisan bakal membantu karir kamu. Kemampuan menulis juga bisa melatih kamu menyampaikan pendapat dan visi misi kamu dalam hidup. Maksudnya, tujuan kamu bakal lebih cepat tercapai kalau kamu bisa mengkomunikasikan maksud kamu dengan baik. Mulailah dari menusun kata untuk chat dan mengirim email dengan baik dan jelas.

10. Nggak masalah sesekali untuk merasa rentan

Curthat dan terbuka soal masalah dan perasaan kamu boleh banget, lho. Tapi kamu harus menemukan orang yang tepat untuk membagi semua curhatan kamu itu. Coba cerita ke keluarga atau sahabat terbaik kamu. Nggak usah curhat ke setiap orang apalagi curhat ke media sosial.

***

Gimana? gampang-gampang banget, kan, caranya? Selamat mencoba dan rasakan perbedaan yang lebih baik dalam hidup ya, gaes!

 

(Sumber gambar: wall-papers.info)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 26 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1