10 Kebiasaan yang Patut Kamu Coba untuk Meningkat Rasa Percaya Diri!

Kepercayaan diri merupakan suatu hal yang harus dimiliki oleh semua orang. Kepercayaan diri ini pun sangat penting, lho, untuk dimiliki. Kenapa, sih, kepercayaan diri penting untuk dimiliki? Well, coba bayangkan, kamu mau mempresentasikan tugasmu di depan teman-teman sekelas dan gurumu, kalau kamu nggak percaya diri, yang ada, semua yang telah kamu persiapkan menjadi berantakan dan nggak sesuai dengan rencana yang telah kamu buat.

Contoh lainnya, kamu ingin mengikuti suatu perlombaan, akan tetapi, kamu nggak merasa percaya diri dan kamu merasa bahwa diri kamu nggak mampu memenangkan perlombaan tersebut. Pada akhirnya, kamu pun nggak mendaftarkan dirimu dalam perlombaan tersebut. Sampai kapan pun, kamu nggak akan tahu apakah kamu bisa memenangkan lomba tersebut atau pun tidak karena kamu nggak pernah mencobanya.

Nah, dari kedua contoh di atas, kamu sudah tahukan, bagaimana pentingnya memiliki rasa percaya diri? Kalau begitu, yuk, mulai dari sekarang tumbuhkan rasa percaya dirimu. Semakin berkembang rasa percaya dirimu, maka, akan semakin bagus pula. Untuk mengembangkan rasa percaya dirimu, kamu bisa membiasakan hal-hal berikut ini pada keseharianmu!

1. Kenali kelebihan dan kekurangan diri

Sudahkah kamu mengetahui bagaimana kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki? Kalau kamu belum mengetahuinya, yuk, coba cari tahu mulai dari sekarang! Kamu bisa mencari tahu kekurangan dan kelebihanmu mulai dari hal apa yang kamu kurang bisa dan hal apa yang kamu kuasai.

Misalnya, nih, kamu jago sekali nulis akan tetapi kamu paling nggak bisa kalau disuruh mendesain suatu gambar. Nah, dari situ kamu jadi tahu, nih, kalau kamu memiliki kelebihan yaitu pandai menulis, pandai mengolah informasi menjadi suatu artikel yang menarik untuk dibaca dan sebagainya. Sedangkan kekuranganmu adalah kamu kurang kreatif dalam mendesain suatu gambar. Sekarang, coba, deh, terapkan hal ini dalam mencari kekurangan dan kelebihanmu.

2. Berfokus pada kemampuan dan kelebihan diri

Buat apa, sih, berfokus kepada ketidakmampuan dan kekurangan diri? Well, kalau kamu mau merubah hal tersebut, menurut saya itu tindakan yabg sangat keren, namun, kalau kamu hanya meratapi dan menjadikan ketidakmampuanmu sebagai alasan kamu nggak percaya diri, mending buang jauh-jauh, deh. Kamu harus percaya diri dengan hal-hal yang kamu mampu dan tentunya yang menjadi kelebihan dirimu, ya, gaes!

3. Bergaul dengan banyak orang

Kalau kamu bergaul dengan banyak orang, kamu akan bertemu dengan banyak orang. Dengan bertemu banyak orang, kamu akan tahu kekurangan dan kelebihan dari orang lain. Nah, dengan begitu, kamu jadi sadar bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Daripada kamu berfokus pada kekurangan dirimu sendiri dan kelebihan dari orang lain. Ada baiknya kamu hanya berfokus pada kelebihan dirimu sendiri.

4. Suara hati terkadang suka nggak penting, jadi, pilihlah mana yang penting untuk didengar dan mana yang nggak

Yes, kadang suara hati itu mengajakmu nggak percaya pada dirimu sendiri. Nah, suara hati yang seperti ini, nih, yang perlu kamu hilangkan dan nggak perlu kamu dengarkan! Daripada capek sendiri mendengarkan suara hati yang membuatmu "jatuh", mending kamu fokus untuk meningkatkan kemampuan dan kelebihanmu. Kamu bisa banget meningkatkan kemampuan dan kelebihanmu dengan cara terus melatihnya, mengikuti kursus, mengikuti organisasi yang dapat melatih kemampuan dan kelebihanmu dan masih banyak lagi cara untuk mengasah kemampuan dan kelebihanmu!

5. Self-talk di depan cermin

Dengan self-talk di depan cermin, nggak serta merta kamu dianggap seperti orang aneh, ya, gaes. Eh tapi, kamu self-talk di depan cerminnya saat kamu lagi sendiri saja, ya  hehe. Nah, dengan self-talk dan memberikan berbagai pujian, motivasi dan semangat kepada diri sendiri, tentunya akan membuatmu lebih bersemangat dan menjalani hari dengan lebih percaya diri!

6. Jalani hari dengan semangat

Yes, kalau kamu dari pagi hari sudah menjalankan hari dengan semangat, nggak akan ada cerita, tuh, kamu nggak percaya diri. Coba bayangkan, kamu hari ini mau melakukan pidato di depan kelas. Pada pagi hari, kamu tanamkan pada dirimu sendiri bahwa hari ini kamu akan menjalani hari dengan semangat. Pasti, apapun yang terjadi, kamu akan tetap semangat dan tentunya percaya diri!

7. Kegagalan itu ada untuk dipelajari

Kalau kamu nggak percaya diri karena kamu merasa bahwa kamu akan gagal, kamu harus tahu bahwa kegagalan itu akan selalu ada dalam setiap kehidupan seseorang tanpa terkecuali. Begitu pula denganmu. Kamu akan menemukan berbagai kegagalan dalam hidupmu. Tetapi, kegagalan ini bukan akhir dari segalanya. Kamu bisa meraih kesuksesan dengan belajar dari kegagalan tersebut.

8. Tunjukkan keberhasilanmu

Bukannya pamer, tetapi, terkadang kamu butuh untuk menunjukkan keberhasilanmu, lho. Misalnya, nih, hari ini kamu mampu mengerjakan tugasmu yang harus dikumpulin lusa. Well, kamu boleh, lho, berbangga hati dan menunjukkan kepada orang lain bahwa kamu lebih cepat selesai dalam mengerjakan tugasmu. Kamu juga boleh berbangga bahwa ku bisa mengerjakan tugasmu tanpa dengan sistem kebut semalem seperti kebanyakan siswa lainnya, hehe.

9. Jangan takut melakukan kesalahan

Sama seperti kegagalan, melakukan kesalahan pun merupakan suatu hal yang pastinya selalu ada di setiap kehidupan manusia. Kamu melakukan kesalahan itu sangat wajar dan kamu nggak perlu nggak percaya diri karena kesalahan yang telah kamu buat. Justru, dari kesalahan itu, kamu bisa belajar banyak hal. Kamu nggak akan menemukan pelajaran ini kalau kamu selalu benar dalam melakukan sesuatu, lho, gaes. Maka, bersyukurlah kalau kamu telah melakukan suatu kesalahan.

10. Lakukan suatu keberhasilan setiap harinya

Yes, kamu nggak perlu, kok, melakukan suatu keberhasilan yang sangat besar setiap harinya seperti memenangkan lomba dan sebagainya. Dengan mengerjakan tugasmu lebih cepat dan nggak pakai sistem kebut semalam pun sudah termasuk keberhasilan, lho. Keberhasilan itu nggak mesti sesuatu yang besar dan berat-berat, kok, gaes.

***

Well, karena kepercayaan diri merupakan suatu hal yang amatlah penting, menurut saya, kamu perlu banget, nih, melakukan hal-hal di atas setiap hari. Kenapa harus setiap hari? Tentunya, agar rasa percaya dirimu meningkat di setiap harinya.

Dengan rasa percaya diri, saya rasa, apapun yang akan kamu lakukan akan terasa lebih mudah dan menyenangkan. Kamu nggak akan merasa berat akan suatu pekerjaan dan kamu pun nggak akan takut merasa salah. Yuk, mulai dari sekarang, lakukan kesepuluh kebiasaan hal di atas setiap hari untuk meningkatkan rasa kepercayaan dirimu!

Baca juga:

(Baca juga: lifezooming.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 10 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 21 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1