5 Hobi yang Bisa Membantu Kamu Mengurangi Sikap Gugup, Gelisah dan Nggak Percaya Diri

Siapapun pasti pernah merasa gugup, gelisah, dan nggak percaya diri di momen tertentu. Rasa gugup ini bisa menyerang siapa aja dan kapan aja. Nggak peduli seperti apa kepribadian kamu.

Menurut penelitian di Amerika, kurang lebih 40 juta remaja serta orang dewasa mengalami gangguan kegelisahan dan berujung pada stres yang berkepanjangan. Pemicunya bisa karena putus cinta, ujian sekolah/kampus, atau masalah dalam keluarga. Mereka terus mencari cara supaya bisa mengurangi sikap gugup, kegelisahan, serta rasa nggak percaya diri dalam menghadapi sesuatu.

Untungnya, Barrie Sueskind, seorang terapis keluarga di bidang anxiety expert, bilang bahwa ada beberapa hobi sederhana yang bisa membantu. Hobi ini bisa dilakukan selagi masih muda supaya kecederungan gugup, gelisah dan nggak percaya diri sedikit demi sedikit bisa berkurang.

Hobi apa aja, tuh? Yuk simak!

1. Melukis dan menulis jurnal

Hobi menggambar, melukis, dan menulis jurnal bisa mengurangi sikap gugup, lho, gaes. Kenapa? Karena kegiatan ini bisa bikin kamu fokus sama apa yang kamu rasakan dan berusaha menuangkannya dalam sebuah wadah. Barrie menyarankan, coba matikan smartphone kamu di malam hari dan lakukan hobi tersebut.

Nggak masalah kalau sesekali stuck, santai aja. Kamu bisa melakukan hobi ini sambil mendengarkan musik yang menenangkan kayak suara aliran sungai, ombak, hujan atau musik-musik klasik. Nah, saat merasa kreatif dan produktif, kepercayaan diri pun akan bangkit.

2. Membaca atau menonton sesuatu yang lucu

Menurut Barrie, buku atau film lucu bisa bikin kamu lupa sama kegelisahan yang sedang kamu rasakan. Fokus kamu menjadi terbagi dan akhirnya, kekhawatiran kamu bisa perlahan hilang.

Selain itu, buku dan film lucu mengajarkan kamu melihat sisi lain dari masalah. Misalnya, kamu jadi lebih santai, sehingga bisa melihat sisi yang lebih positif dari masalah tersebut.

3. Menghabiskan waktu dengan kegiatan outdoors

Secara ilmiah, udara segar dan sinar matahari terbukti bisa membangkitkan mood baik. Menghabiskan waktu dengan kegiatan di luar rumah juga bikin aliran darah kamu lancar. Sehingga, kamu nggak gampang panik dan gugup.

Trua, kegiatan outdoor semacam bersepeda, berjalan kaki, atau sekadar duduk di bawah pohon membantu kamu terhindar dari depresi, lho.

4. Melakukan meditasi

Hobi yang satu ini lagi marak banget di kalangan anak muda, gaes. Biasanya, cewek-cewek sering menggabungkan meditasi dengan olahraga Yoga. Kalau kamu mau mengatasi rasa gugup, gelisah dan nggak percaya diri, tentunya kamu harus bisa mengontrol diri sendiri. Nah, meditasi adalah cara yang paling efektif utuk mengontrol perasaan kamu.

Hobi ini bisa dilakukan setiap akhir pekan supaya hasilnya lebih efektif. Kalau nggak mau pergi ke studio Yoga, kamu bisa kok meditasi sendiri dengan tutorial di YouTube. Zaman sekarang, gampang banget untuk tahu cara melakukan sesuatu lewat internet.

5. Mengikuti kelas self-improvement

Mau percaya diri kamu meningkat? Salah satu caranya tentu aja dengan terus mengasah kemampuan kamu di bidang apapun. Banyaklah mengikuti kelas self-improvement. Misalnya, kursus singkat, seminar, ataupun workshop. Percaya, deh, datang ke acara yang bermanfaat bikin kamu merasa ilmu kamu bertambah dan akhirnya kamu lebih percaya diri.

Barrie menjelaskan, belajar kemampuan baru atau mengasah skilll, sama-sama bikin kamu menghargai diri sendiri. Menjauhkan kamu dari pikiran negatif dan melatih kamu mengatasi rasa gugup dan gelisah.

 

(Sumber gambar: themindfulword.org, prweb.com, pinterest.com, youthmanual future talk)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1