3 Cara Cepat Meningkatkan Percaya Diri Menurut Psikolog

Ada beberapa situasi saat kita butuh ketenangan dan rasa percaya diri. Misalnya, pada saat wawancara kerja, pidato di depan umum, presentasi depan kelas, ketemu gebetan, dan masih banyak lagi. Untungnya, ada cara cepat juga untuk meningkatkan percaya diri di situasi-situasi tersebut.

1. Coba untuk melakukan pose super selama dua menit

Percaya Diri 1 - Youthmanual

Amy Cuddy, seorang psikolog sosial dari Harvard University dalam video TED bercerita tentang hubungan erat antara bahasa tubuh dan rasa percaya diri. Amy menyarankan untuk membuat ‘power-pose’ atau pose super supaya kamu bisa menumbuhkan rasa percaya diri dengan cepat.

Misalnya, coba tegakkan badan, sedikit menaikkan dagu, meletakkan tangan di pinggang dan bernafaslah dalam-dalam. Lakukan hal ini selama kurang lebih dua menit sampai detak jantung kamu teratur. Kamu juga bisa menaikkan tangan kamu ke atas membentuk huruf ‘V’ kayak seorang pemenang.

Menurut Amy, Bahasa tubuh bukan hanya mempengaruhi pandangan orang lain tetapi juga mempengaruhi pandangan kita terhadap diri sendiri. Kalau kamu percaya bahwa kamu seorang pemenang, maka rasa percaya diri akan tumbuh sedikit demi sedikit.

2. Bayangkan diri kamu sendiri di masa depan

Percaya Diri 2 - Youthmanual

Membayangkan masa depan yang cerah tentang diri sendiri di masa depan bakal membantu kamu untuk melewati perasaan takut gagal. Hal Hershfield, seorang pengajar teknologi marketing di New York University, melakukan uji coba dengan meminta para mahasiswanya membayangkan kesuksesan mereka di masa depan. Setelah itu, Hal meminta para mahasiswa untuk membuat proposal marketing sebagai tugas kuliah.

Banyak dari mahasiswa tersebut yang jauh lebih percaya diri dalam membuat rencana dan bertindak sebagai pengusaha. Menurut Hal, mereka akan menjadi lebih berani ketika mereka bisa membayangkan kesuksesan yang akan mereka capai.

3. Berterima kasih atas hidup kamu saat ini

Percaya Diri 3 - Youthmanual

Jenn Scalia, seorang aktifis psikologi yang telah melalui berbagai macam kegagalan bilang bahwa untuk bisa percaya diri, kamu harus merasa ‘cukup’. Jenn sendiri pernah dipecat, ditolak berbagai pihak, bahkan megalami masalah pribadi yang cukup berat dalam hidupnya. Tapi yang Jenn lakukan biar bisa terus move on adalah dengan terus menerus berterima kasih dan bersyukur.

Misalnya, daripada kamu stress mikirin rasa gugup sebelum tampil di sebuah event. Kenapa nggak kamu bersyukur bahwa kamu dikasih kesempatan untuk mencoba pengalaman tersebut? Nikmati setiap momen dan tampilkan diri kamu yang terbaik!

(Sumber gambar: isciencetimes.com, brighsite.me, breakuplounge.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Tiara Windi | 22 hari yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Tiara Windi | 22 hari yang lalu

Kak saya ingin pindah magang

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Akun Tum | 26 hari yang lalu

Hi min bagaimana kalau semester 5 ini gua punya maksimal 24 sks dan sks yg dapat ku ambil cuman 23, nah bagaimana itu klau ada mk wajib 1 yg 3 sks nya saya buang dan menggantikan dengan mk pilihan 2 yang 2 sks-2 sks, untuk mempas kan sks 24.. Menurut mimin bagaimana baiknya

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Indriani | 1 bulan yang lalu

min masa cuti saya sudah selesai terus sya lanjut kuliah lgi tpi pas penawaran batas SKS yang saya ambil cmn 16 SKS pdhl sy ingat IPK sebelum cuti saya 3.20 hrusanya kn 24 SKS kn bantu jawab min sya smpe gk bisa tdr gara2 mikirin ini

Cuti Kuliah: Ketentuan dan Serba-Serbinya
Deni Y | 1 bulan yang lalu

apakah saya bisa berkontak dengan Pak Dimas

Profesiku: Kurator Musik, Dimas Ario
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1