3 Cara Cepat Meningkatkan Percaya Diri Menurut Psikolog

Ada beberapa situasi saat kita butuh ketenangan dan rasa percaya diri. Misalnya, pada saat wawancara kerja, pidato di depan umum, presentasi depan kelas, ketemu gebetan, dan masih banyak lagi. Untungnya, ada cara cepat juga untuk meningkatkan percaya diri di situasi-situasi tersebut.

1. Coba untuk melakukan pose super selama dua menit

Percaya Diri 1 - Youthmanual

Amy Cuddy, seorang psikolog sosial dari Harvard University dalam video TED bercerita tentang hubungan erat antara bahasa tubuh dan rasa percaya diri. Amy menyarankan untuk membuat ‘power-pose’ atau pose super supaya kamu bisa menumbuhkan rasa percaya diri dengan cepat.

Misalnya, coba tegakkan badan, sedikit menaikkan dagu, meletakkan tangan di pinggang dan bernafaslah dalam-dalam. Lakukan hal ini selama kurang lebih dua menit sampai detak jantung kamu teratur. Kamu juga bisa menaikkan tangan kamu ke atas membentuk huruf ‘V’ kayak seorang pemenang.

Menurut Amy, Bahasa tubuh bukan hanya mempengaruhi pandangan orang lain tetapi juga mempengaruhi pandangan kita terhadap diri sendiri. Kalau kamu percaya bahwa kamu seorang pemenang, maka rasa percaya diri akan tumbuh sedikit demi sedikit.

2. Bayangkan diri kamu sendiri di masa depan

Percaya Diri 2 - Youthmanual

Membayangkan masa depan yang cerah tentang diri sendiri di masa depan bakal membantu kamu untuk melewati perasaan takut gagal. Hal Hershfield, seorang pengajar teknologi marketing di New York University, melakukan uji coba dengan meminta para mahasiswanya membayangkan kesuksesan mereka di masa depan. Setelah itu, Hal meminta para mahasiswa untuk membuat proposal marketing sebagai tugas kuliah.

Banyak dari mahasiswa tersebut yang jauh lebih percaya diri dalam membuat rencana dan bertindak sebagai pengusaha. Menurut Hal, mereka akan menjadi lebih berani ketika mereka bisa membayangkan kesuksesan yang akan mereka capai.

3. Berterima kasih atas hidup kamu saat ini

Percaya Diri 3 - Youthmanual

Jenn Scalia, seorang aktifis psikologi yang telah melalui berbagai macam kegagalan bilang bahwa untuk bisa percaya diri, kamu harus merasa ‘cukup’. Jenn sendiri pernah dipecat, ditolak berbagai pihak, bahkan megalami masalah pribadi yang cukup berat dalam hidupnya. Tapi yang Jenn lakukan biar bisa terus move on adalah dengan terus menerus berterima kasih dan bersyukur.

Misalnya, daripada kamu stress mikirin rasa gugup sebelum tampil di sebuah event. Kenapa nggak kamu bersyukur bahwa kamu dikasih kesempatan untuk mencoba pengalaman tersebut? Nikmati setiap momen dan tampilkan diri kamu yang terbaik!

(Sumber gambar: isciencetimes.com, brighsite.me, breakuplounge.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 13 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1