7 Tips Cerdas Mendapatkan IPK Sesuai Harapan

Nilai akademis emang bukan segalanya, gaes. Tapi, bukan berarti hal tersebut lantas membuatmu menyepelekan nilai akademismu—apalagi kalau kamu udah kuliah. Cobalah pergunakan waktumu sebaik mungkin agar masa mudamu bisa bermanfaat dengan baik.

Nah, buat kamu yang masih sering kesulitan mendapatkan nilai kuliah sesuai ekspektasi, coba deh ikuti ke-7 tips cerdas di bawah ini.

1. Kenali cara belajar efektifmu

Gaes, kamu tim visual atau tim audio? Kalau kamu tim visual, berarti kamu lebih cocok belajar dengan cara membaca. Tapi, kalau kami tim audio, berarti kamu lebih cocok belajar dengan cara mendengarkan.

Buat tim visual, nih, biasanya kamu akan lebih senang membaca materi langsung dari buku daripada mendengarkan dosen berbicara. Kalau begitu, biasain, deh, membaca modul kuliahmu, sebelum dan sesudah dijelaskan oleh dosen.

Sementara kalau kamu tim audio, berarti kamu lebih senang menerima penjelasan dari dosen secara lisan. Kamu bisa belajar dari video-video atau bahkan kamu bisa merekam suaramu sendiri yang sedang membaca materi kuliahmu, lalu dengarkan kembali rekaman tersebut.

Selain itu, kamu juga perlu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Kamu bisa mendengarkan musik, alunan ayat-ayat kitab suci atau melodi musik—yang bisa membantumu meningkatkan konsentrasi belajar. Pokoknya, cobalah cari cara yang paling efektif biar kamu mudah memahami pelajaran.

2. Belajarlah sebelum masa kuliah dimulai

Kalau kamu benar-benar ingin mendapatkan nilai yang sesuai dengan harapanmu, maka kamu harus belajar saat libur kuliah atau sebelum waktu perkuliahan dimulai, gaes.

Kenapa? Biar saat perkuliahan telah dimulai, kamu bukannya baru mulai membaca dan mencoba mempelajari materi. Melainkan, kamu udah bisa langsung menanyakan kepada dosen perihal materi yang belum bisa kamu pahami sendiri.

3. Buat rangkuman

Dalam ilmu psikologi dikatakan bahwa dalam proses belajar, kita harus menggunakan memori jangka panjang, bukan memori jangka pendek.

Nah, untuk membuat ingatanmu lebih tajam, cobalah untuk mengulang kembali setiap materi kuliah yang telah kamu pelajari dengan cara membuat rangkuman. Hal ini akan membantu menguatkan memorimu mengenai materi kuliah yang udah kamu dapatakan.

4. Mulailah belajar menggunakan logika, bukan sekedar menghapal materi

Ini dia, nih, kebiasaan buruk yang harus kamu hentikan mulai dari sekarang. Belajar itu nggak cuma tentang menghapal aja, tapi lebih tepatnya adalah tentang memahami. Pada sebagian pelajaran memang ada beberapa materi yang harus kamu hapal betul angka-angkanya, misalnya seperti tahun berdiri suatu organisasi atau nama-nama ilmuwan.

Tapi, hal tersebut nggak berlaku bagi pelajaran-pelajaran yang mengharuskanmu menggunakan logikamu. Maka dari itu, biasakanlah untuk menggunakan logikamu agar setiap pelajaran bisa kamu pahami dengan baik.

5. Cari teman yang bisa memotivasimu untuk tetap semangat belajar

Tau nggak, teman itu sangat mempengaruhi dirimu. Kalau kamu ingin menjadi anak yang rajin, maka bertemanlah dengan orang-orang yang rajin.

Percayalah, dengan banyak dukungan dari orang lain, kamu akan semakin kuat dan semangat untuk meraih mimpi-mimpimu.

6. Jangan sungkan bertanya sama teman atau kakak tingkat

Terbatasnya waktu belajar di kelas emang kadang nggak memungkinkanmu untuk terus bertanya kepada dosen saat ada materi yang belum bisa kamu pahami. Untuk itu, kamu nggak boleh pantang menyerah. Kamu harus bisa berpikir kreatif.

Kamu bisa browsing di internet atau bahkan bertanya kepada teman atau kakak tingkatmu di kampus—yang ahli di suatu mata kuliah yang menurutmu sulit.

7. Siasati mata kuliah yang menurutmu paling sulit dengan mengejar nilai terbaik pada mata kuliah yang menurutmu lebih mudah

Jika emang ada satu mata kuliah yang tetap nggak bisa kamu pahami dengan baik, meskipun kamu telah mencobanya dengan sungguh-sugguh, maka ada baiknya kamu mengambil jurus terakhir ini, gaes.

Yakni, relakan saja mata kuliah yang memang nggak bisa kamu pahami dengan baik itu. Dan cobalah siasati dengan menguasai satu mata kuliah lainnya yang sekiranya telah kamu pahami dengan baik. Upayakan agar mata kuliah yang kamu kuasai itu bisa mendapatkan nilai A. Sehingga bisa menutupi kekuranganmu pada mata kuliah yang nggak bisa kamu pahami dengan baik tadi.

***

Nah, itulah beberapa tips cerdas yang bisa kamu lakukan agar nilai kuliahmu sesuai dengan harapanmu. Dan yang terpenting, jangan lupa untuk selalu berdoa setiap akan memulai belajar dan saat akan ujian.

Sebab, seberapapun keras usahamu untuk mendapatkan nilai yang memuaskan, semua itu nggak akan terjadi tanpa seizin Tuhan. Yuk, tingkatkan semangat untuk terus belajar!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: weheartit.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1