Alat-Alat yang Dibutuhkan untuk Membuat Vlog

Semua yang kita lakukan emang tergantung niat ya, gaes. Kalau niat kita nggak setengah-setengah dalam mengerjakan sesuatu, niscaya hasilnya juga bakal keliatan lebih baik. Nah, begitu juga dengan vlog. Kegiatan video blog yang lagi ngetren banget ini udah bikin para vlogger menjadi tenar dan akhirnya bisa mencari penghasilan dari vlog mereka.

Tapi jangan salah, para vlogger ini nggak cuma asal cuap-cuap depan kamera doang, lho. Beberapa dari mereka serius mikirin konsep, shoot dan segala peralatan buat ngevlog. Durasi vlog sendiri juga bervariasi. Ada yang tiga – delapan menit, ada juga yang mencapai waktu 20 menit (long vlogging).

Seperti kata Koh Chandra Liow, salah satu vlogger produktif di Indonesia, dia selalu berusaha nge-shoot dengan rapi, supaya hasilnya juga “cantik”.

“Gue nggak mau terburu-buru, nggak mau asal taro kamera, dan nggak mau gini-gini aja, nih [Chandra mempraktekkan gaya selfie].” Seru Koh Chandra saat pernah diwawancara tim Youthmanual beberapa waktu lalu.

Selain konsep yang original dan kamera, ini dia alat-alat yang kamu butuhkan ketika membuat vlog yang mumpuni. Harapannya, vlog yang kamu upload juga berkualitas dan akhirnya banyak yang nonton.

1. Pencahayaan

Lighting atau pencahayaan jadi unsur penting dalam membuat sebuah video. Kamu bisa pakai cahaya matahari alami atau cahaya dari lampu. Kalau kamu punya budget tambahan, bisa juga menggunakan lampu yang biasa digunakan untuk syuting seperti yang digunakan Chandra Liow di vlognya.

Vlog 1 - Youthmanual

2. Microphone

Biasanya, kalau bikin vlog langsung dari kamera HP, suara yang dihasilkan kurang maksimal. Alangkah lebih baik kalau kamu menggunakan microphone tambahan yang biasa dipasang di kamera. Vlogger Agung Hapsah biasanya ia menggunakan audio on board microphone yang diletakkan di atas kamera.

3. Memori

Memori juga menjadi salah satu alat penting nih, gaes. Jangan sampai pas lagi seru merekam, eh kameranya mati. Apakah bagian tersebut bakal diinput atau engga, putuskan aja nanti pada saat proses editing.

4. Baterai

Sama seperti memori, kamu juga harus memastikan bahwa baterai kamera kamu penuh atau cukup pada saat melakukan proses rekaman. Nggak lucu deh kalau kamu lagi dapat moment yang bagus, tiba-tiba harus stop gara-gara keabisan baterai.

5. Tripod

Untuk menjaga kualitas video supaya hasilnya nggak goyang, alangkah baiknya kalau kamu menggunakan tripod. Kamu bisa menggunakan mini tripod yang gampang dibawa kemana-mana. Sekarang ini, banyak trpod murah dijual online. Rajin browsing aja ya, gaes.

Vlog 2 - Youthmanual

6. Background

Emang, sih, nggak semua vlogger menggunakan background ketika bikin video. Terutama kalau kamu mau take a long vlog seperti yang sering dilakukan Raditya Dika. Tapi kalau jenis vlog kamu adalah tutorial atau review, sebaiknya persiapkan background yang proper tapi nggak mencolok.

7. Aplikasi Edit Video

Sebagai seorang vlogger, selain kamu memiliki kemampuan berbicara didepan kamera, kamu juga harus pandai untuk mengedit video. Beberapa aplikasi editing video yang biasa digunakan para vlogger yaitu, Adobe Premier, After Effect, iMovie dan Sony Vegas Pro.

Vlog 3 - Youthmanual

Tips lain dari Koran Sindo, Untuk bisa menghasilkan video yang menarik, isi video haruslan jelas informasi yang ingin disampaikan. Sebaiknya juga, konten yang kamu buat itu memiliki sesuatu yang unik alias beda dari vlogger kebanyakan.

Selamat berkreasi lewat vlog!

(Sumber gambar: istock.com, thephotographerslife.com, eternity-suck.blogspot.com, renderosity.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 21 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1