Bingung Menentukan Passion-mu? Tanyakan Kelima Hal Ini Kepada Dirimu Sendiri!

Kalau kamu mengartikan kata passion ke dalam bahasa Indonesia melalui google translate, pasti arti yang muncul paling besar atau yang paling pertama ialah "gairah". Akan tetapi, kalau misalnya kamu ditanyakan tentang apa passionmu, apakah passion disini masih memiliki arti gairah?

Well, secara etimologi, passion memang memiliki arti yaitu gairah. Namun, secara terminologi, passion memiliki arti yang berbeda-beda tergantung dari konteks yang digunakan. Kalau kamu ditanyai tentang "apa passion-mu" maka passion disini memiliki arti sebagai hal yang benar-benar kamu sukai dan akan terus kamu lakukan meskipun kamu merasa kesulitan atau di dalam kondisi sulit lainnya.

Nah, biasanya pertanyaan mengenai passion ini akan muncul ketika kamu memilih jurusan dan pekerjaan. Memangnya, kenapa, sih, kita harus menjalani perkuliahan dan bekerja sesuai dengan passion kita? Well, jawabannya adalah agar kamu terus menjalani perkuliahan dan pekerjaanmu dengan semangat meskipun kamu mengalami kesulitan atau bahkan walau badai menghadang (lah, malah kayak lirik lagu).

Pertanyaannya, hingga saat ini, apakah kamu sudah menemukan passion-mu, gaes? Pertanyaan seperti ini terkadang memang sukar untuk dijawab, ya. Nah, kalau kamu belum tahu apa passion-mu, yuk, cari tahu apa passion-mu dengan menanyakan hal-hal berikut ini kepada dirimu sendiri!

1. Hal apa yang ingin kamu kuasai?

Nah, hal pertama yang harus kamu tanyakan kepada dirimu sendiri ialah "hal apa yang ingin kamu kuasai?". Kenapa, sih, kamu harus menanyakan hal ini kepada dirimu sendiri? Karena, jika kamu memiliki sesuatu yang ingin kamu kuasai, pastinya, kamu pun menyukai hal tersebut, kan? Kalau kamu suka dengan suatu hal, saya yakin, kamu akan mempelajarinya dengan sepenuh hati.

Misalnya, nih, kamu suka main gitar, kamu sudah paham dasar-dasar main gitar, karena hal tersebut, akhirnya kamu ingin mempelajari cara memainkan gitar secara mendalam. Meskipun kamu akan menemukan trik-trik yang sulit, akan tetapi, karena kamu sudah sudah menyukainya, pasti, kamu tetap mempelajari trik gitar yang lainnya.

2. Prestasi apa yang kamu iri dari orang lain?

Ketika kamu melihat seseorang berprestasi, pernah kah kamu mengirikannya? Pernah kah kamu merasa bahwa kamu pun ingin memiliki kemampuan yang sama dengan orang tersebut?

Misalnya, nih, kamu punya teman yang menang juara satu lomba karya tulis. Ketika kamu mendengar kabar tersebut, kamu merasa bahwa kamu juga mau memiliki kemampuan seperti temanmu dan menang di lomba yang sama. Menurut Certified Career and Life Coach yang bernama Allison Task, banyak dari client nya yang mengidentifikasikan rasa iri dan justru malah menemukan passion-nya, lho!

3. Hal apa yang kamu sukai?

Nah, ada nggak, ya, hal-hal yang kamu suka bahkan tanpa disadari kamu selalu mengerjakan hal tersebut terus menerus sampai lupa pada waktu? Yap, hal tersebut juga bisa mengarahkanmu untuk menemukan passion-mu, lho, gaes.

Misalnya, nih, dari dulu, saya suka sekali menulis. Saya menulis diberbagai kesempatan seperti di kereta, di perjalanan mobil, di mall saat menunggu makanan dan sebagainya. Ternyata, meskipun saya capek, penat dengan aktivitas dan lain sebagainya, menulis menjadi hiburan bagi saya dan tanpa terasa waktu berlalu begitu saja. Yap, akhirnya, saya dapat mengatakan bahwa menulis merupakan salah satu passion saya.

4. Kemampuan apa yang menonjol pada dirimu?

Kamu juga harus mengetahui hal apa saja yang menonjol pada dirimu sendiri, nih, gaes. Kalau kamu bingung tentang apa, sih, kemampuanmu, kamu bisa, kok, menanyakannya kepada teman-teman terdekatmu.

Biasanya, passion ini nggak terlepas dari kemampuan yang menonjol pada dirimu, lho. Ketika kamu sudah mendapatkan apa kemampuan yang menonjol dari dirimu, kamu bisa mulai memilah dan memilih, hal mana saja yang kamu sukai dan voila! Kamu menemukan passion-mu!

5. Jika tidak ada yang mengomentari pilihanmu, kamu akan menjadi seseorang yang seperti apa?

Well, jika saya diberikan pertanyaan seperti di atas, mungkin saya akan menjawab bahwa saya ingin berkarir di rumah dan menulis banyak artikel atau penulis buku. Nah, kalau kamu dihadapkan dengan pertanyaan seperti itu, kamu mau jadi seseorang yang seperti apa, nih, gaes?

Biasanya, pemikiran seperti ini sesungguhnya menggambarkan tentang passion-mu, lho. Misalnya, nih, ketika kamu dihadapkan dengan pertanyaan seperti itu, kamu akan menjawab bahwa kamu ingin menjadi penyanyi. Berarti, passion kamu adalah menjadu seorang penyanyi.

***

Yap! Dengan mencoba mempertanyakan kelima pertanyaan di atas, kamu tentunya sudah berusaha untuk menemukan passion-mu, lho. Menurut saya, passion merupakan suatu hal yang perlu banget kamu cari dan kamu ketahui agar kamu nggak salah pilihan dalam mencari jurusan atau pekerjaan. Buat kamu yang belum menemukan passion-mu, yuk, tanyakan kelima pertanyaan ini kepada dirimu sendiri!

Baca juga:

(Sumber gambar: nbhap.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1