Lewat Lima Hal Kecil Ini, Orang-orang Bisa Menilai Kepribadianmu, Lho!

Ada pepatah terkenal berbunyi, “Don’t judge a book by it’s cover”. Jangan menilai orang dari tampilan luarnya saja. Tapi entah kita sadari atau nggak, saat pertama kali bertemu seseorang, kita sering langsung men-judge orang tersebut dari penampakan luarnya.

Bertentangan sama pepatah di atas? Jelas, iya. Tetapi masalahnya, menilai orang dari casing-nya seringkali nggak terhindarkan. Makanya, penilaian pertama sangat penting dan bisa menentukan nasib seseorang. Seorang cowok bisa ilfil duluan sama cewek yang penampilannya awut-awutan. Bahkan HRD perusahaan bisa langsung berpikir untuk menolak seorang calon karyawan (padahal dia belum diwawancara), karena calon karyawan tersebut terlambat datang wawancara.

Nah, kepribadian kamu bisa dinilai oleh lima hal kecil ini, lho.

1. Pilihan warna yang dikenakan

Patokan ini relatif lebih sering digunakan orang untuk menilai kepribadian orang lain, karena gampang untuk melihat warna pakaian yang dikenakan oleh orang yang mau kita nilai. Menurut artikel di majalah Psychology Today, orang yang suka mengenakan warna putih adalah orang yang terstruktur dan logis, sementara penikmat warna biru biasanya cinta damai, dan penyuka warna hijau biasanya setia dan menganggap reputasi adalah hal yang penting.

Kalau kamu suka warna merah, artinya kamu orang yang ambisius dan tahu goal yang ingin kamu raih. Kalau kamu suka kehidupan yang stabil, kamu akan lebih sering memilih memakai warna coklat. Bagi kamu yang suka warna ungu, biasanya artistik dan unik.

2. Tulisan tangan

Menurut sebuah penelitian, disimpulkan bahwa orang dengan tulisan tangan berukuran kecil cenderung pemalu. Sebaliknya, orang dengan tulisan tangan berukuran besar cenderung lebih pede dan suka mendapatkan perhatian.

Lalu, kalau tulisanmu tebal-tebal—bahkan sampai tercetak di balik kertas!—berarti kamu orang yang serius. Kalau tulisanmu tipis-tipis, kamu cenderung santai dan berempati.

3. Bahasa tubuh

Kadang bahasa tubuh mengekspresikan perasaan dan pikiran kita dengan lebih jelas, dibandingkan kata-kata. Soalnya, secara alami, tubuh kita selalu merespon situasi yang kita hadapi. Misalnya, saat kita berbohong, secara refleks kita akan memegang hidung, bibir, atau telinga kita. Contoh lainnya, orang yang gigit-gigit kuku biasanya sedang merasa kebosanan, jenuh, atau malah tegang.

4. Sepatu

Ternyata sepatu bisa mencerminkan kepribadianmu, lho, gaes. Para peneliti dari University of Kansas membuktikan bahwa kita bisa memprediksi usia, pendapatan, bahkan kondisi emosi seseorang hanya dengan melihat sepatunya. Dan tanpa mendalami ilmu psikologi pun, hal ini sebenarnya menggunakan logika aja, sih! Misalnya, pengguna sepatu yang meriah dan berwarna-warni biasanya ekstrovert. Trus, pengguna sepatu yang nggak baru tetapi masih kelihatan kinclong berarti rapi dan telaten

5. Jabat tangan

Jabat tangan adalah satu kegiatan yang pasti dilakukan semua orang kalau bertemu orang baru. Nah, kesan pertama seseorang bisa terlihat dari caranya berjabat tangan. Orang yang berjabat tangan dengan kuat dan mantap biasanya punya kepribadian yang percaya diri, ekstrovert, dan ekspresif. Sebaliknya, orang yang berjabat tangan jabat tangan lemah menunjukkan dirinya kurang percaya diri dan cenderung menghindari tantangan.

Trus, kalau kamu tipe orang yang suka menawarkan jabat tangan duluan, artinya kamu ramah. Jadi kalau kamu mau mendapat kesan pertama yang oke, ulurkan tanganmu terlebih dahulu, dan jabat tangan lawan bicaramu dengan mantap, gaes!

(sumber gambar : cosmopolitan.co.id, 9bridges.org, vogue.com, wsj.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 30 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1