Membongkar Rahasia Foto Kece Instagramer, Mulai dari Kamera, Aplikasi Editing, Sampai Inspirasinya!

Apa aja, sih, kamera, aplikasi photo editing, bahkan referensi yang dibutuhkan untuk bisa menciptakan feed Instagram yang keren? Youthmanual pun membongkar “perlengkapan perang” Instagramer foodie dan fashion Marieta Ekananda Utami (@marieta.eu) dan Widya Sesarika (@sesarika). Check them out!

Kamera

iPhone 5 dan iPhone 6

 “Sejauh ini, kebanyakan foto di Instagramku diambil dengan kamera iPhone 5, berhubung praktis dan nggak berat,” kata Marieta Ekananda Utami (@marieta.eu). Hal ini berbeda dengan Widya Sesarika (@sesarika), yang lebih suka memotret dengan kamera. Widya hanya menggunakan iPhone 6 ketika mengambil foto bergaya flat lay. “Khusus untuk foto flat lay, menurutku lebih enak pakai handphone ketimbang kamera. Kalau dengan kamera, agak susah.” jelasnya.

Canon EOS 500D

 “Sekarang, aku mulai membiasakan diri pakai kamera. Kalau dengan kamera, hasil fotonya lebih bokeh (fokus pada objek, sementara sekelilingnya blur),” ujar Marieta. Menurut review di situs gadget, kamera Canon EOS 500Dini memang cocok untuk newbie yang baru mulai pakai kamera SLR digital.

Fujifilm XM-1

Youthmanual instagram

Untuk foto OOTD, fashion, atau objek lainnya, kamera Fujifilm XM-1 menjadi andalan Widya, dengan tambahan lensa Fujinon XF 35mm f1.4.
“I bought it about a year ago and so far I'm satisfied with this camera. Kamera ini gampang digunakan untuk pemula kayak aku. Awalnya, aku selalu pakai auto mode saat memotret. Tapi trus adikku—yang ikutan ekskul fotografi—mengajarkan cara menggunakan manual mode, dan ternyata it's so easy! Hal yang aku suka dari kamera ini adalah kualitas gambar dan warnanya. Selain itu, kamera ini punya fitur wi-fi transfer, jadi aku bisa langsung mengirimkan foto dari kamera ke handphone-ku. Trus, karena body kameranya nggak terlalu besar dan berat, aku jadi gampang membawanya ke mana-mana.”

Aplikasi Editing

VSCO

VSCO

VSCO adalah aplikasi fotografi mobile yang bisa di-download di Android atau iOS untuk foto dan editing. Aplikasi ini banyak digunakan oleh Instagramer dan orang-orang yang suka memotret dengan ponsel. Bagi Marieta dan Widya, manfaat utama VSCO adalah sebagai “etalase” untuk mengetes tampilan foto pada Instagram. Yup, dengan VSCO, foto-foto bisa disimpan dan ditampilkan seperti layaknya display Instagram.

“[Lewat VSCO], kita jadi bisa melihat, apakah foto yang mau di-post di Instagram cocok dengan foto di sampingnya (foto sebelumnya) atau foto di bawahnya. Misalnya, kalau ada dua foto tipe flat lay yang berjejer, akan kelihatan monoton. Nah, hal ini bakal ketahuan dengan melihat di VSCO terlebih dahulu, sebelum di-upload di Instagram,” jelas Marieta dan Widya.

Snapseed

snapseed

Aplikasi mobile photo editing inilah yang paling sering dipakai Marieta dan Widya. Aplikasi ini bisa dipakai untuk koreksi warna dan brightness, cropping, hingga memberikan berbagai efek sehingga hasil fotonya pun jadi lebih ciamik.

Inspirasi

@ziiarch

“Akun ini menampilkan flat lays dengan banyak barang. Barang kecil-kecil kayak koin pun bisa terlihat keren di situ. Selain itu, aku juga terinspirasi oleh Instagram @ditut dan @anakjajan,” ungkap Marieta.

Fashion Bloggers E!

Sementara itu, Widya justru terinspirasi oleh tayangan TV kabel Entertainment! Channel, “Aku terinspirasi banget sama reality show tentang fashion bloggers di Australia. Bahkan gara-gara tayangan tersebut, aku jadi berniat bikin blog.” Meski demikian, Widya juga tetap terinspirasi oleh banyak Instagramer lain, seperti...

@fashionwithfaith

@viva_la_wow

@kaity_modern

@harperandharley

@oraclefoxblog

@chantal_li

(sumber gambar: Tisam, Instagram, @ziiarch, theaccelblog.squarespace.com, imore.com)

LATEST COMMENT
ceyi | 7 menit yang lalu

bisa aja kok

Kenal Lebih Dekat dengan Jurusan Jurnalistik, Yuk!
ceyi | 8 menit yang lalu

kamu bisa linjur di SBM aja, SNM peluangnya kecil banget karena lebih prioritasin anak IPS

Lintas Jurusan pada SNMPTN, Bolehkah?
Nanda Kyala | 5 jam yang lalu

Kak saya mau bertanya, jika anak IPA mengambil lintas jurusan Manajemen bisa tidak kak? Dan kira-kira jika bisa itu di univ mana ya kak? Tolong di jawab ya kak. Terimakasih

Lintas Jurusan pada SNMPTN, Bolehkah?
Mergreci Jelia | 1 hari yang lalu

Kak saya suka nulis dan rencananya saya mau ngambil jurusan ilmu komunikasi di bidang jurnalistik, kira-kira saya bisa jadi penulis berita nggak Kak?

Kenal Lebih Dekat dengan Jurusan Jurnalistik, Yuk!
RIZKA FAUZIYAH | 4 hari yang lalu

Bismillah masuk arsitektur

25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1