Tips Jitu Bangkitkan Semangat Kuliah Buat Kamu yang Sedang Merasa Salah Jurusan Kuliah

Banyak orang yang berkata bahwa kuliah merupakan jenjang pendidikan yang lebih tinggi untuk mempersiapkan masa depan. Dengan kata lain, jurusan kuliah yang dipelajari di bangku kuliah akan menjadi bekalmu untuk terjun ke dunia kerja.

Namun, hingga saat ini, masih ada saja orang-orang yang merasa salah jurusan kuliah, meskipun sudah terlanjur jauh menjalaninya. Padahal, perasaan seperti itu belum tentu sepenuhnya benar, lho, gaes. Mungkin perasaan itu hanya bagian dari fase jenuh kuliah atau kurangnya motivasi belajar.

Kalau kamu termasuk salah satunya, yuk, ikuti 5 tips jitu bangkitkan semangat kuliah tips berikut ini biar kamu nggak langsung menyerah saat sedang merasa salah jurusan kuliah. Check it out!

1. Hilangkanlah segala pikiran negatif tentang jurusan kuliah yang sedang kamu jalani

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengubah pola pikir. Kalau penyebab kamu merasa kuliah di jurusan yang salah adalah karena kamu nggak menyukai jurusan kuliah itu, maka kamu harus berhenti berpikir negatif mengenai jurusan kuliah yang sudah kamu pilih itu.

Cobalah untuk lebih menyukainya agar kamu nggak merasa bosan. Bayangkan, kalau kamu buru-buru pindah ke jurusan lain tapi ternyata tetap merasakan hal yang sama, jadi sia-sia, ‘kan? Artinya, pindah jurusan kuliah bukanlah satu-satunya jalan karena kamu malah bisa kehilangan banyak hal—mulai dari energi, waktu, biaya, dan lain-lain.

2. Bertemanlah dengan teman-teman yang bisa membuatmu betah belajar

Seringkali penyebab munculnya perasaan salah jurusan kuliah adalah kamu nggak paham dengan materi-materi perkuliahan, merasa stres karena tugas kuliah yang menumpuk, materi ujian yang super sulit, dan lain sebagainya.

Tapi, kamu pernah dengar istilah “malu bertanya sesat di jalan”, ‘kan, gaes? Nah, kalau kamu sedang merasakan kuliah di jurusan yang salah, tapi kamu malah diam-diam saja tanpa mencoba berbuat apapun, percayalah itu akan jadi sumber malapetaka selanjutnya buat kamu.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu berkomunikasi  dengan orang lain. Misalnya gini, dalam suatu lingkup kampus, pasti ada, dong, mahasiswa yang jago dan cerdas dalam bidangnya. Begitu juga dengan lingkup kelasmu, pasti ada beberapa dari temanmu yang nilai akademiknya di atas kamu, bukan? Well, selagi kamu masih punya teman yang baik lagi pintar dan mau membantu kesulitanmu, percayalah kuliahmu akan tetap berjalan dengan baik meskipun kamu merasa kuliah di jurusan yang salah.

Trus, kalau kamu belum terlalu dekat dengan temanmu yang pintar itu, cobalah mulai sekarang jangan malu atau sungkan untuk meminta bantuan dari dia. Kalau dia adalah teman yang baik, pasti dia akan membantu kamu dengan senang hati. Tapi, kalau dia bukan teman yang baik, dia akan menolak dengan penuh alibi, sehingga segeralah cari teman yang lain—yang kamu anggap lebih pintar dari kamu.

Oyaa… perlu kamu ingat juga, ya. Meskipun saya memang sangat menganjurkan kamu buat minta bantuan teman, tapi kamu tetap harus tahu diri. Hah? Tahu diri gimana maksudnya?

Ya, jangan sampai apa yang kamu tanyakan justru malah membuat temanmu itu jadi enggan buat bantu kamu lagi atau jangan sampai pertanyaan yang kamu punya terlampau banyak atau jangan sampai kamu sering memaksakan waktu agar dia membantu kamu (wah!). Intinya, jangan sampai semua itu terjadi. Sebab, menjalin komunikasi dengan teman yang jago di semua mata kuliah adalah kewajiban, selain kamu mendapatkan ilmu, kamu juga jadi lebih enjoy menjalani perkuliahan.

3. Cari tahu peluang karier yang berkaitan dengan jurusan kuliahmu

Perasaan salah jurusan kuliah juga bisa terjadi karena minimnya informasi tentang prospek karier dari jurusan kuliahmu itu. Misalnya saja, saat ini kamu sedang kuliah di jurusan Sastra. Nah, setahu kamu atau orang-orang di sekitar kamu—lulusan Sastra cuma bisa jadi Penulis Puisi, Penulis Lirik, dan Penulis Kreatif saja. Padahal lulusan Sastra memiliki banyak peluang karier yang menjanjikan, seperti Diplomat, Penerjemah , dan lain-lain yang bisa kamu baca lebih lengkap di sini: Lulusan Sastra Bisa Apa? Bisa Jadi Diplomat, Kerja di Perusahaan Multinasional, dan Keliling Dunia, Dong!.  

Intinya, setiap jurusan kuliah pasti punya banyak peluang karier, nggak terkecuali dengan jurusan kuliah yang saat ini sedang kamu jalani. Kamu hanya perlu menggali informasi lebih dalam tentang peluang karier dari jurusan kuliahmu tersebut di sini. Dengan begitu, kamu akan sadar bahwa jurusan kuliahmu itu ternyata punya peluang yang besar banget untuk membuatmu sukses.

4. Baca kisah hidup orang-orang yang sukses dari jurusan kuliahmu

Biar makin semangat, kamu juga bisa, lho, mencari tahu kisah hidup orang-orang sukses yang berasal dari jurusan kuliah—yang kamu anggap salah itu. Selain mencari tahu kisah hidup dari buku, kamu juga bisa mengetahui kisah-kisah orang-orang sukses dengan menonton berbagai film biografi atau literatur lainnya.

Dijamin, deh, kamu akan semakin termotivasi untuk bisa berhasil, meskipun kamu merasa kuliah di jurusan yang salah. Sebab, mereka saja sudah membuktikan bahwa mereka bisa sukses, sehingga nggak menutup kemungkinan juga kamu bisa seperti mereka kalau kamu benar-benar serius menekuni jurusan kuliahmu.

5. Ingatlah harapan orang tua kepadamu

Yap! Yang satu ini juga nggak kalah penting, gaes.  Soalnya, semua orang tua, pasti memiliki harapan yang besar kepada anak-anaknya. Nah, begitu juga yang terjadi sama kamu. Saat kamu sudah nggak memiliki semangat, ingatlah seberapa besar orang tuamu menaruh harapan pada kesuksesanmu.

Daripada mundur dan menyerah, alangkah lebih baiknya kalau kamu mencoba untuk menikmati proses belajar di jurusan kuliah yang kamu pilih itu. Dengan begitu, harapan orang tua untuk bisa melihat kamu cepat lulus dan menjadi orang sukses bisa segera terwujud.

***

Itu dia beberapa tips jitu bangkitkan semangat kuliah buat kamu yang sedang merasa salah jurusan kuliah. Maka dari itu, saya nggak bosen-bosen buat mengingatkan. Kalau kamu nggak mau berada di jurusan kuliah atau profesi yang salah, kamu sudah harus paham betul mengenai bakat, minat, passion apa saja yang ada pada dirimu.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: blog.thecenterforsalesstrategy.com, concorde.edu, talkshop.ph)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1