Pesan Buat Para Anak Magang dari Para Profesional di Dunia Kerja

Menjadi anak magang di sebuah perusahaan bukan perkara sepele. Soalnya, anak magang juga akan dinilai profesionalitasnya. Dengan menjadi anak magang di sebuah perusahaan, kita sudah menjadi bagian dari perusahaan tersebut, gaes. Itu artinya, kita harus paham visi misi dan nilai-nilai yang dipegang oleh perusahaan tersebut.

Kebanyakan anak magang justru merasa menjadi bagian terpisah dari perusahaan. Ibaratnya, kita cuma tentara bala bantuan aja. Padahal, kamu juga punya peran penting, lho. Selain itu, kamu juga bisa belajar banyak sebagai catatan untuk berkarier lebih baik.

Berikut pesan dan harapan buat para anak magang dari para profesional di dunia kerja.

"Kalo yang gue amati, anak muda zaman sekarang terutama yang lagi pada magang, mereka udah nggak malu-malu lagi untuk bertanya soal pekerjaan. Masalahnya, kadang mereka sering kebablasan nanya sampai hal-hal detail. Padahal, nggak semua karyawan suka ngobrol dan suka menginstruksikan pekerjaan. 

Jadi pesan gue, begitu lo magang di sebuah perusahaan, baca karakter orang-orang yang ada di dalamnya. Pilih mana yang bisa lo "ganggu" untuk dijadikan mentor. Lalu belajarlah sebaik-baiknya lewat mentor tersebut. Pahami aturan kerja lo dan sebisa mungkin pertahankan kredibilitas."

-Deni, Representatif Layanan Konsumen ‍/ Head of Customer Service and Value Added Service aStore Indonesia-

***

"Banyak anak magang "nrimo" kalau disuruh ngerjain pekerjaan yang bersifat teori. Padahal, kamu punya hak untuk belajar praktek juga, lho. Coba, deh, minta kesempatan untuk ikut melakukan hal-hal penting bersifat praktikal ketika kamu magang di sebuah perusahaan. Jadi, masa magang itu bisa jadi tempat untuk kamu memanfaatkan dan menerima ilmu dengan baik. 

Awalnya, perusahaan pasti deg-deg-an ngasih kamu pekerjaan penting. Tapi kalau kamu menunjukkan keinginan dan inisiatif tinggi, kita pasti mau mendampingi, kok."

-Marini Sastri, Manajer Umum dan Operasional ‍/ General Manager Trendreader Indonesia-

***

"Jangan baper kalau kamu sering nggak dianggap atau nggak dipedulikan. Once you get through it, you will be success! Sebetulnya perusahaan mau mengajarkan sistem di perusahaan dari yang paling bawah sampai paling atas. Kalau kamu sudah terbiasa di posisi yang gampang, kamu akan menghargai sebuah pekerjaan ketika kamu ada di posisi atas.

Pesan lain yang bisa saya sampaikan adalah coba jujur sama diri sendiri ketika bekerja. Misalnya, jangan korupsi waktu meskipun kamu adalah anak magang. Datang tepat waktu, selesaikan pekerjaan apaun yang diberikan. Karena etos kerja seperti ini akan terbawa sampai kamu terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya nanti. Kalau kamu menunjukkan sikap profesional, biasanya perusahaan bakal jatuh cinta sama kamu sejak kamu jadi anak magang. Abis itu, ditawarin jadi karyawan beneran, deh!"

-Dwisapto Dedi Priono, Manajer Fasilitas‍ / Facility Management Manager Commonwealth Bank- 

***

"Wahai para anak magang sekalian, gunakan masa magang dengan sebaik-baiknya. Serap ilmu sebanyak-banyaknya. Percaya sama gue, dunia kerja itu keras banget! Komitmen tinggi dan tanggung jawabnya nggak main-main. Ibaratnya, magang bis ajadi arena "pemanasan" buat lo. Pengalaman gue, dulu gue magang santai-santai aja. Pokoknya yang penting bisa laporan tugas akhir buat kampus. Harusnya, gue bisa memanfaatkan masa itu buat belajar lebih banyak. 

Sekarang gue udah kerja beneran, kesel banget kalau ada anak magang yang kayak gue dulu. Perbanyak inisiatif, jangan nunggu disuapin dan yang paling penting, terutama buat anak magang di dunia teknologi dan start up, cepat tanggap kalau balas email atau whatsapp! Hahaha! World ris unning so fast and we need you."

-Novan Adrian, Pengusaha/Wirausahawan‍ / Chief Executive Officer Etalastic

 

(Sumber gambar: dishntell.files.wordpress.com, amazonaws.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Kurnia Laili Muna | 14 hari yang lalu

wah! informasi yang sangat bermanfaat bagi calon mahasiswa yang sedang mempertimbangkan jurusan sosiologi. selain 10 Universitas yang telah disebutkan diatas, ada juga universitas yang mempunyai jurusan sosiologi loh! yakni UIN Walisongo Semarang. jangan lupa kunjungi laman https://walisongo.ac.id/…

Kenalan Lebih Dekat Program Studi Sosiologi, Yuk!
LAILY RAHMAWATI UIN Walisongo Semarang | 19 hari yang lalu

Bingung mau kuliah dimana? Ingin berkuliah di kota dengan biaya hidup murah? Mari berkuliah di SEmarang. Kunjungi juga laman kami di https://walisongo.ac.id/

Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia Tahun 2019
Kurnia Laili Muna | 19 hari yang lalu

wah! informasi yang bermanfaat khususnya bagi calon-calon mahasiswa yang sedang bimbang memilih Universitas. Mungkin kalian berkeinginan berkuliah di UIN Walisongo Semarang, maka cobalah untuk membuka laman resmi kampus kami di https://walisongo.ac.id/ ^^

Tips dan Trick dalam Mencari Informasi Seputar Kampus yang Diinginkan
Kurnia Laili Muna | 20 hari yang lalu

tak kalah menarik dengan UIN Syarif Hidayatullah, UIN Walisongo juga memiliki hal-hal yang disebutkan. silakan kunjungi https://walisongo.ac.id/ untntuk mengetahui seputar UIN Walisongo Semarang

4 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Qwyzer | 21 hari yang lalu

Saya punya keinginan untuk menjadi pilot, semoga pesan ini tersampaikan dgn versi diriku yang sudah menjadi seorang pilot, Aamiin

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1