Inilah 15 Perguruan Tinggi Indonesia Paling Dicari. Cek Informasi Penerimaan Mahasiswanya di 2019

Inilah perguruan tinggi yang paling banyak dicari di Youthmanual pada sepanjang tahun 2018. Sebagian adalah PTN, dan ada pula yang perguruan tinggi swasta. Ya, banyak yang pengen tahu atau bahkan berminat masuk kampus tersebut. Simak pula informasi seputar penerimaan mahasiswa baru tahun 2019 di 15 perguran tinggi tersebut.

1. Universitas Indonesia 

Kampus yang terletak di Depok ini menduduki urutan teratas yang paling banyak dicari. Tak heran sih, mengingat UI sangat terkenal dan kerap menjadi kampus no 1 di Indonesia dalam berbagai survei dan pemeringkatan. Berbeda dengan sebelumnya, di 2019 UI membuka seleksi mandiri SIMAK UI.  Kuotanya adalah SNMPTN 30 persen, SBMPTN 40 persen, dan SIMAK UI 30 persen. Selain S1 ada juga program vokasi (D3) dan S1 Pararel yang bisa dipilih calon maba. Jadwal lengkap penerimaan mahasiswanya bisa kamu cek di sini.

2. Universitas Gadjah Mada 

Kampus di Yogyakarta ini juga merupakan favorit dan memiliki 67 prodi S1 Saintek dan Soshum. Jurusan di UGM memiliki keketatan yang tinggi, apalagi prodi favorit seperti Hubungan Internasional, Psikologi, Kedokteran, Teknologi Informasi, dan lainnya. Tahun ini, rencananya akan tambahan prodi Aktuaria. Untuk masuk S1 UGM bisa melalui SNMPTN, SBMPTN, dan Utul UGM. Jadwal seleksi mandiri (Utul UGM) belum keluar, namun tahun lalu pendaftaran dibuka Mei hingga Juni, sementara tes berlangsung Juli.

3. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 

PTN ini memiliki 11 fakultas. Uniknya nggak semua fakultas memiliki jalur masuk yang sama. Lima fakultas dengan prodi umum, seperti Ekonomi dan Bisnis, FISIP, Psikologi, Sains dan Teknologi, serta Kedokteran dan Kesehatan bisa dimasuki lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN. Sementara Fakultas lain yang mempelajari tentang agama,memiliki jalur masuk Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan  Islam Negeri  (SPAN-PTKIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan  Islam Negeri (UM-PTKIN).

4. Universitas Pamulang 

PTS ini memiliki tujuan yang keren, yaitu menyediakan pendidikan tinggi yang murah sehingga dapat terjangkau oleh seluruh kalangan. Saat ini Universitas Pamulang memiliki 6 fakultas, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas MIPA, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, dan Fakultas Sastra. Penerimaan Mahasiswa Baru 2019/2020 pun tengah berjalan, yang mana gelombang II berlangsung Februari.

5. Universitas Brawijaya (UB)

PTN yang terletak di Malang ini memiliki daya tampung yang besar, yaitu lebih dari 11 ribu mahasiswa program sarjana. Ada 3 jalur utama untuk masuk, yakni SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri (Selma). Selain itu, ada juga seleksi masuk khusus untuk program vokasi. Sebagai gambaran, inilah program studi di UB dengan jumlah pemilih terbanyak pada SNMPTN 2018 lalu.

  1. Akuntansi  2.387 peminat.
  2. Agroteknologi  2.136 peminat
  3. Farmasi  2041 peminat
  4. Agribisnis  1929 peminat
  5. Ilmu Administrasi Bisnis  1.815 peminat
  6. Gizi Kesehatan  1.785 peminat
  7. Pendidikan Dokter  1.741 peminat
  8. Teknik Sipil  1.741 peminat
  9. Teknik Industri  1.692 peminat
  10. Ilmu Hukum  1.664 peminat.

6. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Inilah salah satu PTN paling diminati yang berada di Bandung. Komunikasi, Kedokteran, HI, Teknik Informatika, dan Psikologi termasuk prodi yang jadi favorit. Pada tahun-tahun sebelumnya, Unpad hanya membuka jalur SNMPTN dan SBMPTN. Nah, baru di 2019, kampus yang berdiri tahun 1957 tersebut membuka jalur mandiri. Rencana pembagian kuotanya adalah 25 persen SNMPTN, 50 persen SBMPTN, dan 25 persen mandiri.

7. Universitas Sriwijaya (Unsri)

Perguruan tinggi yang berdiri sejak tahun 1953 berada di Sumatera Selatan. Unsri memiliki 3 jalur utama masuk S1 yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan USM atau Ujian Seleksi Mandiri. Tahun ini kampus Unsri menjadi salah satu lokasi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk SBMPTN. Untuk penerimaan mahasiswa baru program sarjana 2019, Unsri membuka total sekitar 6300 kursi. Manajemen, Akuntansi, Kedokteran, dan Farmasi termasuk prodi yang sangat diminati di Unsri. Kampus ini bertekad menjaring calon maba terbaik sehingga target agar mahasiswanya lulus tepat waktu (8 semester atau maksimal 10 semester) dapat terwujud..   

8. Universitas Diponegoro 

PTN yang terletak di Semarang ini termasuk kampus yang kompetitif. Berdasarkan rata-rata nilai SBMPTN peserta yang diterima, Undip menduduki peringkat 7 untuk Saintek dan 6 untuk Soshum. Total, ada 34 prodi Saintek dan 17 prodi Soshum yang bisa dipilih. Tahun ini, Undip kembali membuka jalur mandiri (UM). Pendaftaran UM dimulai 1 Mei hingga 5 Juli mendatang. Ujian mandiri berlangsung pada 20 Juli dan diumumkan pada 30 Juli 2019. Tenang, ada 20 lokasi UM yang tersebar di berbagai kota, antara lain Aceh, Jakarta, Surabaya, Makassar, Pekanbaru, dan Batam. Materi yang diujikan untuk prodi Saintek adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia, sedangkan materi ujian Soshum adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPS Terpadu (Geografi, Ekonomi, Sejarah, Sosiologi), dan PPKn.

9. Universitas Airlangga 

Unair merupakan kampus yang memiliki prestasi akademik sekaligus prestasi non akademik dengan berbagai pencapaian mahasiswanya. Prodi yang relatif banyak pemilihnya di situ antara lain, Kedoktean, Pendidikan Apoteker, Manajemen, Hukum, Kesehatan Masyarakat, dan Psikologi. Kampus yang rencananya membuka prodi baru Ekonomi Digital di tahun 2019 ini belum mengeluarkan jadwal penerimaan mahasiswa terbaru.  

10. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang 

Kampus yang berada di Palembang ini terdiri atas Fakultas Syariah, Tarbiyah dan Keguruan, Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Adab dan Humaniora, Ekonomi dan Bisnis Islam, Dakwah & Komunikasi, Sains dan Teknologi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Psikologi. Ada 5 jalur masuk utama yaitu SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan  Islam Negeri  (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan  Islam Negeri (UM-PTKIN), serta Ujian Mandiri.

11. BINUS University 

Kampus yang berdiri sejak tahun 1985 ini merupakan salah satu kampus swasta beken. Binus identik dengan komputer, hal ini mungkin karena di tahun 1974 berdiri tempat kursus komputer yang menjadi cikal bakal Binus. Selain itu, prodi di bidang Komputer seperti Ilmu Komputer dan Sistem Informasi Binus, termasuk jurusan favorit calon maba. Selain Komputer ada juga prodi bidang Akuntansi dan Keuangan, Komunikasi, Seni dan Desain, Teknik, Humanities (Ilmu Budaya), hingga Bisnis. Banyak Binusian (mahasiwa dan alumni) yang terjun ke dunia startup dan sukses, seperti Kevin Osmond (founder Printereous) dan William Tanuwidjaja (cofounder Tokopedia). Pendaftaran maba Binus telah dibuka dan terdiri dari beberapa gelombang serta terbagi per daerah. Di antaranya, Jakarta (hingga 17 Januari), Batam (hingga 21 Februari), Semarang (hingga 28 Februari), Palembang (hinga 28 Februari), dan lainnya. Tesnya mencakup materi logika, abstraction-non-verbal, and verbal . Untuk beberapa prodi seperti DKV dan Arsitektur ada tes tambahan sesuai studi yang diminati.

12. Institut Pertanian Bogor 

Bagi anak IPA yang tertarik kuliah di bidang Saintek bisa mengecek IPB karena semua prodi yang ditawarkan masuk rumpun Saintek. Selain Fakultas Pertanian, adapula Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan , Fakultas Peternakan, Fakultas Kehutanan, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Fakultas Ekologi Manusia, dan Sekolah Bisnis. IPB juga memberlakukan sistem Major Minor, sehingga selain mempelajari prodi (major) yang diambil, mahasiswa bisa belajar materi ilmu lain (minor). Tahun ini, IPB memiliki kuota 40 persen untuk SNMPTN.

Simak informasi penerimaan mahasiswa baru IPB 2019 di sini.

13. Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT)

Universitas Muhammadiyah tersebar di beberapa kota Indonesia, termasuk Universitas Muhammadiyah Tangerang yang berdiri tahun 2009. Prodi yang ditawarkan antara lain Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan, Perbankan Syariah, Teknik Sipil, Teknik Informatika, dan lainnya. Untuk dapat lulus dari UMT, selain merampungkan syarat akademik, mahasiswa harus memiliki sertifikat bahasa Inggris dari kampus. Soalnya, UMT memandang bahasa Inggris sebagai salah satu skill penting yang mesti dikuasai lulusannya agar dapat bersaing di era industri 4.0.

14. Telkom University 

Dengan 30 prodi yang ada, tiap tahun kampus yang terletak di Bandung ini menerima sekitar 3000 mahasiswa baru dari berbagai daerah. Kampus yang masuk dalam daftar PTS terbaik versi Kemenristekdikti serta Best Green Campus ini dikenal sebagai kampus dengan fasilitas teknologi penunjang perkuliahannya, seperti internet yang superkencang dan ruang multimedia. Untuk penerimaan mahasiswa 2019, Ujian Tulis Gelombang 1 telah dibuka hingga 9 Februari 2019 mendatang, sedangkan tes berlangsung pada 10 Februari 2019. Daaan ada kabar gembira, gaes Telkom University bersama Youthmanual bikin program Technology, Arts, & Design Scholarship, alias beasiswa untuk prodi bidang seni, desain, dan teknologi yang ada  di fakultas Teknik serta fakultas Industri Kreatif.

Info lengkapnya bisa kamu cek di sini.

15. UNS

PTN yang terletak di Surakarta ini memiliki 3 jalur masuk utama, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Namun seleksi mandirinya biasanya memakai skor SBMPTN. Tahun ini UNS menerima lebih dari 6000 mahasiswa program sarjana, dan 2000 di antaranya atau 30 persen lewat jalur SNMPTN. Kedokteran, Teknik Sipil, Psikologi, Komunikasi, Akuntansi, dan Manajemen termasuk prodi yang paling diminati di UNS.

(Sumber gambar: ipb.ac.id)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 25 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1