Tip Sukses Menghadapi Seleksi Mandiri PTN 2020

Seleksi Mandiri 2020 merupakan salah satu jalur masuk ke PTN favoritmu. Seleksinya ada yang dilakukan dengan ujian mandiri ada pula yang dilakukan tanpa tes. Nah, peluang Ujian Mandiri di tahun 2020 ini cukup besar, yaitu rata-rata mencapai 30 persen dari kuota keseluruhan. Bahkan, Universitas Indonesia mematok setengah alias 50 persen dari daya tampungnya untuk jalur Seleksi Mandiri. So, persiapkan dirimu sebaik mungkin untuk menghadapi Seleksi Mandiri dengan menjalankan tip sukses berikut ini:

1. Terus update informasi pelaksanaan seleksi mandiri PTN yang kamu tuju, terutama mengenai jadwal.

Kenapa? Yup, dalam situasi pandemi Covid 19 seperti saat ini, banyak jadwal yang dimundurkan dan berubah. Kebanyakan PTN memang sudah mengeluarkan jadwal. Namun ada yang masih tentatif alias mungkin berubah seperti Ujian Tulis UGM.

Selain itu, teknis pelaksanaan dan aturan juga perlu terus dipantau. Sebab ada PTN yang baru akan menjelaskan aturan main tersebut menjelang pendaftaraan/ujian. Dan mungkin saja ada perkembangan kebijakan baru lainnya yang penting diketahui peserta seleksi mandiri.

2. Kamu BOLEH BANGET ikutan seleksi mandiri di lebih dari satu PTN. Pastikan aja jadwal ujiannya nggak bentrok, ya.   

3. Pilih prodi dengan tepat. Apapun seleksinya, pemahaman yang cukup mengenai program studi yang ditawarkan sangat penting. Nah, biasanya di seleksi mandiri kamu bisa memilih lebih dari 2 prodi (kalau SNMPTN dan SBMPTN kan terbatas 2 prodi). Malah di beberapa PTN kamu juga bisa memilih prodi S1 reguler, D3 Vokasi, dan S1 Pararel sekaligus. Dengan kata lain, pilihan pada Seleksi Mandiri relatif lebih banyak.

Artinya kamu harus memperluas pengetahuanmu mengenai prodi. Jika sebelumnya hanya mentok pada dua pilihan, perluas kemungkinan prodi lain yang diminati. Cari tahu juga jurusan-jurusan yang ada di Vokasi serta program Pararel.

4. Ketahui persyaratan prodi yang kamu incar. Misalnya, ada prodi yang boleh lintas jurusan dan ada juga yang tidak boleh.

5. Cari tahu materi yang diujikan. Dalam Seleksi Mandiri, setiap PTN memiliki kriteria penilaian serta materi ujian sendiri. Materi ujian PTN A bisa saja berbeda dengan PTN B. Nah, ketahui materi Ujian dan penilaian PTN yang kamu tuju,

Materi tes di SBMPTN 2020 sudah jelas, yakni hanya Tes Potensi Skolastik. Tapi kamu mesti tetap belajar kompetensi akademik (IPA/IPS) untuk seleksi mandiri.

6. Pastikan pilihanmu, apakah akan mengambil tes IPA, IPS, atau Campuran. Ini akan memengaruhi fokus dalam mempersiapkan dirimu.

7. Tentukan pula apakah kamu memilih prodi seni/olahraga yang mungkin memerlukan tambahan tes praktik atau portofolio. Jika ya, maka kamu pun harus mempersiapkannya dengan baik.

8. Beberapa PTN melakukan Seleksi Mandiri dengan skor UTBK. Praktis banget. Itu artinya kamu harus memaksimalkan kesempatan UTBK.

9. Siapkan penilaian lain serta kelengkapan yang diperlukan. Ada PTN yang meminta nilai rapor dan akan menjadi penilaian. Pastikan nggak ada hal yang terlewat untuk dikumpulkan serta cek ketepatan informasinya.  

10. Pelajari soal tahun sebelumnya dari PTN yang kamu tuju. Biasanya sih kumpulan soal sudah tersedia dan bisa kamu beli. Hitung-hitung untuk latihan.

11. Tryout/simulasi ujian akan membantu. Pada situasi seperti saat ini, rasanya tryout secara langsung tidak memungkinkan. Kamu bisa ikutan tryout online, atau bikin simulasi pengerjaan soal sendiri. Maksudnya, kamu mengerjakan soal dengan waktu dan cara seolah  sedang ujian beneran.

12. Jaga kesehatan fisik dan mental. Ini bukan sekadar kalimat pelengkap. Kesehatan dan kebugaran tubuh sangat memengaruhi performa kamu yang menjalani ujian mandiri. Sedangkan ketenangan dan keyakinan diri akan membantu kesuksesanmu.

 (Sumber gambar: Image by <a href="https://pixabay.com/users/F1Digitals-1568321/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=3653385">F1 Digitals</a> from <a href="https://pixabay.com/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=3653385">Pixabay</a>)     

LATEST COMMENT
Vitra Anisya | 12 menit yang lalu

Kalau anak ipa kedua pilihan prodi soshum, bisa gak yaa kak?

Lintas Jurusan SBMPTN 2020: IPS Sulit Ambil Saintek, IPA Bebas Pilih Prodi
Fatimah Ibtisam | 1 jam yang lalu

Hai Claudya, untuk UTBK 2020 hanya ada TPS. Ini berlaku untuk semua pilihan prodi.

Tes Potensi Skolastik UTBK 2020: Tanpa Ujian Saintek, Soshum, dan Campuran, Apakah anak IPS bisa masuk Kedokteran?
Fatimah Ibtisam | 1 jam yang lalu

Cek link di dalam artikel, Rizky. Semoga berhasil!

Kuliah S1 Gratis dengan Beasiswa dari Telkom University x Rencanamu, Begini Caranya!
Fatimah Ibtisam | 2 jam yang lalu

IPA leluasa memilih prodi Saintek maupun Soshum. Namun supaya lebih pasti, cek syarat jurusan SMTA di prodi yang kamu minati tersebut.

Lintas Jurusan SBMPTN 2020: IPS Sulit Ambil Saintek, IPA Bebas Pilih Prodi
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1