Tip Sukses Seleksi Mandiri PTN 2021

Pendaftaran seleksi mandiri 2021 di berbagai PTN sudah dimulai. Ya, inilah jalur pamungkas masuk PTN. Bagi yang ingin masuk PTN, cek dulu tip sukses seleksi mandiri berikut ini.

1. Jangan menunggu ujian dimulai dan jangan kasih kendor. Langsung  persiapkan seleksi mandiri 2021.

2. Cari informasi seleksi mandiri PTN yang kamu tuju.

3. Pilihan PTN-nya  boleh banget lebih dari satu. Ya, kamu punya kesempatan untuk mengikuti berbagai seleksi mandiri. Tinggal cari mana saja PTN dan prodi yang diminati.

Keuntungan ikutan beberapa seleksi mandiri adalah kesempatan untuk tembus PTN jadi lebih besar. Konsekuensinya, kamu harus memberi usaha ekstra untuk persiapan tes.

4. Jika ingin mengikuti lebih dari 1 seleksi mandiri PTN, pastikan jadwalnya nggak bentrok.

5. Ketahui detail materi seleksi PTN yang kamu tuju. Sebab, materi seleksi tiap kampus berbeda-beda.

6. Jika ada ujian, kamu bisa belajar dengan mengerjakan contoh soal.

7. Di beberapa PTN, kamu bisa memilih metode tes, apakah dengan nilai UTBK atau dengan tes. Pilih yang mana, ya?

Jika nilai UTBK kamu mentereng di atas rata-rata, kamu bisa menggunakan nilai tersebut untuk seleksi mandiri. Keuntungannya, kamu sudah nggak perlu persiapan ujian, hanya dengan menggunakan hasil UTBK.

Jika nilaimu kurang memuaskan, atau kamu merasa bisa lebih baik dengan tes, maka kamu bisa mengambil seleksi mandiri jalur ujian.

8. Walau jenis seleksi di tiap kampus bisa berbeda, namun biasanya yang dipelajari masih berhubungan, kok. Ya, basanya materi ujian berhubungan dengan kemampuan akademis, kemampuan memahami bacaan dan menulis serta kemampuan matematika dasar.

Nanti tinggal diperdalam deh, sesuai seleksi mandiri PTN yang kamu ambil. Misalnya nih kamu ikutan tes di 2 PTN, dengan materi:

PTN A = Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, menulis esai

PTN B = Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, tes akademik IPA/IPS

Sebagian materinya serupa, namun ada juga yang berbeda.

9. Eksplorasi prodi lebih banyak lagi karena pilihan prodi pada seleksi mandiri biasanya lebih banyak dan beragam. Misalnya, pada seleksi mandiri UI kamu bisa memilih hingga 6 prodi. Pilihannya adalah prodi S1 reguler, D3 dan D4 (vokasi), serta S1 pararel. Sementara pada SNMPTN dan SBMPTN maksimal hanya 2 pilihan.

10. Segera daftar dan lengkapi persyaratannya. Jangan terburu-buru. Cermat dan teliti ketika mendaftar. Namun, jangan pula menunda, ya. Ketika pendaftaran sudah selesai dilakukan, kamu bisa lebih fokus menyiapkan seleksinya.

11. Perhatikan aturan main dan syarat seleksi mandiri. Tiap kampus, bisa memiliki ketentuan yang berbeda. Pastikan kamu bisa memenuhi ketentuan tersebut.

12. Ada PTN yang menggelar ujian secara langsung, ada pula yang secara online. Ujian secara langsung nggak terlalu beda dibandingkan SBMPTN. Yang berbeda adalah ujian online. Cek perangkat, aplikasi, dan jaringan internet yang digunakan, agar ujian online dapat berjalan lancar.

Semoga berhasil di jalur mandiri!

(Sumber gambar: pexels)

LATEST COMMENT
pipi | 2 jam yang lalu

Hai min! aku mau cerita. Dari beberapa poin di atas aku merasakan hal yang sama. Jujur, dulu aku termasuk orang yang ambis untuk masuk jurusan di rumpun kesehatan. Dari kelas 9 aku sudah memiliki plan untuk kuliah di jurusan gizi, tetapi seiring berjalannya waktu, aku memilih untuk mengambil jurusan…

Kamu Salah Ambil Jurusan Kuliah? Cek 15 Tanda Mahasiswa Salah Jurusan!
Yoga Sinaga | 13 jam yang lalu

keren! coba baca juga http://news.unair.ac.id/2021/02/10/tips-etika-berkomunikasi-digital/

20 Panduan dan Etika Mengirim Email Untuk Keperluan Akademis, Organisasi, Atau Kerja
Fatimah Ibtisam | 3 hari yang lalu

Hai Safiqah, untuk lebih jelasnya kamu bisa mengecek perguruan tinggi yang dituju. Secara umum, jika lewat jalur SBMPTN bisa saja.

Kenal Lebih Dekat dengan Program Studi Ilmu Perpustakaan, Yuk!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1