Jurusanku: Akuntansi Teknologi Sistem Informasi Universitas Indonesia, Safinah Muchsin

Dalam seri "Jurusanku", kamu bisa menelusuri jurusan kuliah lewat cerita mahasiswa dan dosen. Kali ini Safina, mahasiswi Universitas Indonesia akan berbagi mengenai jurusannya, Akuntansi Teknologi Sistem Informasi.

Let's meet Safina Muchsin! Fina adalah mahasiswi tingkat akhir program D3 Akuntansi Teknologi Sistem Informasi, Universitas Indonesia. Di kampus, cewek yang sekarang lagi sibuk magang ini aktif di perhimpunan jurusan. Yuk, simak cerita Fina.

Jurusanku:

"Gue kuliah di jurusan Akuntansi Teknologi Sistem Informasi. Jurusan ini mempelajari akuntansi dari yang mendasar sampai sistem informasinya. Gue juga mempelajari gimana caranya bikin aplikasi buat penjualan, dan juga bikin website. Jadi, dapat ilmu IT (teknologi informasinya) sekaligus akuntansi."

Mata kuliah penting:

"Kelas Pengantar Akuntansi (semester 1) itu penting, sih. Ada juga mata kuliah yang paling menarik, yaitu mata kuliah Pemrograman Bisnis. Di kelas itu, kita belajar cara membuat aplikasi."

Alasan memilih jurusan ini:

"Karena gue dari jurusan ips dan memang menyukai Akuntansi. Trus, bokap memberi masukan untuk mengambil bidang yang berkaitan sama teknologi, karena sekarang teknologi lagi berkembang banget."

akuntansi universitas indonesia

Peminatan dalam jurusan:

"Jadi, program studi D3 Akuntansi di UI dibagi menjadi 3 jurusan, yaitu Akuntansi Keuangan, Akuntansi Sektor Publik, dan Akuntansi Teknologi Sistem Informasi (TSI). Di jurusan TSI nggak ada peminatan atau pengkhususan lagi.

Tapi biasanya sebelum magang (di semester ke enam), akan diminta memilih. Yaitu, fokus ke pekerjaan bidang akuntansi atau ke bidang IT-nya. Pilihan magang tersebut akan berpengaruh pada tugas akhir."

Tugas kuliah:

"Tugasnya seputar membuat makalah dan praktek bikin aplikasi serta website. Salah satu tugas yang tersulit adalah membuat website. Jadi kita diminta membuat website dengan aplikasi jual-beli, semacam Lazada gitu, deh."

Pelajaran SMA yang membantu di jurusan ini:

"Di SMA, dalam pelajaran Ekonomi ada bab Pengantar Akuntansi. Jadi ketika mengikuti mata kuliah Pengantar Akuntansi, kayak mengulang aja. Selain itu, pelajaran Matematika juga banyak dipakai di jurusan ini, terutama dalam mata kuliah Akuntansi Biaya."

Jurusan yang “mirip” dengan TSI:

"Hal yang dipelajari di Jurusan Teknologi Informasi dan Akuntansi hampir sama dengan jurusan TSI."

Peluang karier jurusan TSI:

"Bisa jadi Akuntan, Auditor, Konsultan Keuangan, bagian Keuangan Pajak,  hingga Pengembang aplikasi dan software. Banyak alumni yang menekuni profesi-profesi tersebut."

akuntansi

Modal yang perlu dimiliki mahasiswa jurusan ini:

"Kemampuan bidang Akuntansi dan komputer diperlukan saat kuliah. Sementara karakter mahasiswa yang cocok untuk jurusan ini adalah yang perhatian terhadap detail, teliti, tekun, perfeksionis, memiliki kemampuan analisa, dan pantang menyerah. Karena yang dipelajari dan dipraktekkan di perkuliahan sangat detail. Nggak boleh salah perhitungan walau hanya 0.01 angka.

Di samping itu, harus ramah, karena saat magang dan bekerja, kita berhubungan dengan klien."

Miskonsepsi tentang jurusanmu:

"Biasanya, orang mengira anak Akuntansi, tuh, kutu buku dan serius. Padahal sebenarnya nggak begitu, kok!"

Studi lanjutan:

"Setelah lulus D3 Akuntansi TSI, kita bisa melanjutkan S1 di program ekstensi Fakultas Ekonomi atau di Fasilkom. Tapi, kebanyakan alumninya nerusin ke S1 jurusan Akuntansi atau Manajemen."

Tips untuk pelajar yang ingin kuliah di jurusan ini:

"Harus punya minat di bidang akuntansi dan juga teknologi. Jangan cuma salah satunya aja."

Tertarik sharing mengenai jurusan kuliahmu seperti ini?  Kamu bisa berbagi cerita dan pengalaman dengan Youthmanual. Klik di sini.

(Sumber gambar: Dokumentasi pribadi)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 1 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1