Jurusanku: S1 Teknik Informatika ITPLN, Rizky Rama Pradana

Rizky Rama Pradana adalah mahasiswa S1 Teknik Informatika Institut Teknologi PLN (ITPLN) angkatan 2018. Teknik Informatika ITPLN berada Fakultas Telematika Energi. Apa saja yang dipelajari di prodi ini dan bagaimanakah tantangannya? Trus, apakah prodi Teknik Informatika sama dengan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi? Simak cerita  si alumnus SMAN 1 Bangko, Riau berikut ini.

Jurusanku:

“Secara umum Teknik Informatika, Teknologi Informasi, dan Sistem Informasi, masih berada dalam satu lingkup. Namun prodi Teknik Informatika difokuskan dalam pengembangan sistem berbasis komputer, programming, kecerdasan buatan, dan juga jaringan komputer.

Selama di prodi Teknik Informatika, saya juga mempelajari materi terkait studi Teknologi Informasi dan Sistem Informasi.”

Alasan memilih Teknik Informatika:

“Saya melihat keadaan saat ini, yang mana kita sudah masuk ke era digital yang nantinya membutuhkan tenaga di bidang IT. Selain itu, bidang IT dari tahun ke tahun juga semakin berkembang mengikuti perkembangan zaman, dan juga cabang dari ilmu ini semakin luas."

rama itpln

Mata kuliah penting:

“Algoritma Pemrograman, Aljabar, Kalkulus, Matematika Diskrit, Struktur Data, Rekayasa Perangkat Lunak, Jaringan Komputer, dan masih banyak lagi.

Sedangkan mata kuliah favorit saya adalah yang mempelajari tentang web dan jaringan. Contohnya, Web Design serta Rekayasa Pengembangan Web dan Jaringan Komputer.”

Peluang karier lulusannya:

IT support, web developer, programmer, database administrator, software developer, system analyst, network analyst, cyber security.”

Rencana saya sendiri setelah lulus adalah ingin mencoba (berkarier) di BUMN sebagai tenaga IT. Atau mencoba bergabung di perusahaan startup.”

Tantangan dan tip sukses kuliah di jurusan ini:

“Secara umum, tantangannya lebih ke persaingan SDM yang terus meningkat setiap waktu. Seorang mahasiswa Teknik Informatika juga diwajibkan selalu update di setiap perkembangan teknologi.

Mahasiswa yang mengambil prodi Teknik informatika juga perlu memiliki perangkat yang memadai supaya dapat mengikuti perkuliahan secara total. Contohnya seperti laptop yang memiliki prosesor yang cepat dan RAM yang memadai. Prosesor seperti Intel core i3 atau AMD dan RAM 4 GB saya rasa sudah memadai.

Kemudian, jangan hanya terpaku dengan apa yang ada di perkuliahan saja. Dengan ilmu yang semakin berkembang, mahasiswa harus mampu update dan upgrade ilmu di luar perkuliahan. Terus, jangan malas untuk mengulang materi yang sudah dipelajari.”

Perbedaan Teknik Informatika di ITPLN dan di kampus lainnya:

“Karena berada di bawah naungan PLN, di setiap prodi termasuk prodi Teknik Informatika akan belajar materi yang terkait energi ataupun kelistrikan. Hal ini tidak terdapat di kampus lain. Sertifikasi berbasis internasional seperti MOS dan MTA juga hanya ada di beberapa kampus.”

Kesan kuliah di ITPLN:

“Selain fokus ke akademik, saya juga aktif mengikuti organisasi dan banyak kegiatan di kampus, seperti BEM dan Taekondo. Kemudian, saya juga banyak mendapat teman dari seluruh penjuru Indonesia di ITPLN.”

rama itpln teknik informatika

Salah kaprah tentang Teknik Informatika:

“Banyak orang menganggap mahasiswa Teknik Informatika mampu menangani segala hal yang bersifat elektronik, mulai dari servis handphone, install ulang laptop, tukang pasang wifi, (menghadapi) hacker,  dan lainnya.

Kalau saya sendiri pernah salah kaprah. Sebelum mencari tahu tentang prodi Teknik Informatika, saya menganggap prodi ini hanya fokus mengoperasikan komputer saja dan tidak ada hitung-hitungannya. Padahal Teknik Informatika lebih luas dari mengoperasikan komputer. Dan juga dibutuhkan kemampuan operasi angka.”

Tip untuk teman-teman yang berminat kuliah di Teknik Informatika:

"Banyak para mahasiswa yang merasa salah jurusan karena asal memilih atau karena pemikiran ‘yang penting kuliah’ tanpa memikirkan efek kedepannya. Maka dari itu, diwajibkan bagi calon mahasiswa khususnya yang ingin mengambil prodi Teknik Informatika untuk mencari tahu terlebih dahulu tentang prodi tersebut.

Saya menyarankan bagi lulusan jurusan IPA atau SMK Informatika yang memiliki kemauan kuat dan juga memiliki dasar kemampuan matematika, bahasa Inggris, mengoperasikan komputer, serta kemampuan logika yang baik, untuk mengambil prodi Teknik Informatika. Walau demikian, tidak menutup kemungkinan lulusan jurusan SMA/SMK lainnya untuk mengambil prodi ini.”

(Sumber gambar: Dokumentasi Pribadi)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1