Jurusanku: Usaha Perjalanan Wisata Politeknik Sahid, Ester Waker

Industri hospitality and tourism nggak akan segera meredup dalam beberapa tahun mendatang—setidaknya selama orang-orang masih butuh piknik dan jalan-jalan yang menyenangkan. Artinya, jurusan kuliah bidang hospitality and tourism pastinya oke banget untuk dilirik jika kamu tertarik dengan industri yang tengah berkembang ini dan berminat untuk mendalami ilmunya.

Salah satunya adalah jurusan Usaha Perjalanan Wisata (UPW). Wah, kamu baru tahu banget tentang jurusan ini? Ada baiknya jika kamu simak cerita Ester Waker, alumni jurusan Usaha Perjalanan Pariwisata Politeknik Sahid (Pariwisata) tentang jurusannya di bawah ini. Psst, yang pasti, lulusannya meniti karier yang luas selain menjadi pemandu tur dan travel agent!

Jurusanku:

“Usaha Perjalanan Wisata (UPW) di Politeknik Sahid. Oya, aku ambil program diploma 4 (D4) dengan gelar Sarjana Terapan Pariwisata (S.Tr.Par).”

Alasan berkuliah di jurusan Usaha Perjalanan Wisata:

“Keputusan memilih berkuliah di jurusan UPW jurusan pariwisata berawal dari hobi jalan-jalan dan backpacker bersama teman-teman, dan saya melihat bahwa banyak sekali peluang kerja yang menjanjikan dari hobi satu ini. Sebagai putri daerah saya juga ingin mengembangankan daerah saya (Papua) yang memiliki jutaan kekayaan alam dan potensi pariwisata untuk menjadi suatu destinasi wisata yang diminati oleh wisatawan nusantara atau pun mancanegara. 

Selain itu, saya tertarik untuk mengasah kemampuan berbahasa asing. Dengan berkuliah di jurusan UPW, saya bisa melatih diri untuk berbahasa asing di beberapa mata kuliah seperti bahasa Inggris, bahasa Jepang, dan bahasa Perancis.”

Mata kuliah penting dan menarik:

“Di jurusan UPW, banyak sekali mata kuliah yang kami pelajari terkait kepariwisataan. Misalnya mata kuliah Pengantar Pariwisata, dimana kami belajar memahami apa itu pariwisata secara umum serta isu-isu pariwisata yang sedang berkembang secara global. Kami juga mempelajari manajemen usaha perjalanan wisata seperti teknik guiding, ticketing, dan tour operator yang melibatkan persiapan untuk perjalanan wisata dari pemesan tiket, penyusunan itinerary dan pemilihan destinasi, penghitungan tiket domestik dan internasional, serta memasarkan paket tur yang sudah dirancang sedemikian rupa.

Kami juga mempelajari teknik pengembangan destinasi dan aspek pariwisata secara umum di mata kuliah seperti MICE, sustainable tourism, dan geografi pariwisata nasional/internasional. Di bidang Pasasi, kami mempelajari ground handling serta cargo handling. Ada juga mata kuliah Pengembangan Karakter dan Teknik Dasar Kepemimpinan di dalam mata kuliah MSDM, Kewirausahaan dan Manajemen Strategi dalam membuka suatu usaha pariwisata”

Tipe tugas dan ujian pada umumnya:

“Hampir semua tugas berbentuk praktik. Sebagai contoh, kami pernah diberikan tugas untuk mencari tahu dan memahami sejarah beberapa tempat destinasi wisata untuk kemudian dipresentasikan kepada teman-teman di kelas pada saat mata kuliah berlangsung layaknya seorang pemandu wisata menjelaskan kepada wisatawan.

Selain itu, kita juga pernah ditugaskan untuk membuat sebuah event di dalam mata kuliah MICE. Ada juga tugas kewirausahaan yang dikerjakan secara berkelompok.”

Prospek karier untuk lulusan jurusan Usaha Perjalanan Wisata:

“Jurusan lulusan UPW pastinya memiliki peluang kerja yang sangat besar di industri hospitality and tourism, baik di pemerintahan seperti Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, BUMN, ataupun perusahaan swasta. Kita juga bisa menjadi seorang entrepreneur di bidang pariwisata, karena kita juga diajarkan ilmu-ilmu kewirausahaan di bidang pariwisata.

Umumnya, lulusan UPW berkarier sebagai seorang Tour Operator, Tour Planner, Professional Conference Organizer, Professional Exhibition Organizer, Flight Attendant, Ground Staff, dan masih banyak lagi.”

Menurutmu, apa yang membuat jurusan Usaha Perjalanan Wisata Politeknik Sahid berbeda dari jurusan yang sama di kampus lain?

“Politeknik Sahid menerapkan program Work Based Learning (WBL) untuk mahasiswa dapat belajar langsung dari industri dan mengobservasi kondisi nyata langsung dan real-time dari industri hospitality and tourism. Jadi, kita tidak hanya belajar lewat buku dan penjelasan dosen, tapi juga bisa langsung menerapkan ilmunya di industri terkait dan mengantongi pengalaman bekerja secara profesional.”

Tips untuk anak muda yang ingin berkuliah di jurusan Usaha Perjalanan Wisata:

“Jangan takut untuk berkarier di industri pariwisata karena “katanya-katanya” yang tidak jelas. Prospek kerja untuk lulusan Usaha Perjalanan sangat luas, dan sukses atau tidaknya kamu nanti di industri ini akan sangat bergantung pada bagaimana kamu dapat mengembangkan kemampuanmu, bagaimana kamu memupuk pengalaman, dan bagaimana kamu memahami tren di lingkup dunia pariwisata.”

Baca juga:

LATEST COMMENT
Fatimah Ibtisam | 17 jam yang lalu

Hai Muhammad Hafidz, yang bisa mendaftar adalah lulusan jurusan IPA dan SMK dengan kejuruan yang sejalan. Untuk mengetahui dengan pasti, kamu bisa menanyakan pada BINUS UNIVERSITY.

Bedah Faculty of Engineering BINUS UNVERSITY
ALEX ALZAM, S.Kom, M.Kom | 23 jam yang lalu

- Universitas Amikom Yogyakarta - Universitas Gadjah mada - UPN VETERAN - UII

Serba-Serbi Jurusan Cyber Security: Dari Mata Kuliah Hingga Prospek Karier
Navi | 1 hari yang lalu

Halo kak, kalau anak IPA lintas jurusan ke sastra inggris atau ilmu komunikasi nilai yang dilihat yg mana aja ya? Soalnya saya ga punya nilai sosiologi, ekonomi, dan geografi. Terima kasih.

Lintas Jurusan pada SNMPTN, Bolehkah?
Muhammad Hafidz | 2 hari yang lalu

Jadi lulusan Multimedia seperti saya ga bisa daftar jurusan Computer Engineering?

Bedah Faculty of Engineering BINUS UNVERSITY
Elza Aulia | 5 hari yang lalu

Semoga ya Allah saya menjadi pilot dan bisa membanggakan orang tua saya aminnnn

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1