Jurusanku: Dosen BioEntrepreneurship i3L, Sekar Wulan Prasetyaningtyas

Wawancara oleh Shanti Nurfianti Andin

Dalam seri "Jurusanku", kamu bisa menelusuri jurusan kuliah lewat cerita mahasiswa dan dosen. Kali ini Tya, dosen Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L), Jakarta, akan berbagi cerita  mengenai jurusan yang diajarnya, BioEntrepreneurship.

Sekar W­­­ulan Prasetyaningtyas, merupakan lulusan BiologiUniversitas Indonesia‍ dan program Magister Manajemen Pendidikan UNJ. Ia juga sempat mengenyam pendidikan di Chiba University Jepang jurusan Science Curriculum Development. Selain mengajar, Tya juga sedang mengambil program Doktoral (S3) di Institut Pertanian Bogor‍ ‍. Yuk, tanya-tanya tentang BioEntrepreneurship sama Bu Dosen Tya.

Jurusanku:

“Biontrepreneurship itu sebenarnya menyambungkan dunia sains dengan bisnis. Banyak sekali hasil riset sains di Indonesia. Sayangnya, yang siap ke pasaran hanya sekitar 10 persen saja. Nah, BioEntrepreneurship berusaha membantu para ilmuwan untuk mengkomersilkan hasil riset mereka, serta mencoba menularkan virus entrepreneurship.

BioEntrepreneruhsip di i3L merupakan jurusan pertama dan hanya ada satu di Indonesia. Jurusan ini biasanya dibuka untuk level S2, namun di sini dimulai dari S1. Jenjang S2-nya adalah Biomanagement."

bioentrepreneurship

Mata kuliah penting dan menarik:

"Di sini, kita belajar basic science dan commercialization, seperti Fisika, Kimia, Biologi, juga Micro dan Macroeconomics. Ada juga mata kuliah BioEntrepreneruship in Developing Country, yang mempelajari usaha membangun dan menjalankan bisnis start-up, khususnya start-up bidang sains di Indonesia.

Peminatan:

“Sebenernya BioEntrepreneurship adalah peminatan dari jurusan Entrepreneurship yang bisa dipilih pada semester tiga. Peminatan lain  di jurusan Entrepreneurship  adalah Creative and Innovation serta Business Foresight."

Ujian dan tugas:

“Sebagian besar tugasnya berupa praktek langsung. Seperti dalam mata kuliah Principles of Biotech and BioEntrepreneurship, ujian akhir dilaksanakan dalam bentuk Business Exhibition di mana mahasiswa menampilkan prototipe (contoh) bisnisnya dan melakukan pitching (presentasi dan penawaran) di depan investor.

Pelajaran di SMA yang membantu saat kuliah:

“Semuanya bermanfaat. Tapi mungkin mata pelajaran yang membantu adalah Kewirausahaan dan Akuntansi.”

Bidang pekerjaan lulusan BioEntrepreneurship:

Entrepreneur, Manajer di perusahaan-perusahaan life science atau analis. Jurusan Ini baru tahun ketiga, jadi belum ada alumni (lulusannya). Tapi ada mahasiswa yang magang di rumah sakit, lembaga riset,dan perusahaan”

bioentrepreneurship

Kemampuan yang dibutuhkan di jurusan ini:

“Bahasa Inggris, karena perkuliahannya dalam bahasa Inggris. Kemudian soft skill presentasi, meeting, dan negosiasi. Selain itu mereka juga harus bisa menulis proposal dan materi presentasi dengan baik.”

Miskonsepsi / salah kaprah tentang jurusan BioEntrepreneurship:

“Saya belum menemukan, karena jurusan ini memang masih baru sekali.”

Tips untuk bisa sukses kuliah di jurusan ini:

"Perbanyak informasi dari dua sisi, sains dan sosial."

Tertarik sharing mengenai jurusan kuliahmu seperti ini?  Kamu bisa berbagi cerita dan pengalaman dengan Youthmanual. Klik di sini.

(sumber gambar: i3l.ac.id, techcrunch.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 29 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1