Jurusanku: Kesejahteraan Sosial Universitas Indonesia, Grace Meylisa Saragi

Dalam seri "Jurusanku", Grace Meylisa Saragi, menjelaskan mengenai jurusannya: Kesejahteraan Sosial. Ngapain aja, sih, kuliah di jurusan ini? Dan kenapa jurusan ini nggak banyak yang tahu.

Kalau kamu tertarik kuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), tapi masih galau mau ambil jurusan apa, saatnya kita kenalan lebih dalam dengan jurusan Kesejahteraan Sosial lewat ceritanya Grace!

Jurusanku:

Kesejahteraan Sosial‍ (Kesos), Universitas Indonesia‍ 

Jurusan saya ini pastinya mempelajari masalah-masalah sosial seperti misalnya kemiskinan dan bagaimana cara menyelesaikannya. Biasanya, belajarnya lebih mendalam daripada sekedar mengidentifikasi masalah. Lingkupnya juga terbagi menjadi tiga bagian, yaitu mikro (hubungan sosial antara manusia A dengan manusia B), mezzo (hubungan sosial antara diantara beberapa orang/komunitas) dan makro (hubungan sosial diantara sebuah kelompok besar/masyarakat secara umum).

Mata kuliah yang penting & menarik buat kamu:

Kalo bagi saya, mata kuliah Antropologi tuh menarik banget. Soalnya di mata kuliah ini, kita bisa mengetahui budaya-budaya lain yang berkembang, baik lokal maupun internasional. Mata kuliah ini juga mempelajari tentang manusia di masa lalu, masa kini dan masa sekarang.

Kebayang nggak, kamu bisa mempelajari suatu hal di luar kebiasaan kamu sementara buat ornang lain itu adalah rutinitas. Kajian lintas budaya ini menekankan dan menjelaskan perbedaan antara kelompok-kelompok manusia dalam perspektif material budaya, perilaku sosial, bahasa, dan pandangan hidup.

Alasan memilih jurusan ini:

Dari dulu saya memang suka bidang sosial. Maka langkah pertama saya adalah mencari jurusan yang berhubungan dengan bidang ini. Pertama-tama pilihan saya adalah Komunikasi. Tapi ada kakak kelas saya yang masuk jurusan ini dan menjelaskan apa itu KeSos. Jurusan ini memang nggak banyak yang tahu. Di kampus-kampus lain, FISIP rata-rata cuma ada jurusan Komunikasi, HI, Ilmu Politik atau Administrasi.

Semakin saya mencari tahu, semakin saya tertarik sama KeSos. Akhirnya daftar dan masuk jurusan ini, deh!

Peminatan di jurusan Ini:

Peminatan KeSos ada di semester enam.Terbagi menjadi tiga peminatan:

  1. Pembangunan sosial dan otonomi daerah,
  2. Perencanaan dan evaluasi program
  3. Peminatan pengembangan masyarakat, kemiskinan dan tanggung jawab sosial   

Bentuk tugas kuliah yang diberikan di jurusan ini:

Secara umum, bentuk tugas FISIP UI (jurusan apapun) pasti ada tugas membuat makalah. Selain itu, sejak semester awal kita udah diminta untuk turun ke lapangan. Maksudnya, mengadakan penelitian dan menangkap fenomena sosial yang terjadi di lapangan.

Terjun lapangan ini bakal dijadikan penilaian oleh para dosen. Misalnya, saya datang ke forum anak atau komunitas sosial di bawah pemerintah.

Ngapain aja selama terjun ke lapangan?

Biasanya saya melakukan observasi, wawancara, mengamati sistem usahanya, struktur lemabaganya, kenalan sama pekerja sosialnya, tergantung sama mata kuliah yang memberikan tugas.

Pelajaran di SMA yang bermanfaat untuk kuliah di jurusan ini:

Kayaknya yang paling bermanfaat pelajaran Sosiologi, deh.  

Kemampuan yang mempermudah seseorang sukses di jurusan ini:

Pertama, kamu harus mencintai masyarakat dan peduli sama masalah-masalah sosial. Soalnya, ketika masuk jurusan ini, masalah sosial yang ada di negara ini bakal jadi masalah kamu. Hehehe.

Kedua, kemampuan berkomunikasi sama semua pihak. Di jurusan ini, kamu akan terlibat dengan mereka yang prasejahtera sampai mereka yang sangat sejahtera. Jadi kemampuan komunikasi kamu harus terus diasah di segala level.

Ketiga, rasa ingin tahu yang tinggi. Kalau kamu cuek atau apatis, kamu nggak peka, kamu nggak akan bisa jeli melihat masalah dan mencari solusi.

Miskonsepsi atau salah kaprah tentang jurusan ini:

Karena belum banyak tahu dan kenal jurusan ini, sering banget banyak yang bilang bahwa kesejahteraan sosial bakal berurusan sama orang miskin melulu. Hehehe…

Banyak juga yang menyangka bahwa jurusan ini pasti rumit, kerjanya ngurusin kesejahteraan orang padahal kesejahteraan kita aja belum tentu baik. Tapi justru ilmu yang dipelajari sangat dibutuhkan untuk mengevaluasi hal-hal yang bisa diperbaiki di negara ini.

Bidang pekerjaan yang bisa dimasuki oleh lulusan dari jurusan ini:

Lulusan KeSos bisa kerja di mana aja, kok. Karena pada dasarnya semua bidang pekerjaan pasti punya aspek sosial. Yang saya tahu, alumni bisa kerja di Unicef, WWF, Kementrian Sosial, KPAI, lemabaga sosial bahkan perusahaan swasta.

***

Yuk, berbagi info dan cerita mengenai jurusan kuliahmu dengan klik gambar berikut:

(Sumber gambar: emaze.com, Iyank)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 3 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1