Ronald Frank, Sang Motivator Cinta. Wah, Apa Itu?

Motivator cinta? Wow, apaan itu? Profesi beneran?

Yup, itulah profesi yang ditekuni oleh seorang teman saya, Ronald Frank. Dari dulu, Ronald memang tertarik pada eksperimen sosial, dan dia selalu percaya bahwa setiap orang punya kelebihan dan keunikan masing-masing. Akhirnya Ronald membuat peluang bisnis dari ketertarikannya ini. Dia pun menjadi motivator cinta dan dating coach, gaes!

“This is not only about love, we talk about self development,” seru Ronald membuka obrolan kami. Yuk, ikuti obrolan kami selengkapnya!

Hai, Ronald! Cerita, dong, gimana awalnya bisa tiba-tiba jadi "motivator cinta"?

Dulu, tahun 2007, gue masuk ke forum Kaskus, terus iseng ngasih tips-tips percintaan. Ternyata, responnya gila banget. Banyak yang lempar pertanyaan. Gue mulai dipanggil Dewa Cinta lah, Motivator Cinta lah. Pokoknya pada lebay banget! Hahaha!

Emang tertarik banget, nih, sama dunia percintaan?

Jujur, ya, gue adalah orang yang suka mengamati fenomena sosial. Tertarik banget sama eksperimen-eksperimen di dunia sosial. Misalnya, gue pengen tahu, nih, kalau kita memperlakukan orang dengan cara tertentu, responnya bagaimana, sih?

Waktu kecil, kita dilarang melakukan banyak hal. Misalnya, “don’t talk to stranger”. Sekarang gue malah penasaran, kalau kita justru bicara sama orang asing, jadinya gimana? Hal-hal seperti itu yang bikin gue tertarik mengamati orang lain. Interaksi sosial itu pun gue jadikan pengalaman.

Kebetulan, waktu muda, gue suka mengamati cewek. Menurut gue, cewek itu makhluk Tuhan yang unik banget. Bagi gue, mereka adalah sebuah karya seni yang abstrak. Kelakuannya lucu-lucu. Ya nangis di kelas, lah. Ya marah-marah sama cowok padahal sebenernya naksir sama cowok itu, lah. Pokoknya, mereka punya banyak sifat yang kadang susah dimengerti.

Tapi meskipun abstrak, mereka punya pola sifat yang kurang lebih sama. Pengen disayang, pengen merasa dibutuhkan. Cuma sebagian cowok bingung aja, gimana cara mulai memperlakukan cewek seperti yang mereka mau.

Ronald Frank 1 - Youthmanual

Dulu pacaran sama banyak cewek, dong?

Ya, biasalah. Deketin cewek, jadian, berantem, putus, sakit hati, nyari pelarian. Pas udah sembuh "sakit hati", pelariannya diputusin. Pengalaman-pengalaman gue sama, kok, kayak pengalaman anak-anak muda lainnya. Bedanya, gue lebih banyak belajar dan mengamati. Pengamatan itulah yang lalu gue share ke orang-orang.

Para cowok yang "berguru" dengan Ronald akhirnya bisa ngedeketin cewek yang mereka mau. Apa, sih, yang diajarkan ke mereka?

Gue percaya setiap orang punya keunikan dan kelebihan masing-masing. Tugas gue cuma bikin keunikan dan kelebihan mereka muncul ke permukaan. Banyak kisah hidup manusia yang bikin keunikan mereka jadi terpendam. Nah, gue cuma menyulut keunikan itu, supaya muncul lagi.

Gimana awalnya melihat jasa "motivasi cinta" ini sebagai sesuatu yang bisa dijadikan bisnis?

Jadi gue punya temen yang “memaksa” gue untuk menulis e-book. Akhirnya gue bikin, trus Bab 1 dan Bab 2-nya gue sebar gratis. Gue bilang tiga bab sisanya adalah versi berbayar.

Setelah selesai nulis, gue launching tiga bab sisanya. Eh, ternyata, dalam seminggu yang beli e-book gue hampir 1000 orang! Padahal dulu harganya cukup mahal dan gue nggak yakin yang beli bakal nyampe 100 orang.

Akhirnya, gue bukan cuma menulis e-book, tapi juga mengadakan seminar serta private class, dan responnya luar biasa positif.

Apa yang paling berkesan selama jadi motivator cinta?

Gue jadi belajar banyak hal tentang manusia. Ternyata kita "jago" banget membatasi diri sendiri. Bahkan semakin jenius seseorang, semakin dia membatasi dirinya sendiri.

Membatasi diri, tuh, terjadi karena orang merasa takut dan kebanyakan mikir atau kebanyakan pertimbangan. We count everything, the risk, the possibilities. Padahal, belum juga nyoba. Hehehe…  

Ronald Frank 2 - Youthmanual

Dulu kuliah di mana dan ambil jurusan apa, sih?

Kuliah di Universitas Gunadarma‍, jurusan Teknik Informatika‍.

Dulu ambil TI karena gue suka main game di komputer. Gue pikir karena gue jago main game, gue bakal jago komputer juga. Ternyata nggak! Hahaha!

Apa yang paling dikangenin dari masa-masa kuliah?

Kost bareng teman-teman.

Skill yang nggak dipelajari di bangku kuliah tapi bermanfaat buat pekerjaan sekarang?

Skill nekat! Waktu kuliah, kita selalu dikasih batasan. Misalnya, suatu masalah haruslah dipecahkan sesuai rumusnya. Itu 'kan membatasi. Padahal, dalam bekerja, kadang kita harus banget nekat.

Apa kegagalan terbesar dalam kuliah atau pekerjaan?

Kalau definisi gagal adalah nggak berhasil mencapai ekspektasi, sih, saya sering banget mengalami. Tapi setiap kali gue gagal, gue justru malah menemukan formula yang lebih oke untuk ide-ide gue.

Gue pribadi nggak pernah menganggap bisnis ini adalah bisnis yang harus punya target. Gue merasa self-development adalah aktifitas sosial. Wadah untuk bersenang-senang aja sama orang-orang. Meskipun begitu, gue tetep punya standar tinggi untuk setiap eksekusi ide gue.

Rencana adalah sesuatu untuk menenangkan diri kita aja ya, 'kan? Sebetulnya ketika kita menjalani rencana kita, kita melakukan banyak improvisasi. Yang sering gue lakukan adalah, gue menginginkan sesuatu, trus gue fokus dengan intuisi gue. Thank God, targetnya selalu tercapai.

Prinsip hidup Ronald?

Percaya sama Tuhan, saling toleransi, jangan pilih kasih.

Kalau bisa balik ke umur 20an, pesan apa yang bakal lo sampaikan untuk diri sendiri?

Gue bakal bilang terimakasih ke diri sendiri, dan tetap melakukan apa yang gue suka, selama hal tersebut nggak merugikan orang lain. Kalau gue dulu nggak kayak gitu, mungkin gue nggak punya pengalaman seperti sekarang.

Pesen untuk anak muda jomblo?

Stop ngejar cewek!

(sumber foto: youtube.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 26 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1